Jangan Panik dan Sakit Kepala? Begini 4 Cara Jitu Mengatasi MacBook Tiba-tiba Mati Sendiri

Ilustrasi MacBook yang tiba-tiba mati sendiri (FOTO: Ifixmac)

Indogamers.com - Pengguna laptop MacBook dan mengalami masalah seperti tiba-tiba mati sendiri, pasti sangat terganggu. Sebab, semua pekerjaan yang dilakukan menggunakan MacBook tersebut akan menjadi berantakan.

MacBook yang tiba-tiba mati sendiri ini umumnya terjadi karena beberapa hal, mulai dari masalah software ringan yang bisa diperbaiki dengan mudah. Bahkan, kamu bisa memperbaikinya sendiri, hingga masalah hardware yang tergolong sebagai masalah berat.

Jika masalahnya MacBook yang  tiba-tiba mati sendiri ini berasal dari hardware, maka kamu harus membawanya ke service center Apple terdekat untuk melakukan pengecekan hingga penggantian komponen.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi MacBook yang tiba-tiba mati sendiri tanpa harus membawanya ke servis center Apple? Agar tidak penasaran, langsung saja simak beberapa cara mengatasi MacBook mati sendiri seperti dilansir dari Maclabs, berikut ini.

1. Jalankan Safe Mode

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi MacBook yang tiba-tiba mati sendiri adalah dengan jalankan OS X atau macOS yang digunakan ke Safe Mode. Dengan masuk ke Safe Mode, maka semua masalah software yang bisa menyebabkan MacBook mati sendiri akan terisolasi.

Namun, jika dengan Safe Mode MacBook yang kamu gunakan masih tetap mati tiba-tiba berarti ada masalah pada bagian software maupun hardwarenya.

2. Perbaiki disk melalui Recovery Mode

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah MacBook yang tiba-tiba mati sendiri adalah melakukan perbaikan disk melalui Recovery Mode. Sebab, masalah MacBook yang tiba-tiba mati sendiri ini bisa terjadi karena adanya kesalahan pada startup disk.

3. Jalankan Apple Diagnostics atau Hardware Test

Selain dari dua cara di atas, kamu juga bisa mengatasi masalah MacBook yang mati sendiri dengan cara menjalankan Apple Diagnostics atau Hardware Test untuk mendeteksi apakah ada kerusakan hardware MacBook yang kamu gunakan. Jika ada kerusakan pada MacBook, maka kamu bisa langsung mengetahuinya.

4. Instal ulang MacBook

Untuk mengatasi MacBook yang tiba-tiba mati sendiri selanjutnya, kamu bisa melakukannya dengan cara instal ulang MacBook. Cara ini juga bisa dikatakan sebagai cara termudah untuk mengatasi masalah di atas.

Dengan instal ulang, maka semua sistem atau program yang menyebabkan MacBook mati sendiri secara tiba-tiba bisa tergantikan dengan sistem dan program yang  terbaru setelah di instal ulang.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI