7 Fitur Microsoft Edge yang Berguna untuk Tingkatkan Keamanan Browsing para Pengguna

Ilustrasi penggunaan browser Microsoft Edge (FOTO: Microsoft Store)

Indogamers.com - Microsoft Edge memiliki fitur yang berguna untuk meningkatkan keamanan para penggunanya saat browsing.

Dengan fitur ini para pengguna bisa menjelajahi dunia internet dengan aman dan nyaman.

Fitur untuk meningkatkan keamanan yang ada di Microsoft Edge ini ada cukup banyak.

Mulai dari fitur yang mencegah untuk mengakses situs berbahaya hingga fitur yang memungkinkan para pengguna untuk membuat password yang sangat kuat.

Baca Juga: 6 Fitur Keamanan Aplikasi Discord, Viral karena Isu Pramugari dan Pilot Selingkuh

Apa saja fitur yang berguna untuk meningkatkan keamanan browsing di Microsoft Edge ini? Simak selengkapnya di bawah ini dilansir dari laman Intrik.id.

1. Edge Secure Network

Salah satu fitur yang berguna untuk meningkatkan keamanan browsing di Microsoft Edge adalah Edge Secure Network.

Fitur ini memiliki cara kerja yang sama dengan VPN yaitu, menjaga identitas online pengguna.

Edge Secure Network ini akan menyembunyikan alamat IP pengguna dan akan aktif secara otomatis ketika pengguna terhubung ke WiFi publik atau tidak sengaja mengunjungi situs berbahaya.

2. Password Monitor

Kebocoran data bukanlah sesuatu yang sepele dan Microsoft Edge hadir untuk memberi solusi dari masalah tersebut dengan fiturnya yang bernama Password Monitor.

Fitur ini sangat berguna untuk membantu para pengguna dalam mengirim informasi akun untuk password yang dibuat di browser lain ke Edge.

Password Monitor juga berguna dalam memperingatkan pengguna untuk mengubah password ketika sudah dianggap tidak lagi aman dan memindai penuh password yang tersimpan ketika pertama kali diaktifkan.

3. Password Generator

Selain dua fitur di atas, Microsoft Edge juga memiliki fitur keamanan lainnya yaitu Password Generator.

Fitur ini berguna untuk membantu pengguna menghindari kesalahan tersebut.

Password Generator ini akan membuatkan para pengguna password yang sangat aman saat pengguna ingin melakukan registrasi di situs tertentu dan menyimpan password tersebut agar lebih aman.

Baca Juga: Bahayakan Privasi dan Keamanan, 4 Aplikasi Android Ini Sebaiknya Tidak Diinstal

4. Password Health

Jika fitur yang bernama Password Monitor berguna untuk membantu pengguna untuk menemukan password yang sering dibobol, maka fitur lain yang bernama Password Health ini berguna untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi.

Bisa juga dikatakan jika fitur yang bernama Password Health ini akan menampilkan semua password yang pengguna simpan di Microsoft Edge, lengkap dengan detail mengenai seberapa kuat password tersebut.

Saat ada password yang lemah, fitur ini akan memberikan tips pada para pengguna mengenai apa yang harus pengguna lakukan.

5. Microsoft Defender SmartScreen

Microsoft Defender SmartScreen berperan sebagai fitur untuk memproteksi pengguna dari phishing dan serangan malware.

Mengadaptasi fitur SmartScreen dari sistem operasi Windows, fitur ini akan memindai apapun yang pengguna unduh di Microsoft Edge.

Jadi, setiap kali pengguna akan mengakses situs yang Microsoft rasa tidak aman, fitur ini akan menampilkan peringatan agar pengguna tidak mengunjungi situs tersebut.

6. Enhanced Security Mode

Enhanced Security Mode merupakan lapisan proteksi tambahan untuk melengkapi Microsoft Defender SmartScreen.

Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa browsing dengan lebih aman sembari meminimalisir mengunduh software yang berbahaya.

Enhanced Security Mode menawarkan dua level proteksi yaitu Balanced dan Strict. Balanced jadi yang direkomendasikan karena akan menyesuaikan dengan kebiasaan browsing pengguna.

7. InPrivate Browsing

Microsoft Edge juga memiliki fitur keamanan lain yang bernama InPrivate Browsing.

Sama seperti yang lainnya, Edge akan langsung menghapus semua data seperti riwayat penelusuran, data formulir dan data situs setelah pengguna menutup tab InPrivate.

Hanya ada beberapa hal yang disimpan seperti daftar Favorites yang pengguna tambahkan dan file yang pengguna unduh saat browsing lewat mode InPrivate.

Nah, itulah beberapa fitur keamanan yang ada pada Microsoft Edge yang berguna untuk meningkatkan keamanan para pengguna saat menjelajahi dunia internet.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI