Modifikasi Game Palworld Terus Muncul Meski Ada Ancaman Hak Cipta

Modifikasi Game Palworld. (Sumber: PCGamesN)

Indogamers.com - Game Palworld dari studio Pocket Pair masih belum kehabisan sisi sensasionalnya. Setelah sukses meraih jutaan pemain hanya dalam waktu beberapa hari saja, game ini mulai mengundang banyak modder untuk melakukan modifikasi.

Padahal selayaknya aturan dari game resmi pada umumnya, para pengubah tersebut pasti berhadapan dengan masalah hak cipta yang cukup mengerikan.

Kini, mod Palworld bahkan muncul kembali dengan makhluk saku yang berbeda secara hukum meski telah dihapus Nintendo sebelumnya.

Baca Juga: Nggak Rugi Bayar, Ketahui 4 Fitur Canggih Microsoft Copilot Pro yang Jadi Andalan

Dilansir Euro Gamer pada Rabu, 31 Januari 2024, YouTuber ToastedShoes sempat mengambil perbandingan Pokémon Palworld secara ekstrem, dengan mod Pokémon tanpa izin.

Cuplikan mod yang ia bagikan tetap ada di internet selama sekitar satu hari, sebelum pada akhirnya Nintendo mulai menghapusnya.

Begitu juga dengan hub modding Nexus Mods, mereka merilis sebuah pernyataan yang mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan menyelenggarakan mod Palworld bertema Pokémon karena merasa takut dengan ancaman hukum dari Nintendo.

Baca Juga: Mantan Pelatih Geek Fam Reno Reynaldi Beri Solusi Jalan Tengah Polemik Publisher Wajib Berbadan Hukum

Hanya saja, ancaman itu tidak diacuhkan oleh Toasted yang tetap berdiri dengan mod barunya. Sebab bagi mereka, makhluk saku yang berbeda secara hukum ke dalam Palworld Mod Pack, telah diunggah ke Nexus Mods.

Paket modifikasi ini mengalihkan karakter pemain ke karakter ToastedShoes khusus dengan topi merah dan putih, dan pastinya bukan karakter yang mungkin ditemukan dipakai oleh pelatih Pokémon Ash Ketchum.

Beberapa karakter telah ditukar dengan sejumlah makhluk saku klasik lama yang kita semua kenal dan sukai seperti Blue Penguin, Floral Raptor, dan tentu saja Yellow Rat.

Baca Juga: Pelaku Game Lokal Dinilai Masih Tergantung Publisher Luar Negeri

Di sisi lain, kesuksesan dalam waktu singkat yang digapai Palworld membuat pengembang game Pocket Pair meminta maaf karena adanya masalah koneksi server selama akhir pekan kemarin.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI