Review ASUS ROG Cetra : Keistimewaan Earphone Gaming yang Sebenarnya!

Olla/Indogamers

IDGS - Game menjadi sebuah trendsetter masa kini. Mengenai hal tersebut, di Indonesia sendiri dikalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua pun tak luput dengan kegiatan bermain game mulai dari perangkat konsol, PC hingga Mobile.

Namun dinamika perangkat mobile lebih populer dari perangkat game lainnya. Faktor ini lebih dalam penggunaan yang terkesan fleksibel dan bisa dibawa kemana saja. Selain itu para perusahaan bisnis yang bergerak di bidang teknologi menciptakan perangkat mobile dengan kualitas spesifikasi mumpuni namun dengan harga terjangkau, penempatan market yang pas berbanding lurus dengan game-game masa kini. Perangkat mobile mumpuni enggak akan sempurna jika di kombinasi dengan perangkat audio seperti peribahasa "Bagai Sayur Tanpa Garam". Inilah mengapa peripheral sangat penting demi meningkatkan kegunaannya. 

Mengacu kembali kepada game-game mobile masa kini yang ada di Indonesia, sudah banyak genre game yang dimainkan mulai dari First-Person Shooter (FPS), Multiplayer of Battle Arena (MOBA), Arkade, Balapan, Role Playing Game (RPG), Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) hingga Battle Royale.

Dari banyak genre mobile tersebut, game FPS dan Battle Royale sangat maksimal dalam penggunaan perangkat audio, peran ini membuat ASUS melirik hal tersebut. Salah satu perusahaan teknologi terkemuka yang memiliki market share di Indonesia hingga 57%, memberikan formula kepada para gamer dengan melahirkan In-Ear Headphones gaming yang diberikan nama ASUS ROG Cetra yang akan menjadi jurus baru untuk ASUS di lini gaming dengan tipe In-Ear Headphones atau bahasa terminologi yang digunakan orang kebanyakan, earbuds atau pun earphones. 

Indogamers diberikan kesempatan oleh ASUS untuk mencoba langsung unit ASUS ROG Cetra. Setelah melakukan pemakaian selama 2 minggu, ada beberapa hal menarik yang membuat saya ingin menuangkan informasi kedalam artikel ini untuk pembaca setia IDGS.

Setelah membaca artikel ini mungkin dari kalian tertarik ingin membeli ASUS ROG Cetra ? hehe. Skuy simak artikelnya.

Spesifikasi yang diusung ASUS ROG Cetra :

  • Konektor : USB Type-C
  • Kompatibel : PC, Mobile, Nintendo Switch
  • Berat : 26 g
  • Kabel : 1.25 meter
  • Tipe Microphone: Omni-directional
  • Respon Frekuensi : 20 - 40000 Hz
  • Mode : Active-noise-cancelling
  • Sensitif suara : -40 ¬± 3 dB

Olla/Indogamers

Isi kemasan yang ada di dalam kotak produk ROG Cetra :

  • Earphone ROG Cetra
  • 1 Tas Khusus Earphone ROG Cetra
  • 3 Sirip Telinga (Fin) dengan Ukuran Berbeda¬†
  • 3 Ujung Silikon dengan Ukuran Berbeda
  • 1 Ujung Foam
  • 1 Klip Kabel
  • 1 Quick Start Guide

Desain Oke dan Fitur Mendukung Gaming

Olla/Indogamers

Membawa nama embel gaming, tentu saja faktor desain ROG Cetra menjadi salah satu yang diutamakan. Memulai dengan melihat kepala ROG Cetra terlihat menawan karena bentuknya yang tidak biasa dengan earphone lainnya. Satu hal lagi, Leher ROG Cetra memiliki ukuran lumayan panjang dan solid untuk mengfungsikan kestabilan kabel agar tidak mudah terlipat.

Pada di bagian permukaan terdapat logo identik ROG yang menyala berwarna merah jika di colok ke device pendukung. Karena dari itu orang yang melihat sudah tahu bahwa itu brand ROG.

Pada silikonnya sangat empuk menempel ke lubang telinga memberikan kenyamanan untuk pengguna dalam waktu yang lama. Selain itu juga, sirip dari ROG Cetra memiliki kelenturan, saat dipasang antara daun telinga kita terasa nyaman menempel, Ini sangat dibutuhkan untuk gamer yang menghabiskan waktu berjam-jam menggunakan headset ini.

Jika terasa risih karena tidak sesuai dengan ukuran lubang telinga maupun daun telinga, kalian bisa menggantinya. ROG Cetra menyediakan 3 bentuk silikon dan 3 ukuran sirip ergonomis yang terdapat di isi kemasan. 

Berlanjut pada bagian tengah dari ROG Cetra, terdapat in-line controller yang mengatur jalannya berbagai penggunaan seperti 3 tombol sejajar mulai dari atas fungsi sebagai tombol pembesar volume, tombol multi fungsi, tombol mengecilkan volume. 

Olla/Indogamers

Pada sisi samping in-line controller terdapat sebuah tombol menurut saya istimewa, bayangkan saja saat bermain game atau mendengarkan musik tetapi suara dari kebisingan menutupi kenikmatan audio dalam Mobile kalian, jelas akan merusak suasana.

Dan inilah kenapa saya bilang itu istimewa. Didalam tombol itu ROG Cetra menyematkan fitur Active Noise Cancellation (ANC), jika kalian belum tahu apa itu ANC ?. Suatu teknologi yang membuat suara bising dari luar tidak masuk kedalam earphone dan tidak mengganggu suara pada earphone. Maka hasilnya telinga kalian terisolasi dengan penuh dan membuat suara dari luar berkurang secara pasif.

Selain Active Noise Cancellation, ada juga fitur Ambient Mode. Melalui fitur tersebut, kalian tidak perlu lagi melepas earphone untuk mendengar suara dari luar. Cukup aktifkan Ambient Mode, dan suara dari luar otomatis masuk, namun kamu tetap juga bisa mendengarkan suara dari earphone tersebut

Saat bermain game tentu membutuhkan alat komunikasi untuk mengobrol dengan teman-teman, dalam hal ini ROG Cetra menyajikan Mikrofon omni-directional yang terletak di antara kepala earphone dan tombol in-line controller.

Koneksivitas

Olla/Indogamers

Untuk urusan konektivitas, ROG Cetra tidak menyematkan Audio Jack 3.5mm, melainkan menggunakan konektor USB Type-C. Hal tersebut memang tidak mengherankan, karena berbagai device seperti laptop atau smartphone, hingga konsol seperti Switch dan kedepannya PlayStation 5 juga juga menggunakan USB Type-C. Untuk urusan future proof, ROG Cetra memang menjanjikan. Oh ya, satu hal yang disayangkan adalah ASUS tidak menyediakan konverter untuk Audio Jack 3.5mm.

Pengalaman Bermain Game dan Mendengarkan Musik

Olla/Indogamers

Saya mencoba menjajal bermain game Call of Duty Mobile dan PUBG Mobile menggunakan earphone ini selama berjam-jam. Hasilnya cukup puas, karena earphone ROG Cetra teknologi ASUS Essence driver. Saat bertemu musuh suara langkah kaki yang dihasilkan terasa jelas dan suara tembakan pun terasa jernih tanpa ada mengganggu kesehatan telinga seperti saja menggunakan headset gaming. Suara dihasilkan terasa pas, tidak terlalu cempreng, bass tidak berlebihan, dan berbagai detail suara yang dihasilkan dari sebuah lagu benar-benar terdengar dengan baik.

Kesimpulan 

Saya merasakan keunikan ROG Cetra, karena jarang ada desain perangkat audio game yang didesain dalam bentuk in-ear headphone (earbuds / earphone) yang masih mampu menawarkan cita rasa gaming yang kental lewat sisi desain dan dukungan perangkat lunak. Selain keunikannya, dijadikan andalan untuk menikmati konten-konten multimedia yang bisa memanfaatkan fitur isolasi suaranya dengan lebih maksimal, seperti saat fokus bermain game, nonton film di mobile, dengar musik sportify atau aplikasi lain dan aktifitas lainnya.

Dukungan paket penjualan yang terhitung lengkap namun kekurangan konverter USB-C ke USB-A dan audio jack 3.5mm dan akses Ambient Mode yang mudah saat Anda butuh sedikit kewaspadaan ekstra. Kehadiran mic built-in juga berarti membuatnya bisa diandalkan untuk proses chatting in-game atau mungkin proses live-streaming jika Anda menginginkannya.

Display bisa dicoba di Erafone & Urban Republic dan bisa langsung Pre-order sebelum kehabisan di e-tailer. Sesuai dengan fitur keunggulan yang ditawarkan, harga ROG Cetra dibanderol dengan harga IDR 1.550.000 dan untuk pembelian tersedia di blibli.com.

(OAA/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI