Mengulik Kepopuleran Doom Sebagai Inspirasi Genre Boomer Shooter

Doom (FOTO: Doom)

Indogamers.com - Setiap game memiliki generasi dengan berbagai ciri khasnya masing-masing.

Game-game ini memiliki semacam keunikan dengan era yang sedang berjalan. Era ini dapat terjadi diantaranya seperti genre yang banyak dimankan, jenis game yang banya dimainkan, bahkan kejayaan sebuah game juga dapat ditentukan dengan tren yang sedang populer saat itu.

Misalnya pada tahun 2000-an awal, game yang menjadi populer saat itu yaitu game FPS atau First Person Shooter. Game ini memiliki kejayaan karena banyaknya seri baru yang keluar pada tahun tersebut.

Baca Juga: 7 Situs Download Game PC Gratis dan Legal

Selain itu, minat para gamers terhadap game tersebut juga terus meningkat pada eranya. Hal ini tentunya dimanfaatkan oleh para developer untuk meningkatkan minat pemain dengan banyak memproduksi judul-judul game FPS saat itu.

Game FPS dapat dimainkan dengan berbagai platform, namun game ini juga identik dengan permainan di PC.

Game FPS era itu ditandai dengan aksi yang cepat dengan cerita yang kurang mendalam. Para developer saat itu lebih mengedepankan aksi dan reflek yang cepat untuk menimbulkan pengalaman bermain yang tak terlupakan.

Baca Juga: Game Horor Lokal Nightmare Side: The Game Resmi Rilis, Berisi Kisah Urband Legend Warga Bandung di Program Radio Ardan

Game FPS sendiri mulai booming setelah rilisnya game Doom pada tahun 1994. Id Software sebagai pengembangannya, memiliki perasaan yang optimis untuk mengembangkan game FPS dengan inovasi multi-player saat itu. Padahal, saat itu internet masih jarang digunakan dan menjadi salah satu inovasi yang menyenangkan bagi para gamers.

Id Software juga memberikan beberapa terobosan pada game yang mereka kembangkan seperti kemampuan mengedit level, dan mengubah tema pada permainan.

Terobosan yang hadir pada Doom ini ternyata menarik developer lain untuk melakukan hal yang sama. Mereka berlomba untuk mencipatakan game dengan berbagai fitur canggih dengan gameplay yang lebih inovatif.

Baca Juga: 34 Game PC Online dan Offline Bisa Dimainkan di PC Ketang

Hal yang paling menonjol dari game Doom yang menjadi salah satu ‘acuan’ dari pembuatan game FPS lainnya yaitu adanya reflek yang cepat pada aksi permainan.

Selain itu, peningkatan skill juga menjadi salah satu hal yang paling menentukan keberhasilan pemain. Elemen ini juga yang menjadi ciri khas dari Boomer Shooter sekarang ini.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI