Alasan Penting Menyimpan Game di SSD yang Harus Gamers Tahu

Ilustrasi SSD untuk penyimpanan game. (Sumber: Samsung)

Indogamers.com - Menyimpan game di SSD kini menjadi tren baru di kalangan para gamers.

Sebab, kebanyakan game saat ini memiliki kapasitas memori yang cukup besar. Jadi saat game disimpan langsung di penyimpanan perangkat atau drive komputer tentu akan menghabiskan penyimpanan PC.

Selain itu, game-game dengan kapasitas yang besar, performa tidak hanya ditentukan kombinasi CPU dan GPU, tetapi juga oleh seberapa cepat penyimpanan PC kamu.

Karena hal itu, SSD menjadi media penyimpanan yang sangat diperlukan untuk menyimpan game. Karena SSD jauh lebih cepat dibandingkan dengan hardisk dan tentu lebih bisa diandalkan.

Lalu, apa saja sih sebenarnya yang membuat game lebih baik disimpan di SSD?

Untuk penjelasan selengkapnya alasan game lebih baik di simpan di SSD bisa kamu simak di bawah ini.

1. SSD memiliki kecepatan baca tulis yang baik

Alasan penting pertama kenapa SSD digunakan sebagai penyimpanan game adalah SSD memiliki kecepatan baca tulis yang baik.

Dengan kemampuannya tersebut, SSD bisa membantu mentransfer file dengan cepat, tetapi juga membuat waktu pemuatan yang lebih cepat dalam game.

Secara umum, SSD memiliki kemampuan sekitar empat kali lebih cepat daripada HDD dalam hal kecepatan baca dan tulis.

Meskipun angka pastinya akan bervariasi berdasarkan HDD dan SSD spesifik yang kamu bandingkan, SSD akan memberikan pengalaman pengguna yang jauh lebih cepat secara keseluruhan.

2. Efisiensi daya yang baik

Alasan selanjutnya kenapa SSD digunakan sebagai penyimpanan game adalah SSD memiliki efisiensi daya yang lebih baik.

SSD membutuhkan daya yang jauh lebih sedikit daripada HDD. SSD menggunakan daya antara satu hingga empat watt, sementara HDD dapat mencapai 20 hingga 25 watt saat memulai dan kemudian menetap pada empat hingga sembilan watt yang relatif lebih rendah selama pengoperasian reguler.

Jadi, kemampuan tersebut sangat membantu perangkat untuk menghemat daya yang dikeluarkan untuk bermain game.

3. SSD memiliki daya tahan tinggi

SSD menjadi penyimpanan yang tidak memiliki bagian yang bergerak di dalamnya, berbeda dengan HDD yang masih mengandalkan piringan bergerak.

Karena hal ini, SSD menjadi penyimpanan yang memiliki daya tahan tinggi dari goncangan. SSD menawarkan daya tahan dan keandalan jangka panjang yang jauh lebih baik daripada HDD.

Umur rata-rata SSD adalah 5-10 tahun, dibanding 3-5 tahun pada HDD. SSD juga cenderung tidak mudah rusak atau mengalami kegagalan komponen internal.

4. SSD menghasilkan grafik yang lebih baik

Meskipun memasang SSD tidak akan membuat game 720p terlihat sangat realistis, waktu muat yang lebih cepat dan kinerja dalam game yang lebih baik menghasilkan ketepatan visual yang lebih baik secara keseluruhan.

Saat menggunakan SSD, pertukaran antara tekstur beresolusi rendah dan beresolusi tinggi ini jauh lebih cepat karena game dapat memuat dan menukar tekstur lebih cepat.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI