logo

Review Lenovo Legion 5i 2021 – Asiknya Performa Si Phantom Blue

INDOGAMERS
Selasa 26 Oktober 2021, 03:54 WIB

INDOGAMERS.ID Lenovo Indonesia membawa seri terbaru Lenovo Legion 5i versi 2021 (15ITH6). Lini Legion dengan slogan Stylish Outside, Savage Inside ini tetap konsisten dengan slogan mereka miliki. Lenovo Legion 5i hadir dengan berat 2,4kg, warna Phantom Blue, logotype Legion yang khas di sisi depan, empat ventilasi lebih refined, dan tombol privacy shutter kamera di sisi kanan, charging port dan beberapa port di sisi belakang, memang Stylish Outside!

Lini tahun 2021 ini sudah dibekali prosesor mobile Intel generasi ke-11/ Tiger Lake, Intel Core 17-11800H (detail CPU-Z lengkap bisa dicek di laman kami unggah ini). Sisi dapur pacu grafis ditenagai NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti dengan power limit maksimal 95W. Bagaimana dengan komponen lain? Lenovo Legion 5i dibekali RAM 2 x 8GB DDR4-3200, Dual Channel pastinya. Penyimpanan data ditangani M.2 NVMe 512GB yang aktif di transfer mode PCIe 4.0 x4, kencang. Masih merasa kurang dengan RAM dan penyimpanan data diberikan? Pengguna bisa mengganti dan menambah kapasitas RAM di dua slot diberikan. Terdapat juga satu slot tambahan untuk M.2 NVMe. Savage Inside pastinya!

Lenovo Legion 5i 2021

Lenovo Legion 5i 2021 mengusung layar IPS 15 inci dengan refresh rate 165Hz 100% SRGB bersertifikasi X-Rite Pantone. Bagaimana kalau kami bilang, layar Lenovo Legion 5i ini dibekali G-Sync? Ya, kamu tidak salah membaca. Lini 2021 Lenovo Legion 5i ini didukung dengan G-Sync! Oke punya, bukan?

Bagian yang sering disentuh pengguna, apalagi kalau bukan keyboard. Lenovo Legion 5i menggunakan keyboard Legion TrueStrike seperti produk gaming Lenovo lainnya. Full-sized NumPad kami rasa adalah salah satu fitur yang membantu untuk berbagai kebutuhan. Terutama untuk kebutuhan office.

Takut ketika bekerja berat, suhu terlalu panas? Lenovo Legion 5i mengusung Lenovo Coldfront 3.0 yang memungkinkan sistem lebih efisien, lebih senyap, dan lebih dingin.  Memungkinkan pula peningkatan aliran udara sebesar 20% pada tingkat kebisingan yang sama. Pipa GPU diperpanjang untuk mendinginkan VRM GPU. Jumlah bilah dan dimensi termal juga ditingkatkan untuk meningkatkan konduksi. Tombol Fn + Q kembali hadir menjadi shortcut pengaturan mode Quiet, Balanced, dan Performance. Pengguna bisa juga mengaktifkan Lenovo Legion AI Engine via Lenovo Vantage untuk mendeteksi gim dalam mode Balanced.

Berbicara audio, kali ini Lenovo didukung dengan nahimic for Gamers. Selain dapat meningkatkan peredaman surround sound, nahimic juga memiliki beragam pengaturan untuk meningkatkan fitur audio terutama untuk gamers. Detail lebih mengenai nahimic for Gamers bisa kamu cek di laman nahimic.

Spesifikasi lengkap Lenovo Legion 5i edisi 2021 bisa kamu cek di bawah ini:

Spesifikasi lengkap Lenovo Legion 5i 2021.

PERFORMA

Baiklah, mari kita membahas performa Lenovo Legion 5i keluaran 2021 ini. Dalam pengujian Tim Review IDGS, berikut hal yang bisa kami sampaikan. Sebagai catatan, kami melakukan pengujian dengan kondisi mendapat daya dari charger dan mode Performance.

Read & Write NVMe Lenovo Legion 5i 2021.

Penyimpanan (unit laptop kami coba) M.2 NVMe 512 yang berjalan di transfer mode PCIe 4.0 x4 mampu mencapai kemampuan read hingga 6794MB/s dan write 4844MB/s. Kencang bukan?

CINEBENCH R15

10 kali pengujian di Cinebench R15. Angka skor ditampilkan adalah dalam satuan cb.

BLENDER

Hasil pengujian render di Blender. Angka dalam hitungan menit:detik.

Menggunakan Blender versi 2.93.5, pengujian memakai demo BMW dari Mike Pan dan Classroom dari Christophe SEUX. Rendering Classroom dilakukan terhadap posisi scene default.

HANDBRAKE

Pengujian encoding Handbrake (NVEnc). Angka tertera dalam satuan fps.

Pengujian Handbrake untuk mengetahui berapakah average fps bisa dicapai dalam proses encoding ke MP4 H.264 NVEnc. File TS beresolusi 4K60 berdurasi 2 menit 35 detik digunakan untuk pengujian di Handbrake 1.4.2.

Pengujian encoding Handbrake. Angka tertera dalam satuan fps.

Sebagai tambahan, kami juga menguji dengan file MP4 H.264 NVEnc berdurasi sama dengan resolusi FHD 60fps .

PHOTOSHOP

10 kali pengujian Radial Blur. Angka dalam hitungan detik.

File beresolusi 4500 x 3000px, 240dpi, 24bit, berukuran 4,68MB digunakan untuk pengujian di Photoshop 2021. Kami melakukan pengujian sederhana untuk mengetahui berapa durasi diperoleh ketika melakukan action Radial Blur. Selengkapnya mengenai pengujian ini bisa menilik laman ksimonian.

PREMIERE PRO

Pengujian Premiere Pro. Durasi dalam menit:detik.

Skema pengujian adalah edit multi layer dan efek berdurasi 2 menit di Premiere Pro 2021 yang diekspor via queue Adobe Media Encoder (H.264).

AFTER EFFECTS

Pengujian After Effects. Durasi dalam menit:detik.

Kami menggunakan 2 template untuk pengujian; Motion Text Animation dari Avnish Parker dan Nightcore dari Shino Musics di After Effects 2021 yang diekspor via queue Adobe Media Encoder (H.264).

VIDEO GAMES

Versi driver NVDIA memakai 496.13. Benchmarking dimulai dan diakhiri tanpa adanya membuka menu atau loading screen. Kami ambil average/ rata-rata fps dihasilkan dari monitoring MSI After Burner. Hasil benchmark didapatkan tentu bervariasi tergantung scene. Misalkan saja untuk SOTTR, average fps di atas 90 hingga 100an mudah didapatkan ketika awal bermain. Namun ketika sudah masuk ke Kuwaq Yaku dan Paititi, kemampuan laptop sebenarnya akan diuji.

Average fps dalam percobaan beberapa judul gim.

Selain di resolusi 1080p, detail pengaturan untuk bermain gim adalah sebagai berikut:

  • Shadow of the Tomb Raider: Definitive Edition Preset: Highest, DLSS: Quality, RTX: Medium.
  • Cyberpunk 2077 Preset: Medium, DLSS: Quality.
  • Assassins Creed Valhalla Preset: Medium
  • Dota 2 Advanced settings: all disabled, Texture: High, Effects: Low, Shadow: Off, Screen Render: 100%, Max fps: 240.

MONITORING SUHU

Monitoring suhu via HWMonitor.

Berdasarkan data kami peroleh dari monitoring HWMonitor, tangkapan layar di atas adalah suhu minimal hingga maksimal dihasilkan selama pengujian dilakukan sebelumnya. Sebagai catatan, suhu tertinggi didapatkan tidak dalam jangka panjang menurut hasil pengamatan via OSD MSI After Burner.

Baterai dan Harga

KEMAMPUAN BATERAI

Lenovo Legion 5i menggunakan baterai berkapasitas 80Whr dengan dukungan Rapid Charge Pro yang bisa diatur melalui Lenovo Vantage. Pengaturan dipakai adalah mode Balanced dengan fitur Lenovo Legion AI Engine diaktifkan, Hybrid Mode, kecerahan layar 50%, volume suara 25%, dan backlit dimatikan.

Untuk gaming, kami mencobanya untuk gim yang masuk akal di mode baterai tanpa tersambung charger. Menurut kami, gim berat AAA tidak akan maksimal tanpa daya dari charger. Maka dari itu kami memilih Dota 2. Tim Review IDGS bisa memainkan Dota 2 selama 1 jam 42 menit sebelum muncul peringatan 10% baterai, dalam kondisi menggunakan mouse Lenovo Legion M300. Tentu saja hasil tersebut akan bervariasi tergantung intensitas permainan.

Dalam mode Hybrid penggunaan pemutaran video, Lenovo Legion 5i kami pakai, bisa mencapai sekitar 6,5 hingga 7 jam. Penggunaan untuk bekerja dengan skema membuka browser untuk browsing dan memutar musik dari Spotify maupun YouTube, MS Word, Photoshop, Premiere Pro, Notepad++, WinSCP, dan Putty (bisa semua bersamaan maupun bergantian tidak menentu) mencapai durasi sekitar 3,5 hingga 4an jam. Secara sederhananya, kemampuan baterai Lenovo Legion 5i tergolong oke untuk dipakai pekerja remote yang tidak harus bekerja di kantor, oke diajak bepergian.

Oh ya, sebagai tambahan. Pengguna bisa mengaktifkan fitur Rapid Charge utuk mendapatkan kecepatan pengisian daya 0 60% dalam waktu 30 menit. Untuk pengisian daya tanpa Rapid Charge, kami mendapatkan hasil pengisian dari 10% - 100% dalam waktu 1 jam 42 menit.

EKSTRA DAN HARGA

Berbicara bepergian/ bekerja di tempat tak menentu, tiap pembelian unit Lenovo Legion 5i mendapatkan bonus backpack Lenovo Legion Recon dan mouse Lenovo Legion M300. Bonus lain? Lenovo Legion 5i sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Home & Student 2019 senilai Rp 1.799.000.

Bagaimana dengan garansi perlindungan unit laptop? Lenovo Indonesia memberikan Accidental Damage Protection selama tiga tahun meliputi kerusakan karena tumpahan kopi, terjatuh dari meja, malfungsi keyboard, hingga keretakan pada layar tanpa adanya biaya tambahan.

Khusus produk gaming seperti Lenovo Legion 5i ini, juga mendapatkan layanan Legion Ultimate Support selama 3 tahun. Mengusung slogan dari gamer untuk gamer, pengguna bisa mendapatkan saran dari teknisi dalam peningkatan software dan optimalisasi hardware via chat, telepon, maupun email kapan saja.

Tertarik untuk memboyong laptop ini? Kamu bisa mendapatkan lini Stylish Outside, Savage Inside Lenovo Legion 5i 2021 di harga Rp 22.699.000 via Legion Official Store.

(IDGS/ deJeer)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
Guides04 Juli 2024, 13:44 WIB

8 Farm di Pelican Town pada Game Stardew Valley, Bantu Kamu Jelajahi Permainan

Pelican Town atau Kota Pelican adalah nama kota yang ada di permainan Stardew Valley. Ada 8 Maps dengan masing-masing misi di dalamnya
Pelican Town di Game Stradew Valley (FOTO: Moonby Mayor)
E-Sport04 Juli 2024, 13:38 WIB

Jadwal EWC MSC 2024 Fase Grup Hari Kedua, EVOS Glory Tanding 2 Kali

Kompetisi akbar kelas dunia Mobile Legends: Bang Bang bertajuk MSC 2024 X Esports World Cup telah resmi digelar. Indonesia diwakili oleh EVOS Glory dan Fnatic ONIC yang sebelumnya berhasil melaju hingga babak grand final MPL Indonesia season 13.
MSC 2024. (Sumber: Instagram.com/@mpl.id.official)
Console04 Juli 2024, 13:31 WIB

Ini Dia Rekomendasi Permainan Gratis di Xbox Series X

Berikut adalah rekomendadi game gratis yang dapat kamu mainkan di Xbox Series X
Xbox Series X. (Sumber: Xbox)
Guides04 Juli 2024, 13:05 WIB

Panduan Praktis Backup Data Gunakan Google Drive di HP

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk melakukan backup data di HP menggunakan google drive
Ilustrasi backup data HP. (FOTO: Samsung)
Console04 Juli 2024, 12:31 WIB

Bisa Buat Mabar, ini 3 Game AirConsole yang Bisa Kamu Mainkan Bersama Teman

Game AirConsole adalah sebuah platform pilihan untuk memainkan game bersama teman-temanmu
Tampilan Game AirConsole (FOTO: AirConsole)
News04 Juli 2024, 12:00 WIB

Game Resident Evil Jadi Inspirasi Film Resident Evil dari Waktu ke Waktu

Sebagaimana kepopulerannya sebagai game, Resident Evil juga menuai kesuksesan di layar kaca.
Resident Evil 5 (Sumber: Capcom)
PC04 Juli 2024, 11:48 WIB

Cosplay Hewan, ini Rekomendasi Game PC Berlatar Dunia Hewan

Berikut ini adalah game PC yang memberikan sensasi pada pemainnya untuk memainkan peran sebagai hewan.
Ilustrasi Game Berlatarbelakang Hewan (FOTO: Pexels/Gustavo Fring)
Guides04 Juli 2024, 11:41 WIB

Ngga Perlu Panik, Begini Cara Ampuh Pulihkan Akun Instagram yang Hilang

Akun Instagram yang hilang bisa terjadi karena berbagai macam hal, dan kamu bisa memulihkannya dengan cara berikut.
Ilustrasi akun Instagram pirbadi (FOTO: Instagram)
Guides04 Juli 2024, 11:30 WIB

Panduan Praktis Backup Data di Laptop Gunakan Cloud

Berikut adalah langkah mudah untuk backup data di laptop yang bisa dilakukan sendiri menggunakan cloud.
Laptop gaming terbaru Lenovo LOQ 15IAX9I (FOTO: Lenovo)
E-Sport04 Juli 2024, 11:29 WIB

Hasil Pertandingan Fase Grup Hari Pertama MSC 2024, Dua Wakil Indonesia Beri Kejutan

Ajang MSC 2024 yang berlangsung di Arab Saudi, akhirnya telah dimulai dari babak grup, di mana Indonesia diwakili oleh Fnatic ONIC dan EVOS GLORY.
MSC 2024. (Sumber: Instagram.com/@mpl.id.official)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.