Kipas MacBook Bunyi Berisik? Simak Baik-baik 4 Penyebab Utamanya

Ilustrasi pengguaan MacBook (Sumber: Notebookcheck)

Indogamers.com - MacBook merupakan laptop yang dirancang khusus oleh Apple dengan sangat baik sehingga tidak mengeluarkan suara berisik pada bagian kipas pendinginnya. Namun, bukan berarti kipas pendingin tersebut bisa selamanya tidak berisik.

Sebab, ada beberapa kejadian yang menyebabkan kipas pendingin pada MacBook ini justru mengeluarkan suara yang sangat keras atau berisik. Suara dari kipas MacBook ini tentu saja sangat mengganggu para penggunanya.

Jika suara kipas mulai terdengar keras, hal ini berarti menandakan suhu MacBook tengah tinggi sehingga kipas berputar lebih cepat untuk membantu mendinginkan suhunya.

Namun, ada juga kemungkinan saat suara kipas MacBook ini terdengar sangat berisik terjadi karena penyebab lainnya.

Apa saja penyebab kipas MacBook terdengar sangat keras dan berisik? Simak selengkapnya di bawah ini seperti dilansir dari Aiseesoft.

1. Prosesor MacBook tengah mengerjakan tugas berat

Salah satu penyebab munculnya suara keras dan berisik dari kipas MacBook bisa disebabkan karena prosesor tengah mengerjakan tugas berat.

Tugas berat yang dijalankan ini meliputi, menjalankan banyak program sekaligus, bermain video game, mengedit video resolusi tinggi, menonton video HD online dan masih banyak lagi.

Akibat dari menjalankan tugas-tugas berat tersebut, kipas pada MacBook akan bekerja lebih cepat memberikan aliran udara tambahan untuk membantu mendinginkan suhu prosesor. Hal inilah yang membuat suara kipas MacBook terdengar lebih keras dan berisik dari biasanya.

2. Adanya debu yang menumpuk pada kipas MacBook

Penyebab lain kipas pada MacBook terdengar lebih berisik dan keras dari biasanya adalah banyaknya debu yang terkumpul dan menempel pada kipas. Hal ini akan mengakibatkan kipas MacBook bekerja lebih berat karena beban dari debu yang menempel sehingga kipas mengeluarkan suara yang lebih berisik dari biasanya.

3. MacBook digunakan dalam waktu yang lama

Selain dari dua hal di atas, kipas MacBook yang terdengar lebih keras juga bisa terjadi karena MacBook yang sudah digunakan terus-menerus dalam waktu yang lama seperti untuk lembur.

Penggunaan MacBook dalam waktu yang lama akan membuat sensor panas dan membuat kipas berputar lebih cepat untuk mendinginkan seluruh komponen pada MacBook.

4. Keterbatasan kapasitas RAM

Penyebab terakhir kipas MacBook menjadi sangat berisik adalah kapasitas RAM sudah sangat terbatas untuk memproses aplikasi atau program yang dijalankan. Sehingga, kipas akan bekerja lebih keras dari biasanya agar aplikasi atau program yang dijalankan masih tetap berfungsi dengan baik meskipun kapasitas RAM sangat terbatas.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI