logo

Review REXUS TWS FX1 - Apakah Cukup Nyaman?

INDOGAMERS
Minggu 26 Juli 2020, 17:27 WIB
Detail letak MFB Rexus TWS FX1

Detail letak MFB Rexus TWS FX1

INDOGAMERS.ID Terkadang kita merasa terganggu dengan jack ataupun kabel headset saat bermain gim maupun sekadar aktivitas multimedia dengan handphone. Makin banyaknya TWS/ True Wireless Stereo beredar di pasaran bisa menjadi opsi.

Tim Review IDGS kedatangan unit TWS earphone untuk dirasakan. Bukan, bukan untuk dimakan, tapi dirasakan dengan indera pendengaran. Atau mungkin bisa juga dengan perasaan. Back to topic, unit review kali ini sesuai judul yaitu REXUS TWS FX1.

Menggunakan chipset bluetooth PAU1606, REXUS TWS FX1 diklaim memberikan kualitas komunikasi tanpa delay. Namun di box kemasan, tertulis jelas low latency for gaming. Kok bisa beda ya? Mari kita kupas REXUS TWS FX1 ini biar kamu tidak bingung.

Box Kemasan Rexus TWS FX1

Kemasan

Tim Review IDGS merasa desain luar box kemasan REXUS TWS FX1 bisa dikatakan agak ramai. Kami lebih menyukai desain simple seperti DAXA Pro Wireless Mouse mereka. Namun hal positif di kemasan luarnya adalah potongan setengah lingkaran di sisi kiri dan kanan. Bagian terpotong tersebut mempermudah pengguna untuk membuka kemasan. Bagian dalam kemasan cukup simple dan sudah oke.

Di dalam kemasan, kita mendapatkan;

  • Sepasang unit REXUS TWS FX1
  • Charging box 300mAh
  • Kabel micro-USB
  • 2 pasang ear tips cadangan (2 ukuran)
  • Buku panduan dan kartu garansi

Desain dan Kenyamanan Unit

Kami menyukai desain bentuk dari REXUS TWS FX1, cukup compact dan nyaman digunakan. Panjang unit yang tidak sampai 3cm dengan sekitar 0,7cm bagian lebih kecil di bawah setelah lekukan, kami rasa desain yang oke. Bagian lebih kecil tersebut membantu kita dalam pemasangan, pelepasan, maupun pengaturan posisi. Ibu jari kita nyaman memegang bagian belakang, telunjuk di tengah dan jari tengah di bagian depan. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun ini salah satu hal menarik dan berguna bagi kenyamanan pengguna.

Tombol fisik multi function button (MFB) di kiri dan kanan bagian depan REXUS TWS FX1 menjadi hal menarik berikutnya. Mungkin di antara kalian ada yang lebih suka tombol sensor sentuh daripada fisik. Namun bagi Tim Review IDGS, tombol fisik ini terasa lebih nyaman. MFB yang ada bisa meminimalisir pengoperasian tombol/ sensor secara tidak sengaja dilakukan pengguna. Di depan? Bukankah malah bisa tidak sengaja terpencet? Kembali ke topik desain bentuk sebelumnya, itulah salah satu keindahan desain fungsional bagian lebih kecil pada TWS ini. Jari tengah pengguna akan berada di bagian setelah lekukan tersebut tanpa bersinggungan dengan MFB.

Detail letak MFB Rexus TWS FX1

Hal subjektif yang tidak kami suka dari desain unit REXUS TWS FX1 adalah warna bagian sisi terluar dan logo REXUS. Warna silver metalik kami rasa membuat terkesan seperti unit murahan. Mungkin warna all black akan membuat kesan lebih simple dan garang. Logo REXUS dengan warna abu terkesan mati karena silver metalik di permukaan memantulkan refleksi yang tidak nyaman di mata kami.

Kualitas Suara

Sebelum lanjut ke kualitas suara, pengujian memakai handphone Andorid, tidak kami lakukan pengetesan di iOS (iPhone). Kami menyarankan menggunakan REXUS TWS FX1 di mode low latency. Tim Review IDGS merasa kurang nyaman menggunakan tanpa mode itu untuk multimedia dan bermain gim.

Pengujian dengan software Audio Tester dari BARUM, pada mode non low latency, latency terbaca di 200 300ms. Tidak menentu, terkadang 200ms, terkadang melebihi 250ms. Pada mode low latency diaktifkan, terbaca letency di angka 100ms. Dari pengalaman penggunaan dan hasil pengetesan dengan Audio Tester, bisa disimpulkan menggunakan earphone ini wajib mengaktifkan mode low latency. Mode tersebut bisa dilakukan dengan menekan 3 kali MFB hingga terdengar suara perempuan berkata low latency.

Untuk penggunaan multimedia seperti mendengarkan musik, menonton file video, atau melihat video Youtube, delay dirasa sangat tipis di mode low latency. Bisa dibilang hampir tidak terasa. Jika melihat video orang berbicara atau bernyanyi, visual dan suara cukup sinkron. Digunakan untuk memutar video musik rap pun terasa cukup sinkron. Untuk komunikasi sambungan suara, dirasa tidak ada masalah berarti untuk latency.

Beralih ke latency saat bermain video gim. REXUS TWS FX1 terbilang cukup oke digunakan bermain sebagian besar gim yang kami mainkan. Pengetesan bermain gim ringan, MOBA (seperti Mobile Legends), dan Sports/ Racing (seperti PES dan Asphalt), hampir tidak terasa adanya delay di mode low lantency. Namun untuk bermain gim FPS (kami mengetes bermain PUBGM), kami mendapatkan 3 pendapat berbeda. Ada yang berkata delay tipis hampir tak terasa, delay terasa tapi bisa diterima, dan delay mengganggu permainan. Satu kesimpulan dari tiga pendapat tersebut adalah, semua pengguna merasakan delay saat bermain PUBGM. Kami berpendapat bahwa target utama penjualan gaming TWS ini bukan untuk pemain gim FPS (PUBGM di pengetesan). Itu hanya pendapat kami, kami tidak tahu tipe gamer yang ditargetkan REXUS untuk REXUS TWS FX1.

Kualitas suara REXUS TWS FX1 terbilang cukup bagus. Catatan sebelum kamu lanjut membaca review, earphone ini tidak cocok untuk basshead/ penikmat bass. Kulitas bass bisa diterima dengan penilaian cukup. Mengesampingkan kualitas bass, kami merasa nyaman mendengar suara yang dihasilkan saat mendengarkan musik. Pengetesan mendengarkan musik dengan music player tanpa equalizer, hanya flat/ normal tanpa efek lain pula. Stereo channel kiri kanan terdengar cukup enak, detail suara instrumen musik yang digunakan pun cukup oke karena semua terdengar. Pada volume mentok 100% tidak menusuk dan menggangu telinga. Namun kami menyarankan maksimal pada 80% saja. Tidak menakjubkan, namun cukup oke dikarenakan beberapa poin yang disebutkan sebelumnya.

Kualitas suara yang dihasilkan mic bagaimana? Ya, bisa kami katakan standar, tidak ada yang spesial untuk urusan mic. Pengetesan dilakukan dengan telepon seluler (pulsa). Suara yang dihasilkan dengan discord, cukup baik-baik saja. Untuk unit handphone yang dipakai (Samsung Note8), suara dihasilkan dari sambungan suara terdengar lebih baik menggunakan internal handphone daripada REXUS TWS FX1.

Daya Tahan Baterai dan Pengisian Ulang Daya

Per-unit earphone kiri dan kanan, masing-masing memiliki kapasitas baterai 45mAh. Kapasitas daya charging box adalah 300mAh. Dengan penghitungan sepasang REXUS TWS FX1 menampung 90mAh, charging box mampu digunakan hingga 3 kali pengisian ulang daya earphone. Jadi kamu tidak perlu takut kehabisan daya.

Hal menjadi pertanyaan bagi Tim Review IDGS terletak pada tidak sinkronnya daya earphone sebelah kanan dan kiri. Kondisi sama-sama terisi penuh 100% (dicek di handphone), salah satu earphone akan kehabisan daya lebih cepat sekitar 30 menit. Kami tidak tahu apakah ini cacat produk yang kami terima atau memang murni karena perbedaan daya yang dibutuhkan di setiap channel stereonya. Perbedaan 30 menit itu kami rasa cukup menimbulkan pertanyaan.

Di luar pertanyaan kami mengenai perbedaan durasi daya baterai, durasi habis baterai tercepat adalah sekitar 3 jam 54 menit (kami ambil rata-rata). Sedangkan durasi terlama adalah 4 jam 33 menit (rata-rata). Kemampuan durasi tersebut ketika digunakan terus menerus dengan mode low latency diaktifkan dan volume maksimal 80%.

Kesimpulan

Sebelum memulai kesimpulan, harga REXUS TWS FX1 saat ini di offical store Tokopedia mereka adalah Rp 399.000,-.

Kelengkapan Rexus TWS FX1

Ada hal yang tak disebut sebelumnya di review ini. Ya, software dukungan. Tidak ada software dukungan yang disediakan oleh REXUS untuk TWS earphone mereka. Secara subjektif, tidak adanya software menjadi kekurangan tersediri jika dibandingkan dengan produk lain di kelas harga yang sama. Untuk Tim Review IDGS sih menilai ini sebagai kekurangan meskipun tidak ada masalah tanpa software sejauh ini menggunakan REXUS TWS FX1. Ini adalah hal esensial yang mungkin ada pengguna membutuhkannya untuk memudahkan pengoperasian.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan TWS dengan kualitas suara cukup oke di kelas harga ini, REXUS TWS FX1 bisa menjadi pilihan kamu. Ketika kamu bukan basshead dan bukan gamer FPS dengan kepekaan tinggi akan suara in-game, kami merekomendasikan produk REXUS ini dengan penilaian cukup oke. Namun jika kamu sebaliknya, ada baiknya kamu mencari pilihan di kelas harga yang lebih tinggi pastinya. Bukan berarti produk ini tidak bagus. Jika kamu ingin menggunakan TWS ini bermain PUBGM untuk bersenang-senang saja, kami masih menganggap cukup oke.  Namun kami merasa, segmen penjualannya bukan untuk kamu yang basshead dan heavy gamer FPS.

Pendapat pribadi Tim Review IDGS, unit headset dengan kabel tetap masih menjadi pilihan pertama untuk kelas gamer pro atau music enthusiast.

Secara keseluruhan, REXUS TWS FX1 kami berikan penilaian cukup oke di kelas harganya (TWS). Mantap REXUS!

 

(IDGS/ deJeer)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
Mobile05 Juli 2024, 03:38 WIB

Daftar Skin Nana di Mobile Legends, Bikin Lawan Jadi Jengkel

Nana merupakan salah satu hero mage support terkenal menyebalkan di Mobile Legends, serta memiliki beberapa skin yang dapat digunakan.
Nana Mobile Legends (FOTO: Repro/Moonton)
E-Sport05 Juli 2024, 03:12 WIB

5 Pasangan Hero Mobile Legends yang Menjalin Asmara

Tak hanya sebagai permainan, tetapi ada kisah cinta di balik para hero Mobile Legends yang dikemas dengan cerita yang menarik.
Miya Mobile Legends (FOTO: Repro/Moonton)
Mobile05 Juli 2024, 01:37 WIB

Rekomendasi 5 Game Mirip Minecraft, Bisa untuk iPhone dan Android!

Game Minecraft menjadi salah satu jenis permainan sandbox legendaris dan bisa dibilang sebagai pelopornya. Game ini dapat membangun kreativitas pada setiap pemain.
Portal Nether. (Sumber: Minecraft)
E-Sport05 Juli 2024, 01:11 WIB

5 Coach Mobile Legends yang Pamit Usai Gelaran MPL ID S13

Usai pertandingan MPL Indonesia Season 13, banyak para coach yang pamit mengundurkan diri dari timnya, seperti RRQ Hoshi, Bigetron Alpha, dan Rebellion Esports.
Coach Vren (FOTO: YouTube/Team RRQ)
Mobile04 Juli 2024, 23:36 WIB

20 Game untuk Pengguna iPhone, Dijamin Bikin Ketagihan!

Meskipun iOS jarang dipakai untuk mengunduh game di dalamnya dengan alasan takut membuatnya menjadi berat, tetapi banyak jenis game ringan bisa untuk dimainkan.
iPhone (FOTO: AirDroid)
E-Sport04 Juli 2024, 23:10 WIB

Coach Razeboy Resmi Pisah dengan BTR Alpha, Selanjutnya Berlabuh Kemana?

Kabar mengejutkan kembali hadir dengan pisahnya Coach Razeboy dari Bigetron Alpha dan tidak memberikan komentar akan berlabuh ke mana kedepannya.
Coach Razeboy Bigetron Alpha (FOTO: Labviral.com/Ica Juniyanti)
E-Sport04 Juli 2024, 21:35 WIB

Profil Roster Fnatic ONIC, Perwakilan Tim MLBB Indonesia di MSC 2024

Fnatic ONIC menjadi salah satu perwakilan yang bertanding di Mid Season Cup (MSC) 2024 Riyadh, Arab Saudi dan tidak adanya perubahan roster.
Fnatic Onic (FOTO: MPL Indonesia)
Guides04 Juli 2024, 21:09 WIB

Stardew Valley: Cara Mudah Dapat Item Secara Halal

Cara mudah dapatkan item dan uang secara halal di Stardew Valley.
Bus di Stardew Valley (FOTO: GameRant.com)
Guides04 Juli 2024, 20:25 WIB

Cara Membuat Map di Minecraft dengan Mudah

Berikut panduan langkah demi langkah cara membuat map atau peta di game Minecraft dengan mudah.
Peta di Minecraft. (Sumber: Bussines Insider)
Guides04 Juli 2024, 19:34 WIB

Cara Main dan Instal Stardew Valley, Game PC Ringan Tema Berkebun

Cara instal game Stardew Valley, permainan dengan tema berkebun. Game PC yang sangat ringan!
Stardew Valley (FOTO: Stardew Valley)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.