Rekomendasi 5 SSD Terbaik untuk Steam Deck yang Harus Kamu Coba!

Steam Deck.

Indogamers.com - Steam Deck saat telah hadir cukup banyak dengan berbagai merek, seperti ASUS, MSI, dan Lenovo. Namun, Steam Deck dari Valve hingga sekarang masih menjadi yang terbaik di tahun 2024.

Bagi kamu yang belum tahu, Steam Deck merupakan perangkat gaming PC yang tangguh dan portabel, yang dibuat untuk kenyamanan dan pengalaman seperti bermain di konsol.

Untuk fungsinya sendiri, Steam Deck ini memiliki fungsi yang sama dengan gaming PC mini portable yang dapat dibawa kemana saja. Steam Deck mampu mengoperasi berbagai game PC yang tersedia di platform Steam.

Baca Juga: 4 Rekomendasi SSD Terbaik untuk Gaming 2024 Beserta Spesifikasi dan Harganya

Perangkat keras yang digunakan pada Steam Deck seperti prosesor dan RAM menjadi perangkat paten yang tidak bisa di-upgrade. Namun, untuk sistem penyimpanannya (SSD) yang digunakan pada Steam Deck masih bisa diganti atau di up-grade.

Nah, bagi kamu yang memiliki Steam Deck dan merasa penyimpanannya Steam Decknya masih kurang, kamu bisa melakukan upgrade SSD pada Steam Deck yang kamu gunakan.

Untuk SSD terbaik yang bisa kamu gunakan untuk Steam Deck ini bisa kamu simak rekomendasinya dari Indogamers.com berikut ini.

1. Corsair MP600 Core Mini

Rekomendasi pertama dari Indogamers.com untuk SSD terbaik yang bisa kamu gunakan untuk Steam Deck adalah Corsair MP600 Core Mini.

SSD ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 1TB dan 2TB yang menawarkan kecepatan baca/tulis yang sempurna, di kisaran 5000 MB/s dan 3800 MB/s, meski harga terjangkau SSD dengan form factor 2280.

Untuk garansi, Corsair memberi garansi yang sangat lama yaitu 5 tahun terlepas dari fakta bahwa SSD ini hanya memiliki rating TBW sebesar 250 saja.

Untuk harganya Corasi MP6000 dengan kapasitas 1TB dibanderol sekitar 114,9 USD atau setara dengan Rp1.8 jutaan dan untuk kapasitas 2TB dibanderol dengan harga 259,99 USD atau sekitar Rp4,2 jutaan.

2. WD_BLACK SN770M

SSD untuk Steam Deck selanjutnya yang Indogamers.com rekomendasikan adalah WD_BLACK SN770M. SSD ini merupakan SSD yang cepat dan memiliki durabilitas tinggi untuk pengguna yang merasa jika penyimpanan 1TB di Steam Deck masih kurang luas.

WD_BLACK SN770M hadir dengan penyimpanan yang berkapasitas 2TB dan menawarkan rating TBW sebesar 1200 dan garansi yang diberikannya selama 5 tahun.

WD_Black SN770M menggunakan penyimpanan PCI-E 4.0 dengan kecepatan baca sebesar 5150 MB/s dan tulis sebesar 4850 MB/s. Selain untuk Steam Deck, SSD ini juga cocok untuk dipasang di laptop.

Baca Juga: Alasan Penting Menyimpan Game di SSD yang Harus Gamers Tahu

Bagi kamu yang berminat dengan SSD terbaik untuk Steam Deck yang satu ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup mahal. Untuk kapasitas 2TB WD_Black SN770M bisa kamu dapatkan dengan harga Rp4 jutaan.

3. Teamgroup MP44S

Rekomendasi SSD terbaik untuk Steam Deck selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah Teamgroup MP44S.

SSD yang yang bernama Teamgroup MP44S ini Indogamers.com rekomendasikan karena beberapa alasan, yaitu selain efisien dan terjangkau, SSD ini juga menghadirkan penyimpanan yang cukup besar, yaitu 2TB.

Dengan garansi yang diberikan selama 5 tahun, SSD ini hadir dengan rating TBW di 450, yang notabene cukup awet. Untuk performa, Teamgroup MP44S punya kecepatan baca di kisaran 5,000 MB/s dan tulis di kisaran 3,500 MB/s.

Untuk harganya sendiri Teamgroup MP44S dengan penyimpanan 2TB bisa kamu dapatkan dengan harga Rp3,2 jutaan. Jika dirasa terlalu besar, ada varian dengan penyimpanan 1TB yang lebih murah yaitu Rp1,5 jutaan.

4. SABRENT Rocket

SABRENT Rocket juga menjadi salah satu SSD terbaik untuk Steam Deck yang Indogamers.com rekomendasikan.

SSD ini menawarkan penyimpanan PCI-E 4.0 berkapasitas 1TB yang bakal memaksimalkan slot PCI-E 3.0 di Steam Deck dan menghadirkan daya tahan yang lebih baik.

Dengan rating TBW sebesar 600 dan kecepatan baca/tulis sempurna di 4750 MB/s dan 4300 MB/s, SABRENT Rocket sangat bisa diandalkan untuk menyimpan game-game di Steam Deck.

SSD yang memiliki masa garansi selama 5 tahun ini dibanderol dengan harga Rp1,6 jutaan.

5. Inland TN436

Rekomendasi terakhir dari Indogamers.com untuk SSD terbaik untuk Steam Deck adalah Inland TN436. Namun, ada baiknya SSD ini dijadikan sebagai SSD pengganti dari SSD bawaan Steam Deck yang rusak.

Sebab, Inland TN436 hanya memiliki kapasitas 512GB saja. Meskipun memiliki rating TBW yang hanya 300 saja, SSD ini memiliki garansi yang lebih lama dari beberapa SSD yang ada di atas.

Inland TN436 ini hadir dengan garansi selama 6 tahun dan memiliki kecepatan baca/tulis di kisaran 3600 MB/s dan 2300 MB/s saja.

Dengan harganya yang hanya ada di angka Rp1 jutaan untuk varian 512GB dan Rp1,3 jutaan untuk varian 1TB, SSD ini menjadi sangat layak dibeli.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI