Jangan Ngawur! Begini Cara Instal Windows 10 di Laptop dan PC yang Benar

Ilustrasi penggunaan Windows 10 (FOTO: microsoft.com)

Indogamers.com - Windows menjadi sistem operasi yang cukup banyak digunakan pada laptop maupun PC. Sistem operasi buatan Microsoft ini sudah menjadi salah satu produk digital dengan penjualan terbanyak di dunia.

Di sistem operasi Windows 10 ini memiliki berbagai fitur yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan Windows seri-seri sebelumnya. Windows 10 ini merupakan sistem operasi yang dirilis oleh Microsoft pada tahun 2015.

Meskipun dirilis pada tahun 2015, pihak Microsoft sendiri masih akan memberikan layanan dan dukungan di Windows 10 sampai akhir 2025 mendatang.

Baca Juga: Penyebab Error Blue Screen PC Windows di Seluruh Dunia

Spesifikasi yang dibutuhkan laptop atau PC untuk menggunakan Windows 10 ini minimum memiliki RAM 2GB, prosesor setara dengan 1GHz atau lebih tinggi. VGA harus mendukung DirectX 9 atau di atasnya, dan ruang penyimpanan minimal 20GB.

Jika berminat menggunakan Windows 10 ini, kamu bisa menginstal Windows 10 dengan cara seperti berikut ini.

  1. Buat media USB untuk instalasi dengan cara mengunjungi situs resmi Microsoft. Kamu juga bisa mengunduh panduan dan media instalasi Windows 10 melalui drive USB milikmu.

  2. Klik dan jalankan proses yang ada di laman tersebut, di sini kamu akan menemukan pertanyaan "What do you want to do" dan setelahnya pilih instalasi yang akan kamu lakukan.

  3. Pilihan di komputer akan merujuk pada media instalasi, seperti drive USB, DVD, atau file ISO.

  4. Nah, agar PC atau laptop membaca opsi dari media instalasi yang kita gunakan, kamu masih harus masuk dalam sistem BIOS di PC atau laptop yang kamu gunakan. Di situ, kamu bisa memilih atau centang opsi boot awal di posisi partisi USB drive.

Baca Juga: Cara Ampuh Bersihkan Sampah di Laptop Windows 10 dan 11 dengan Mudah

  1. Lakukan save dan restart setelah kamu memilih opsi boot pada BIOS. Di sini, laptop atau PC biasanya akan otomatis melakukan instalasi Windows 10 dan kamu bisa menunggunya beberapa saat.

  2. Setelah instalasi sukses, beberapa setelan bisa dilakukan sesuai dengan selera atau kemauanmu, misalnya bahasa, format tampilan, font, dan lain sebagainya.

Nah, itulah tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk menginstal sistem operasi Windows 10.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI