logo

Review Warcraft Rumble: Game Mobile Strategi yang Tawarkan Pengalaman Seru dan Menyenangkan

sentarozi
Rabu 15 November 2023, 21:16 WIB
Review Warcraft Rumble: Game Mobile Strategi yang Tawarkan Pengalaman Seru dan Menyenangkan (FOTO: Blizzard Entertainment)

Review Warcraft Rumble: Game Mobile Strategi yang Tawarkan Pengalaman Seru dan Menyenangkan (FOTO: Blizzard Entertainment)

Indogamers.com - Blizzard, studio game yang sudah melahirkan sejumlah game fenomenal seperti Starcraft, Diablo dan juga Warcraft, baru-baru ini mengeluarkan game mobile terbarunya berjudul Warcraft Rumble.

Game yang bergenre strategi ini menarik perhatian saya saat pertama kali melihat trailer gameplaynya. Warcraft yang dikenal sebagai game Real Tactics Strategy (RTS) yang sebelumnya biasa dimainkan di PC, kini hadir di perangkat mobile dengan gameplay yang berbeda.

Secara visual, Warcraft Rumble menampilkan karakter-karakter Warcraft dengan model-model yang imut dan tampak menyenangkan.

Namun, dibalik dari karakter yang ditampilkan secara imut itu, saya tidak menyangka kalau gameplay yang ditawarkan game ini cukup brutal dan menegangkan.

Warcraft Rumble

Gameplay yang menyenangkan

Gameplay yang ditawarkan oleh Warcraft Rumble sedikit mengingatkan saya dengan permainan battle card seperti Clash Royale besutan Supercell.

Sebelum masuk ke pertempuran, saya bisa mengatur terlebih dahulu, kartu mana saja yang mau saya masukkan ke dalam pertempuran, disesuaikan dengan strategi yang hendak saya gunakan.

Saat di dalam permainan, untuk menggunakan kartu itu, saya harus mengeluarkan emas, yang jumlahnya tertera di masing-masing kartu. Ini juga hal yang menentukan strategi yang saya gunakan.

Misalnya, saya ingin menggunakan strategi serangan cepat, maka saya akan memilih kartu dengan nilai emas yang kecil agar bisa dengan mudah dan cepat saya gunakan.

Warcraft Rumble

Namun, strategi ini bukan tanpa celah karena kartu dengan nilai emasnya kecil, biasanya bukan unit yang kuat.

Bedanya dengan Clash Royale, di dalam permainan juga disediakan tambang emas yang bisa saya gunakan.

Dengan menggunakan unit penambang, saya bisa menambang emas untuk mempercepat produksi emas, sehingga mempermudah saya untuk terus menggunakan kartu-kartu saat pertempuran.

Unit penambang bernama Kobold ini tersedia secara otomatis di dalam permainan. Jadi Saya tidak perlu untuk mengorbankan dek kartu yang saya hendak bawa.

Cara memainkan kartu-kartu itu di dalam permainan, kamu tinggal memilih kartu dan menentukan akan meletakkan kartu tersebut di jalur mana.

Sejauh ini dalam permainan ada 3 jalur yang bisa digunakan untuk menghancurkan markas musuh. Kamu bisa menggunakannya, sesuai dengan strategi yang ingin kamu terapkan.

Sistem Counter yang Ramah buat Pemula

Untuk unit yang ada di Warcraft Rumble, sama seperti game strategi lainnya, memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Bahkan hal menarik yang saya temui di game ini adalah adanya sistem counter ala gunting batu kertas.

Jadi unit di game ini di bagi 3 jenis yaitu unit jarak jauh, unit jarak dekat dan unit terbang. Unit jarak jauh bagus untuk melawan unit terbang, namun lemah dengan unit jarak dekat.

Warcraft Rumble

Sementara unit jarak dekat kuat untuk menghadapi unit jarak jauh namun unit ini lemah jika berhadapan dengan unit terbang. Kombinasi counter ini terus terang mengingatkan saya dengan model game-game Role Tactic Strategy (RTS) yang unit-unitnya punya counter masing-masing.

Sistem counter seperti ini menurut saya juga lebih mudah dipahami dan jadi salah satu kelebihan dari Warcraft Rumble. Bagi kamu yang baru memainkan game ini, tidak akan sulit untuk memahami sistem counter ini.

Serunya Skema PvP dan Misi Utama

Warcraft Rumble juga menawarkan kepada pemain untuk merasakan tegangnya berkompetisi dengan player lain yang dapat ditemui di sistem PvP.

Namun, bagi kamu yang tidak minat untuk melawan player lain, seperti saya, Warcraft Rumble tetap bisa dinikmati dengan adanya fitur campaign,  yang tentu saja tidak akan berisi narasi atau cerita yang terlalu berbelit-belit.

Warcraft Rumble juga hadir dengan fitur PvP yang juga tidak kalah serunya. Kamu bisa bersaing dengan sejumlah player, saling beradu strategi

Setiap kemenangan yang diraih akan memberikan saya sejumlah emas dan juga exp yang dapat digunakan untuk meningkatkan karakter yang ada atau membeli karakter baru yang ditawarkan di toko in game.

Oleh karena itu, sebagai player yang sukanya gratisan, saya harus mengulang misi sebelumnya yang pada titik tertentu akan membosankan, untuk mendapatkan XP yang cukup untuk mengupgrade unit-unit yang saya punya.

Apa yang menjadi Daya Tariknya?

Ada beberapa hal yang menurut saya menjadi daya tarik dari game ini. Pertama, nama besar Warcraft seolah menjadi jaminan kepada gamer bahwa game ini akan memberikan pengalaman gaming yang seru dan menyenangkan.

Kedua, Warcraft Rumble nyatanya memang menawarkan pengalaman gaming yang seru dan menyenangkan.

Menyusun dek kartu sebelum pertempuran, menentukan strategi yang digunakan, serta pertempuran yang berlangsung secara real time, bukan otomatis, merupakan aspek menegangkan yang sayang untuk dilewatkan.

Memilih Leader atau Hero di dalam tim, bisa sangat mempengaruhi prosentase kemenangan

Ketiga, permainan berlangsung dalam waktu yang singkat, yaitu 3 menit, membuat saya tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk memainkannya. Apalagi jika saya memilih hanya untuk memainkan misi campaign saja yang bisa dipause kapan pun.

Keempat, meski mungkin banyak yang tidak menyadari, game dengan model portrait seperti Warcraft Rumble ini menurut saya juga membuat kenyamanan tersendiri untuk memainkannya.

Memainkan Warcraft Rumble, jika diperlukan bisa dengan hanya menggunakan tangan satu saja, meski hal ini tidak saya rekomendasikan mengingat layar HP dari waktu ke waktu juga sudah semakin lebar.

Kesimpulan

Saya pribadi tidak melihat Warcraft Rumble akan menjadi game yang bisa membuat saya kecanduan dan menghabiskan waktu luang seperti game-game mobile lainnya.

Saya menganggap Warcraft Rumble hanya akan menjadi game selingan yang dimainkan sesekali saat beristirahat, tapi tidak akan menghabiskan waktu luang dan energi untuk bersenang-senang dengan game mobile.

Warcraft Rumble

Tapi tetap harus saya harus akui bahwa Warcraft Rumble juga membawa nuansa nostalgia saya dengan salah satu game RTS favorit dan terbaik di masanya, selain juga menjadi game mobile dengan gameplay menarik dan menyenangkan.

Jika tertarik untuk mencobanya, kamu bisa unduh Warcraft Rumble yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Selamat mencoba!

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Berita Terkait
Console

Beda dengan Mortal Kombat 1, Hogwarts Legacy Sukses Berjalan dengan Baik di Nintendo Switch

Rabu 15 November 2023, 15:14 WIB
undefined
Infografis

Daftar Pemenang Game of the Year dari Masa ke Masa, Ada yang belum Kamu Mainkan ?

Rabu 15 November 2023, 15:37 WIB
undefined
Console

Hogwarts Legacy Kini Rilis di Nintendo Switch, Terungkap Alasan Sempat Ditunda

Rabu 15 November 2023, 15:38 WIB
undefined
Console

6 Seri Game Harvest Moon yang Paling Unik

Rabu 15 November 2023, 16:02 WIB
undefined
Console

Fans Luapkan Kekesalannya Usai Hogwarts Legacy Gagal Masuk Nominasi The Games Awards 2023

Rabu 15 November 2023, 16:08 WIB
undefined
Gadget

Bedah Spesifikasi dan Fitur Canggih Garmin Venu 3, Lebih dari Sekadar Gaya-gayaan Lho!

Rabu 15 November 2023, 19:27 WIB
undefined
Gadget

Tips Mudah Menghemat Kuota Data di HP Android, Bikin Kantong Nggak Jebol

Rabu 15 November 2023, 17:53 WIB
undefined
Community

Daftar Tim Esports Indonesia dengan Fans Terbanyak Berdasarkan Jumlah Subscriber YouTube

Rabu 15 November 2023, 18:19 WIB
undefined
Gadget

4 Penyebab Utama Memori HP Android Cepat Penuh dan Cara Mudah Mengatasinya

Rabu 15 November 2023, 19:47 WIB
undefined
PC

6 Keunggulan Samsung Odyssey OLED G9, Bikin Nggak Pikir Panjang Buat Memilikinya

Rabu 15 November 2023, 20:21 WIB
undefined
News Update
News19 Mei 2024, 20:36 WIB

UGM Juara Esport Campus Leader 2024 Setelah Kalahkan UTY

Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih gelar juara kompetisi Esport Campus Leader (ECL) 2024 setelah mengalahkan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dengan skor 3-0.
UGM Esports juara ECL 2024. (Foto: Yoan/Indogamers)
Guides19 Mei 2024, 20:01 WIB

Cara Mengaktifkan Kembali Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Secara Online

Mengaktifkan kembali atau reaktivasi kartu Telkomsel, bisa kamu lakukan secara online dengan cara seperti berikut.
Ilustrasi penggunaan kartu SIM Telkomsel (FOTO: Flip.id)
E-Sport19 Mei 2024, 19:38 WIB

Perjalanan Tim UTY & UGM Tembus Final Esport Campus Leader 2024

Final kompetisi Esport Campus Leader (ECL) 2024 mempertemukan Tim UTY Esports vs UGM Esports, Minggu (19/05/2024).
Final ECL 2024 mempertemukan UTY Esports vs UGM Esports, Minggu (19/05/2024).
Gadget19 Mei 2024, 19:02 WIB

3 Cara Mudah Membaca Pesan WhatsApp tanpa Perlu Membukanya

Untuk melihat pesan WhatsApp tanpa membuka pesannya sebenarnya cukup mudah dilakukan seperti langkah berikut.
Ilustrasi WhatsApp (FOTO: pinterest.com)
Guides19 Mei 2024, 18:01 WIB

Cara Aktifkan Quiet Mode Instagram Beserta Kegunaannya

Quiet Mode Instagram atau mode senyap Instagram merupakan fitur yang berguna untuk mematikan notifikasi Instagram selama periode tertentu.
Ilustrasi saat Quiet Mode Instagram diaktifkan (FOTO: Meta)
Guides19 Mei 2024, 17:22 WIB

3 Langkah Teleport ke Village di Minecraft bagi Pemula, Mudah Banget

Apakah kamu sedang berpetualang di dunia Minecraft dan penasaran bagaimana cara cepat teleportasi ke desa? Berikut langkah-langkah dan prompt-nya.
Teleportasi di Minecraft. (Sumber: Lifewire)
Gadget19 Mei 2024, 17:05 WIB

5 Kelebihan Infinix GT 20 Pro 5G, HP Gaming Terbaru dari Infinix

Infinix GT 20 Pro 5G kemungkinan akan dibandrol dengan harga Rp4,5 jutaan.
Smartphone gaming terbaru, Infinix GT 20 Pro 5G (FOTO: Infinix)
Gadget19 Mei 2024, 16:08 WIB

Spesifikasi dan Harga HP Gaming Infinix GT 20 Pro 5G yang Futuristik

Infinix GT 20 Pro memiliki sejumlah perubahan dari generasi sebelumnya, seperti sektor desainnya.
Infinix GT 20 Pro (FOTO: Gsmarena)
Guides19 Mei 2024, 15:06 WIB

Mengenal Fungsi Armor di Minecraft dan Cara Membuatnya

Apakah kamu masih bingung dengan armor di game Minecraft? Berikut fungsi dan cara membuatnya.
Armor di Minecraft. (Sumber: Captain Sparklez)
Guides19 Mei 2024, 14:05 WIB

Cara Termudah Miliki Mobil di Game Minecraft Bedrock Edition

Berikut panduan cara memiliki mobil di game Minecraft Bedrock Edition dengan mudah.
Mobil di Minecraft Badrock Edition. (Sumber: GameLoop)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.