Thermal Throttling, Kondisi PC yang Bikin Gamers Merasa Kesal!

Ilustrasi PC yang mengalami Thermal Throttling (Sumber: tech4gamers.com) (FOTO: tech4gamers.com)

Indogamers.com - Para gamers PC tak jarang yang mengalami PC yang digunakan tiba-tiba lag padahal koneksi internetnya cukup stabil. Hal ini tentu saja membuat gamers kesal dan bingung.

Jika PC yang lag saat digunakan untuk bermain game ini disertai dengan hawa panas dari PC, berati penyebab PC menjadi lag adalah thermal throttling.

Apalagi jika PC yang digunakan untuk bermain game ini spesifikasinya kurang mumpuni, terutama pada sistem pendinginnya yang tidak optimal.

Baca Juga: 3 Tips Mudah dan Murah Merawat PC Gaming di Rumah, Biar Awet Pemakaian

Karena itu, para gamers PC harus tahu apa itu thermal throttling yang sering membuat PC tiba-tiba lag saat digunakan untuk bermain game. Selain mengetahui apa itu thermal throttling, gamers PC juga harus tahu bagaimana cara mencegahnya.

Dengan mengetahui cara mencegah thermal throttling, gamer PC jadi tidak perlu lagi khawatir PC yang mereka gunakan menjadi lag tiba-tiba dan mengganggu aktivitas bermain gamenya.

Berikut ini penjelasan mengenai thermal throttling dan bagaimana cara untuk mencegah terjadinya thermal throttling.

Thermal Throttling

Thermal throttling pada PC merupakan kondisi dimana CPU atau GPU pada PC menghasilkan lebih banyak hawa panas yang melebihi kemampuan dari sistem pendinginan.

Sehingga, prosesor akan secara otomatis mengalami penurunan performa dan kinerjanya menjadi lebih lambat untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Mekanisme dari thermal throttling ini adalah mengurangi kinerja CPU atau GPU untuk mencegahnya dari panas berlebih.

Hal ini umumnya terjadi ketika komputer menjalankan tugas intensif seperti bermain game atau mengedit video. Kegiatan ini akan memacu CPU atau GPU menghasilkan lebih banyak panas daripada biasanya atau saat idle.

Jika sistem pendingin tidak mampu untuk menghilangkan panas, prosesor dapat mencapai suhu kritis yang dapat merusak komponen internal.

Untuk mencegahnya, prosesor secara otomatis akan mengurangi kecepatan clock-nya yang memperlambat kinerja komputer. Ini dikenal sebagai thermal throttling dan penyebab komputer nge-lag.

Selain itu, thermal throttling juga menyebabkan komputer menjadi lambat, loading screen yang lama, dan masalah kinerja lainnya.

Terutama saat komputer menjalankan tugas yang menggunakan banyak sumber daya seperti bermain game atau mengedit video. Dalam kasus ekstrim, thermal throttling dapat menyebabkan komputer mati untuk melindungi komponen internal dari kerusakan.

Cara Mencegah Thermal Throttling

Untuk mencegah dan mengatasi thermal throttling pada PC ini ada beberapa cara yang dapat digunakan.

Cara yang paling efektif adalah dengan memastikan sistem pendingin kamu memadai untuk menghilangkan panas yang dihasilkan oleh CPU atau GPU.

Hal Ini dapat dicapai dengan menggunakan thermal paste berkualitas tinggi, meningkatkan sistem pendingin, atau membersihkan debu dari kipas dan heatsink.

Cara lain untuk mencegah thermal throttling adalah dengan mengurangi beban pada CPU atau GPU. Hal ini dapat dilakukan dengan menutup program yang tidak perlu atau mengurangi pengaturan grafik dalam game.

Terakhir, penting untuk memantau suhu CPU atau GPU menggunakan alat perangkat lunak seperti MSI Afterburner untuk memastikannya tidak mencapai level kritis.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI