Dari FPS hingga DLC, ini 16 Istilah dalam Game yang Perlu Kamu Tahu, Terutama Buat Gamer PC. Pemula Wajib Banget Baca

Ilustrasi Game PC (FOTO: Pexels/Julia M Cameron)

Indogamers.com - Bagi para gamer, terutama yang bermain game di PC, memahami berbagai istilah dalam dunia game sangat penting.

Istilah-istilah ini tidak hanya memudahkan komunikasi dengan sesama pemain, tetapi juga membantu dalam memahami gameplay dan mekanisme permainan.

Berikut adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam game PC meskipun secara umum mungkin ada juga di game paltform lainnya.

Baca Juga: Jangan Ya Dek Ya, ini 7 Game PC Terberat yang Bisa Bikin PC Kejang-Kejang. Jangan Main Kalau PC Kamu Masih Mendang-Mending

1. FPS (First-Person Shooter)

FPS adalah genre game di mana pemain melihat dunia permainan melalui sudut pandang karakter utama, seolah-olah mata pemain berada di dalam kepala karakter tersebut. Contoh populer dari genre ini adalah Call of Duty, Counter-Strike, dan DOOM.

2. MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)

MMORPG adalah genre game di mana pemain berinteraksi dengan ribuan pemain lain dalam dunia virtual yang besar. Pemain biasanya membuat dan mengembangkan karakter mereka sendiri sambil menjelajahi dunia, menyelesaikan misi, dan berpartisipasi dalam pertempuran. World of Warcraft dan Final Fantasy XIV adalah contoh MMORPG yang terkenal.

Baca Juga: 8 Karakter Perempuan Cantik dalam Game Resident Evil. Bikin Cowok Betah Main Resident Evil, Ada Karakter Favoritmu?

3. RTS (Real-Time Strategy)

RTS adalah genre game strategi di mana pemain mengelola sumber daya, membangun pangkalan, dan memimpin pasukan untuk mengalahkan musuh dalam waktu nyata. Tidak seperti game strategi berbasis giliran, di RTS semuanya berjalan secara simultan tanpa jeda. StarCraft dan Age of Empires adalah contoh klasik dari genre ini.

4. RPG (Role-Playing Game)

RPG adalah genre di mana pemain mengambil peran sebagai karakter dalam cerita fiksi. Pemain seringkali harus membuat keputusan yang mempengaruhi perkembangan cerita dan karakter. Contoh RPG terkenal termasuk The Witcher 3: Wild Hunt dan Skyrim.

Baca Juga: Cara Mengubah Kata Sandi dan Face ID yang Harus Pengguna iPhone Tahu

5. MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)

MOBA adalah sub-genre dari RTS di mana dua tim berlawanan saling bertarung dalam arena untuk menghancurkan markas utama tim lawan. Setiap pemain mengendalikan satu karakter dengan kemampuan unik. League of Legends dan Dota 2 adalah contoh game MOBA yang sangat populer.

6. DPS (Damage Per Second)

DPS adalah istilah yang mengukur jumlah kerusakan yang bisa diberikan oleh karakter atau senjata dalam satu detik. Istilah ini sering digunakan dalam game MMORPG dan MOBA untuk menentukan seberapa efektif suatu karakter dalam memberikan kerusakan pada musuh.

Baca Juga: Kisah Unik! Gamer Ini Hubungkan 444 Konsol ke Satu TV untuk Raih Guinness World Records

7. Ping

Ping mengukur waktu (dalam milidetik) yang dibutuhkan oleh data untuk bergerak dari komputer pemain ke server game dan kembali lagi. Semakin rendah ping, semakin responsif permainan akan terasa. Ping yang tinggi dapat menyebabkan lag, yang dapat sangat mempengaruhi pengalaman bermain game, terutama dalam game kompetitif.

8. Buff dan Nerf

Buff adalah istilah yang digunakan ketika pengembang meningkatkan kemampuan atau kekuatan suatu karakter, senjata, atau item dalam game. Sebaliknya, nerf adalah ketika sesuatu dibuat lebih lemah atau kurang efektif. Pengembang sering melakukan buff dan nerf untuk menjaga keseimbangan dalam game.

Baca Juga: Dijamin Kamu Belum Pernah Main, ini 7 Game Paling Langka di Muka Bumi. Ada yang Dijual Rp7 Miliar

9. Noob

Noob adalah istilah slang yang digunakan untuk menggambarkan pemain yang baru atau kurang berpengalaman dalam suatu game. Meskipun terkadang digunakan secara negatif, banyak komunitas game yang lebih menyarankan untuk membimbing noob agar mereka bisa berkembang.

10. Grinding

Grinding adalah aktivitas berulang-ulang dalam game untuk mendapatkan item, pengalaman, atau mata uang dalam jumlah besar. Meskipun sering dianggap membosankan, grinding seringkali menjadi bagian tak terpisahkan dari game RPG dan MMORPG.

Baca Juga: Kisah Unik! Gamer Ini Hubungkan 444 Konsol ke Satu TV untuk Raih Guinness World Records

11. Lag

Lag adalah penundaan antara tindakan pemain dan respons yang dihasilkan di dalam game. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti koneksi internet yang buruk atau spesifikasi hardware yang tidak mencukupi.

12. Spawn

Spawn mengacu pada kemunculan karakter, musuh, atau item di dalam game. Istilah ini sering digunakan dalam game FPS dan RPG untuk menggambarkan tempat atau waktu ketika karakter atau musuh baru muncul.

Baca Juga: Sebelum Harvest Moon: Home Sweet Home, Natsume Pernah Rilis 3 Seri Harvest Moon Versi Mobile di Android dan iOS

13. AFK (Away From Keyboard)

AFK digunakan untuk menunjukkan bahwa seorang pemain sedang tidak berada di depan komputernya dan tidak dapat berinteraksi dalam game. Dalam game multiplayer, pemain yang AFK seringkali menjadi beban bagi timnya.

14. Patch

Patch adalah pembaruan perangkat lunak yang dikeluarkan oleh pengembang untuk memperbaiki bug, menambahkan konten baru, atau mengubah keseimbangan permainan. Patch biasanya dirilis secara berkala untuk menjaga game tetap segar dan menarik.

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Ikan Legendaris di Harvest Moon: Back to Nature. Baca Syarat dan Cara Memancingnya

15. Cheat/Cheater

Cheat adalah kode atau program yang digunakan untuk memberikan keuntungan tidak adil kepada pemain, seperti menambahkan nyawa tak terbatas atau kemampuan khusus. Pemain yang menggunakan cheat disebut cheater, dan mereka sering kali mendapat sanksi berat dari pengembang game atau komunitas pemain.

16. DLC (Downloadable Content)

DLC adalah konten tambahan yang dapat diunduh untuk game yang sudah dirilis. Konten ini bisa berupa peta baru, karakter, misi, cerita tambahan, skin, atau elemen lain yang memperkaya pengalaman bermain.

DLC biasanya dijual secara terpisah dari game utama dan bisa diunduh melalui platform distribusi digital seperti Steam, Epic Games Store, atau konsol game.

Baca Juga: Bikin Storage dan Koneksi Ngos-Ngosan, ini 10 Game dengan Ukuran File Gak Ngotak

DLC sering dirilis untuk memperpanjang umur suatu game dengan menambahkan konten baru setelah rilis awal. Namun, ada juga beberapa DLC yang memberikan akses ke fitur-fitur penting atau konten yang awalnya tidak disertakan dalam game dasar, yang terkadang menuai kritik dari komunitas gamer.

Itulah 16 istilah dalam game PC yang perlu kamu ketahui agar memudahkan dalam mencari informasi atau berkomunikasi dengan teman saat bermain game.

Sebenarnya beberapa istilah game PC di atas juga ada pada game lain, secara umum tidak jauh berbeda.

Memahami istilah-istilah di atas akan membantu kamu menjadi lebih fasih dalam dunia game PC. Baik sebagai seorang pemain baru atau veteran.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI