Inilah Evolusi Game First-Person Shooter dari Tahun 1992 hingga 2024

Potret gamer zaman dulu main game Counter Strike di gamenet. (Sumber: Facebook/Counter Strike Global Offensive)

Indogamers.com - Game First-Person Shooter atau FPS memiliki begitu banyak pemain dari generasi ke generani. Game ini memiliki daya tarik yang ditunjukkan melalui adegan atau aksi yang dihadirkan dalam game tersebut.

Game yang memiliki sudut pandang orang ini memiliki fokus pada aksi mendebarkan dengan senjata yang keren dan canggih.

Game FPS sendiri mulai dikenal pada taun 1974 dengan game booming saat itu yang berjudul Maze War.

Baca Juga: 13 Game FPS Gratis Paling Menantang, Wajib Dicoba Jika Kamu Fast Hand

Maze War

Game ini termasuk game pertama yang menghadirkan mode multi-palyer 3D yang menakjubkan.

Kemudian, pada tahun 1992 muncul Wolfenstein 3D yang menggunakan sudut pandang orang pertama. Meskipun memiliki grafis yang sederhana, namun game ini memiliki gamplay yang unik dan seru.

Wolfenstein 3D

Game FPS sendiri mulai booming dan banyak dimainkan pada saat Doom pertama kali diluncurkan yaitu sekitar tahun 1993. Game ini menjadi salah satu pelopor game FPS yang dimainkan di PC.

Baca Juga: Modern Rasa Retro, ini 15 Judul Game FPS yang Terinspirasi Unsur Klasik. Main Game Sambil Nostalgia Tipis-tipis

Doom

Kemudian setelah kemunculan Doom, banyak juga game-game lain yang bermunculan dan menghadirkan pengalaman bermain yang semakin baik.

Pada tahun 1992 hingga sekitar tahun 2010, game FPS mencapai puncak keemasan dengan banyak pemain pada game ini. Selain itu, para developer juga mengambil kesempatan ini dengan banyak merilis judul-judul game baru.

Muncullah game-game seperti Counter-Strike, Doom, Marathon, Half-Life dan lainnya yang menjadi game FPS yang berhasil meraih kepopuleran.

Baca Juga: 15 Game FPS Terbaik yang Bisa Dimainkan di Steam Deck

Gameplay Counter Strike 2

Perkembangan grafis yang dialami game FPS juga cukup pesat. Dari yang awalnya hanya gambar grafis sederhana dengan piksel yang rendah, hingga game dengan tampilan hampir nyata dengan ketajaman yang tinggi.

Efek 3D juga semakin ditonjolkan dengan dukungan resolusi ingga 4K dalam game FPS pada tahun 2024.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI