Nggak Perlu Langkah Rumit, Begini Cara Mudah Kosongkan Recycle Bin dengan Otomatis

Ilustrasi recycle bin pada Windows 11 (FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - Bagi kamu para pengguna PC maupun laptop dengan sistem operasi Windows, pasti sudah tidak asing lagi dengan Recycle Bin yang berfungsi untuk menyimpan file-file yang sudah dihapus.

Dengan Recycle Bin, file-file yang sudah dihapus bisa dipulihkan kembali seperti sediakala. Meski tujuannya baik, namun terkadang Recycle Bin ini justru menjadi beban PC atau laptop yang membuatnya menjadi lebih berat karena file-file yang disimpan di Recycle Bin masih dibaca oleh memori penyimpanan.

Baca Juga: Cara Hapus File di Keranjang Sampah Windows 11 Secara Otomatis

Selain itu, berkas-berkas di Recycle Bin yang tak kunjung dikosongkan juga mengurangi privasi pengguna karena orang lain dapat mengakses dengan bebas. Karena itu, bagi kamu para pengguna PC ataupun laptop dengan sistem operasi Windows, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengosongkan Recycle Bin yang bisa dilakukan secara otomatis.

Seperti apa caranya? Tanpa lama-lama, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Kosongkan Recycle Bin otomatis melalui pengaturan Windows

Kosongkan recycle bin otomatis di Windows

1. Masuk ke pengaturan di Windows

Untuk mengosongkan Recycle Bin secara otomatis, langkah pertama yang harus kamu lakukan ada masuk ke pengaturan yang ada di Windows. Cara sangat mudah yaitu dengan membuka ikon "Start". Di sana, kamu akan menemukan ikon gerigi yang merupakan menu pengaturan.

2. Pilin menu pengaturan

Setelah masuk ke menu "Pengaturan", selanjutnya kamu harus mencari menu penyimpanan. Untuk mencapai titik ini, caranya sangat mudah, yaitu dengan klik menu "Sistem". Setelah itu, kamu akan mendapati cukup banyak pilihan. Jangan bingung, pilih saja menu "Penyimpanan" atau storage dalam bahasa Inggris.

3. Atur kosongkan Recycle Bin secara otomatis

Setelah berada di menu penyimpanan, selanjutnya klik menu "Konfigurasi penyimpanan tempat sampah otomatis" yang letaknya tepat di bawah "Penyimpanan". Di sana, kamu menemukan menu untuk mengosongkan Recycle Bin secara otomatis. Terakhir, kamu hanya perlu klik terapkan.

Kosongkan Recycle Bin secara langsung

Cara selanjutnya untuk mengosongkan recycle bin adalah dengan cara langsung, melalui icon Recycle Bin. Untuk melakukannya sangat mudah yaitu, kamu hanya perlu pilih Ikon Recycle Bin, klik kanan dan klik lagi pilihan "Empty Recycle Bin." Setelah itu, akan ada notifikasi yang menanyakan apakah kamu ingin mengosongkan Recycle Bin secara permanen. Jika kamu klik "Ya", maka secara otomatis-file di Recycle Bin akan terhapus total.

Itulah tadi cara yang bisa kamu terapkan untuk mengosongkan recycle bin dari file-file sampah yang sudah tidak diperlukan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI