Apakah Aman Memakai Lebih dari Satu Antivirus di Laptop?

Ilustrasi penggunaan antivirus di laptop (FOTO: kaspersky)

Indogamers.com - Antivirus menjadi salah satu aplikasi atau perangkat lunak yang memiliki peran cukup penting untuk menangkal virus atau membersihkan virus yang menjangkit laptop.

Meskipun memiliki peran yang penting untuk mencegah virus, namun bukan berarti semakin banyak antivirus yang dipasang akan membantu laptop mencegah virus dengan lebih baik.

Atau mungkin menggunakan antivirus lebih dari satu ini dengan tujuan memberikan perlindungan ganda.

Penggunaan antivirus yang lebih dari satu pada laptop ini, meskipun aman tapi kamu tidak disarankan untuk menggunakannya. Karena, penggunaan lebih dari satu antivirus ini bisa mengganggu kinerja dari laptop.

Seperti dikutip dari laman Kaspersky, penggunaan lebih dari satu anti virus yang dilakukan secara bersamaan sangat tidak dianjurkan.

Baca Juga: Bitdefender, Antivirus Android Gratis Yang Memberikan Perlindungan Maksimal

Sebab, untuk mendeteksi virus secara efektif, aplikasi antivirus harus diizinkan untuk menembus ke tingkat yang sesuai di dalam komputer. Ini berarti perangkat lunak menyelami inti sistem, yang dikenal sebagai kernel.

Antivirus melakukan ini untuk mencegah kejadian sistem jauh di dalam komputer.

Data yang disadap kemudian diteruskan ke mesin antivirus untuk dianalisis. Hasilnya, pemindai antivirus dapat memindai file yang disadap, paket jaringan, dan data penting lainnya.

Jika dua program antivirus dijalankan pada satu komputer, masing-masing program tersebut akan mencoba memasang pencegat pada bagian kernel sistem yang sama. Hal ini kemungkinan besar akan mengakibatkan konflik antar monitor antivirus, mungkin dengan salah satu konsekuensi berikut:

Salah satu dari dua program antivirus akan gagal mencegat kejadian sistem.

Upaya setiap program antivirus untuk memasang pencegat paralel akan menyebabkan seluruh sistem komputer mogok.

Situasi di atas hanyalah satu situasi yang mungkin bisa kamu alami jika kamu mencoba menjalankan beberapa antivirus secara bersamaan dalam satu laptop.

Jadi, pada intinya penggunaan antivirus lebih dari satu pada perangkat laptop, masih aman saja. Asalkan kedua aplikasi antivirus ini tidak dijalankan secara bersamaan.

Baca Juga: 5 Tips Bermanfaat Membersihkan Virus Komputer tanpa Antivirus

Namun, alangkah baiknya untuk menggunakan satu antivirus yang terpercaya saja untuk satu perangkat laptop.

Selain bisa mengurangi risiko, penggunaan satu aplikasi antivirus saja juga akan mengurangi penggunaan penyimpanan laptop.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI