Perbedaan Laptop Gaming dan Laptop Biasa yang Perlu Diketahui

Ilustrasi laptop gaming (FOTO: Acer)

Indogamers.com - Perbedaan laptop gaming dan laptop biasa menjadi salah satu hal yang harus diketahui bagi orang awam yang ingin membeli laptop.

Mengingat, beberapa tahun belakangan, laptop gaming popularitasnya kian meroket, terutama di kalangan pecinta game ataupun para gamers profesional.

Hal ini membuat banyak orang yang lebih memiliki laptop gaming daripada laptop biasa, karena mereka ingin pengalaman gaming on-the-go berkualitas tinggi.

Namun, orang yang masih ragu untuk beralih dari laptop biasa ke laptop gaming ini juga tidak sedikit.

Karena popularitas laptop gaming ini, banyak juga para penjual laptop seperti di toko online yang memberikan embel-embel gaming pada laptop dagangannya, padahal laptop tersebut adalah laptop biasa.

Baca Juga: Ada Harga Ada Kualitas, Cek Spesifikasi Tinggi Monitor Gaming Acer Predator Z57

Karena itu, jika kamu ingin membeli laptop harus tahu terlebih dahulu perbedaan dari laptop gaming dan laptop biasa.

Apa saja perbedaan dari laptop gaming dan laptop biasa? Simak selengkapnya penjelasan di bawah ini dari Indogamers.com.

1. Kualitas dan desain fisik

Perbedaan pertama yang bisa kamu lihat antara laptop gaming dan laptop biasa yaitu dari segi kualitas dan desain fisik laptop.

Laptop gaming umumnya memiliki body yang lebih besar, berat, dan kokoh dibandingkan laptop biasa.

Hal ini bertujuan agar laptop dapat menampung berbagai komponen hardware yang powerful serta sistem pendinginan yang lebih advance.

Namun, saat ini laptop gaming juga sudah hadir dengan bodi yang lebih tipis dan ringan namun tetap lebih kokoh.

Kualitas bahan materialnya pun lebih premium, seperti bahan aluminium dan carbon fiber, untuk memastikan laptop dapat memiliki ketahanan yang luar biasa.

Dibandingkan laptop gaming, laptop biasa justru didesain dengan body yang lebih compact dan lightweight agar mudah dibawa kemana-mana.

Sehingga laptop biasa cenderung lebih cocok digunakan oleh siswa, mahasiswa, maupun pekerja kantoran yang butuh laptop untuk menyelesaikan daily task mereka masing-masing.

2. Performa

Perbedaan selanjutnya dan yang paling signifikan antara laptop gaming dan laptop biasa terletak pada segi performa atau kinerjanya.

Laptop gaming umumnya menggunakan komponen hardware yang lebih powerful dibandingkan laptop biasa, sehingga secara performa, laptop gaming lebih mampu menghandle game maupun aplikasi yang berat dan demanding.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Asus Zenbook Pro 16X OLED UX7602, Laptop Super Kencang untuk Konten Kreator

Selain itu, laptop gaming umumnya juga dibekali dengan prosesor berkecepatan tinggi, graphics card berkualitas, serta RAM berkapasitas besar. Komponen hardware ini memungkinkan laptop gaming untuk menampilkan gameplay yang lebih smooth.

Sebaliknya, laptop biasa umumnya tidak dibekali dengan komponen hardware yang gahar karena memang tujuan utamanya adalah untuk menjalankan fungsi komputasi yang biasa dilakukan untuk bekerja sehari-hari, bukan khusus untuk memainkan game.

Sehingga, secara performa, laptop biasa cenderung kurang mampu menghandle game yang demanding, seperti dikutip dari laman resmi Acer.

3. Display

Perbedaan lainnya antara laptop gaming dan laptop biasa ini bisa dilihat dari segi display. Umumnya laptop gaming ini memiliki kualitas display yang lebih gahar dari laptop biasa.

Display yang digunakan pada laptop gaming memiliki resolusi tinggi, serta refresh rate dan response time yang cepat. Hal ini membuat laptop gaming akan menampilkan lagging yang lebih minimal saat digunakan bermain.

Beberapa laptop gaming juga dibekali dengan teknologi G-Sync atau FreeSync, yang mampu mensinkronisasi refresh rate pada display laptop dengan frame rate yang dimiliki game.

Sedangkan laptop biasa, meskipun tak sedikit yang memiliki resolusi tinggi pada displaynya, tapi umumnya tidak dibekali dengan teknologi G-Sync atau FreeSync.

4. Sistem pendingin

Perbedaan terakhir dari laptop gaming yaitu dari sistem pendingin yang digunakan, meskipun semua laptop pasti memiliki sistem pendingin. Namun untuk laptop gaming sistem pendingin yang digunakan tentu jauh berbeda.

Laptop gaming mempunyai sistem pendingin yang lebih canggih untuk mengatur suhu laptop gaming saat bekerja keras menjalankan game berat dan beraktivitas dalam waktu yang lama.

Nah, itulah tadi beberapa perbedaan dari laptop gaming dan laptop biasa yang harus kamu tahu sebelum kamu memutuskan untuk membeli laptop.

Agar tidak tertipu dengan embel-embel gaming, padahal laptop yang dibeli adalah laptop biasa.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI