Mengenal Game Kelana Boga dan Cotton Match, Permainan Pangan Lokal dan Tenun Tradisional Indonesia yang akan Diluncurkan di Jogja

Kelana Boga, game lokal yang mengangkat budaya Indonesia akan diluncurkan di Kota Jogja. (FOTO: Tangkapan Layar/GooglePlay)

Indogamers.com-Di tengah gempuran game asing nan modern, ternyata masih ada pengembangan game lokal yang mengangkat budaya Indonesia, Kelana Boga dan Cotton Match.

Kedua permainan ini merupakan inisiasi Global Environment Facility Small Grants Programme Indonesia (GEF SGP), program internasional yang bertujuan untuk mendukung proyek-proyek berbasis komunitas yang berfokus pada pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat lokal.

Game Kelana Boga (pangan lokal)

Kelana Boga, merupakan permainan yang mengusung misi untuk memperkenalkan dan

memberikan edukasi mengenai masakan Indonesia melalui genre casual game, permainan ini akan hadir sebagai suatu inovasi yang memadukan keseruan permainan dengan edukasi pangan lokal.

Melalui permainan ini diharapkan dapat memberikan aktivitas yang lebih menarik dan efektif dalam mengedukasi kalangan muda, perempuan, dan kelompok marginal mengenai beragam tanaman pangan lokal Nusantara beserta olahannya.

Baca Juga: Game Lokal DreadOut Remastered Siap Meluncur ke PlayStation 5 dan Switch

Permainan Kelana Boga menawarkan dua tipe mekanik utama yang menarik. Pertama adalah mekanik Match-3 yang diterapkan dalam segmen dapur.

Di sini, pemain ditantang untuk merangkai tiga atau lebih ikon bahan masakan guna mengumpulkan bahan makanan yang dibutuhkan. Setiap permainan match-3 akan menghasilkan masakan jadi yang kemudian akan dijual di segmen Resto.

Jumlah bahan masakan yang dikumpulkan harus memenuhi target sebelum waktu atau langkah habis. Sementara itu, mekanik Idle Game digunakan dalam segmen Resto.

Pemain tidak perlu melakukan input apa pun karena penjualan makanan secara otomatis berjalan di sini. Pembeli akan datang secara otomatis (NPC) dan membayar masakan yang mereka pesan dengan sejumlah perak.

Mereka juga berpotensi memberikan tip jika puas atau mengembalikan masakan jikatidak puas.

Direncanakan dirilis di Play Store untuk platform Android dan di App Store untuk iOS, saat ini Kelana Boga sedang dalam tahap Open Testing Early Access untuk versi Android di mana para pemain diharapkan dapat memberikan umpan balik untuk permainan ini.

Cotton Match (Tenun Tradisional Indonesia)

Tenun di Indonesia mulai langka dan terancam hilang. Melalui “Cotton Match”, Wisageni, penerima hibah GEF SGP, ingin memperkenalkan kembali keindahan kerajinan tenun Indonesia ke generasi muda dengan cara yang mengasyikkan.

Wisageni mengusung casual game dengan tema yang unik. Visual dari keseluruhan permainan ini pun diadaptasi secara langsung dari motif-motif tenun tradisional Indonesia khas berbagai daerah, seperti Tenun Jepara, Tenun Makassar, Tenun Tolaki khas Sulawesi Tenggara, Tenun Pauf Mollo khas Timor Tengah Selatan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mengenal Game Citampi Stories, Harvest Moon versi Indonesia yang Kental Kearifan Lokal

Pemain akan mendampingi karakter di dalam cerita, merenovasi dan menghidupkan kembali butik tenun warisan keluarga.

Cara bermain permainan ber-genre match-3 ini pun sangat mudah. Pemain hanya perlu mencocokkan minimal 3 warna gulungan benang yang sama dan menyelesaikan misi disetiap levelnya sebelum langkah mereka habis.

Tiap kali sebuah level berhasil dilewati, pemain akan mendapatkan sebuah bintang yang dapat digunakan untuk membeli item baru dan mengisi butik tenun. Berbagai macam tantangan akan muncul di setiap level.

Baca Juga: Sudah Didownload 1 Juta Kali, Siapa Pencipta Game Citampi Stories?

Saat ini, permainan Cotton Match sudah dibuat hingga mencapai level 100 dan akan terus bertambah seiring waktu.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI