Siap Saingi Steam Deck, Ini Bocoran Spesifikasi dan Kisaran Harga Handheld Gaming Acer Nitro Blaze 7

Acer Nitro Blaze 7, handheld gaming pertama dari Acer (FOTO: Acer)

Indogamers.com - Perusahaan teknologi ternama Acer resmi mengumumkan hadirnya konsol genggam (handheld) gaming terbarunya yang bernama Acer Nitro Blaze 7.

Konsol genggam tersebut diumumkan pertama pada pameran elektronik IFA Berlin 2024 yang dilaksanakan di Jerman.

Acer Nitro Blaze 7 ini merupakan konsol genggam (handheld) pertama dari Acer yang berbasis sistem operasi Windows layaknya sebuah laptop atau komputer.

Konsol genggam (handheld) pertama dari Acer ini juga hadir dengan performa dan efisiensi daya yang tinggi.

Untuk spesifikasi lengkap serta kisaran harga dari Konsol genggam (handheld) pertama dari Acer yang bernama Nitro Blaze 7 ini bisa kamu simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi SSD Seagate FireCuda 520N yang Cocok untuk Konsol Game Handheld

Spesifikasi Acer Nitro Blaze 7

Dari segi desain, Acer Nitro Blaze 7 ini mirip dengan konsol game handheld sebagai kompetitornya, seperti ROG Ally, MSI Claw dan sejumlah kompetitor lainnya.

Tampilan depannya, didominasi dengan layar sekaligus kontroler di sisi depan, dan sejumlah port maupun lubang untuk pembuangan angin di sisi atasnya.

Khas perangkat Acer Nitro lainnya, Acer Nitro Blaze 7 di desain dengan dominasi dengan warna hitam dan aksen merah. Konsol game handheld ini memiliki bobot sekitar 670 gram dan dimensi 25,6 x 11,35 x 2,25 cm, sehingga membuatnya mudah untuk dibawa ke mana saja.

Pada bagian kiri bodi terdapat tombol analog, tombol fungsi, dan tombol directional pad (D-pad). Sedangkan pada bagian kanannya, terdapat tombol ABXY, tombol menu, dan tombol fungsi. Tidak ada touchpad seperti yang dimiliki Steam Deck OLED dan Lenovo Legion Go.

Sedangkan pada bagian atasnya dilengkapi lubang kipas, port USB-4, dan tombol daya yang sudah terintegrasi dengan pemindai sidik jari (fingerprint). Bagian bawah juga dilengkapi port USB-4.

Punggung Acer Nitro Blaze 7 hanya dihias dengan logo konsol tersebut, namun tidak dilengkapi dengan tombol belakang.

Di sektor layarnya, Acer Nitro Blaze 7 menggunakan panel IPS LCD seluas 7 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel).

Layar tersebut memiliki refresh rate 144 Hz, tingkat kecerahan maksimum 500 nits, dukungan AMD FreeSync Premium, dan cakupan gamut warna 100 persen sRGB.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Asus ROG Ally, layar Acer Nitro Blaze 7 memiliki ukuran yang sama namun berbeda dengan refresh ratenya. Refresh rate Acer Nitto Blaze 7 lebih tinggi yaitu 144Hz, sedangkan ASUS ROG Ally hanya 120Hz.

Untuk sektor dapur pacunya, Acer Nitro Blaze 7 menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 8840HS dengan delapan inti, 16 threads, dan kecepatan boost hingga 5,1 GHz. Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah GPU terintegrasi Radeon 780M.

Baca Juga: ASUS ROG Ally, Handheld Gaming Pilihan Tepat untuk Mainkan Game AAA

Prosesor ini menggunakan CPU dengan arsitektur Zen 4 dan GPU dengan arsitektur RDNA 3. Secara teori, AMD Ryzen 7 8840HS, menawarkan target daya yang sedikit lebih tinggi, yakni sekitar 20 Watt hingga 30 Watt,

Selain itu, AMD Ryzen 7 8840HS juga telah dibekali dengan pemrosesan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dengan kinerja 39 TOPS. Gamer bisa memanfaatkan fitur Ryzen AI untuk mengoptimalkan kinerja dan tingkat respons di berbagai game serta aplikasi.

Untuk memaksimalkan penggunaan AMD Ryzen 7 8840HS pada Acer Blaze Nitro 7, Acer mengkombinasikannya dengan RAM LPDDR5X-7500 hingga 16GB dan media penyimpanan (storage) SSD NVMe hingga 2TB (form factor 2280).

Acer tidak menjelaskan varian RAM/storage apa saja yang tersedia selain hanya kapasitasnya saja, yaitu 16GB/2TB.

Acer Nitro Blaze 7 ini akan berjalan diatas sistem operasi Windows 11, yang memungkinkan untuk membuka software, seperti browser Google Chrome, Microsoft Word, Microsoft Copilot, dan lain seterusnya.

Untuk baterainya, Acer Nitro Blaze 7 ini tergolong cukup kecil dibandingkan dengan konsol game handheld lainnya. Acer Nitro Blaze 7 hanya dibekali dengan baterai yang berkapasitas 50,04Wh.

Fitur lainnya meliputi Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3, mikrofon, speaker, software Acer Game Space, power supply 65 Watt, dan layanan PC Game Pass gratis selama tiga bulan.

Harga Acer Nitro Blaze 7

Untuk harga dari konsol game handheld Acer Nitro Blaze 7 ini, hingga artikel ini dirilis masih belum diketahui secara pasti, karena pihak Acer belum menyebutkan detail harga dari handheld AI gaming PC pertama mereka tersebut.

Untuk ketersediaannya di Indonesia juga belum diketahui, namun kemungkinan besar Acer Blaze Nitro 7 ini akan hadir untuk pasar Indonesia. Sebab, Acer Nitro Blaze 7 juga sudah diperkenalkan melalui laman resmi Acer Indonesia.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI