logo

Review Lenovo Ideapad Gaming 3i – Kasual Atau Ngegas Ayo Saja

INDOGAMERS
Selasa 04 Agustus 2020, 02:56 WIB
Performa Blender Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Performa Blender Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

INDOGAMERS.ID - Sebelumnya, kami pernah membahas peluncuran lini terbaru laptop Lenovo. Kali ini Tim Review IDGS baru mendapatkan kesempatan untuk menjajal salah satu lini terbaru tersebut. Terima kasih untuk Zeno Group mewakili Lenovo Indonesia, kami berkesempatan untuk mencoba secara langsung performa dari Lenovo IdeaPad Gaming 3i. Unit review yang kami tes adalah varian;

  • Prosesor¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Intel Core i7-10750H
  • GPU¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : GeForce GTX 1650 4GB GDDR6
  • RAM¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : 16GB DDR4 (Dual Channel)
  • Harga¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Rp 15.849.000,- (Berdasar Offical Store Lenovo di Tokopedia)

Apakah unit laptop Lenovo IdeaPad Gaming 3i ini oke untuk gaming? Oke juga kah untuk kebutuhan lain seperti editing atau membuat konten? Mari kita ulas laptop dengan desain sederhana namun terlihat elegan ini.

Spesifikasi

Memakai prosesor Intel Core i7-10750H , tidak diragukan lagi memberikan performa oke di sisi kinerja prosesor. GPU GeForce GTX 1650 4GB GDDR6 sebagai dapur pacu grafis Lenovo IdeaPad Gaming 3i, bisa dikatakan cukup untuk menjalankan game kekinian. Ya, GTX 1650 ini sudah memakai versi GDDR6. RAM 2x8GB DDR4 2933Mhz dirasa lancar untuk kebutuhan multitasking. Kebutuhan storage, kamu akan mendapatkan NVMe PCIe SSD berkapasitas 512GB.

Di bagian layar, kamu akan mendapatkan layar 15.6 dengan refresh rate 120Hz. Webcam 720p dibenamkan di bagian bezel atas dengan fitur TrueBlock Privacy Shutter. Kamu bisa menggeser tombol untuk membuka dan menutup webcam. IdeaPad Gaming 3i memakai Advanced Gaming Keyboard dengan backlit berwarna biru dan full-size number pad. Posisi trackpad diposisikan sebelah kiri tepat di bawah tombol space untuk memberikan kenyamanan penguna.

Lenovo IdeaPad Gaming 3i ditenagai baterai 45Wh, dengan Rapid Charge Pro. Daya baterai ini terbilang cukup untuk mobilitas. Berbicara mobilitas, laptop ini sudah dibenamkan WiFi 6 (802.11 AX 2x2 + Bluetooth 5.0). Port yang diberikan adalah Headphone/ Mic Combo, USB 3.1 Gen 1 (Type-C), 2x USB Gen 3.1 (Type-A), HDMI 2.0, Ethernet RJ-45, dan Power Input.

Lenovo IdeaPad Gaming 3i yang kami review dibekali OS Win 10 Home Single Language dan Microsoft Office Home & Student 2019. Untuk pembelian, akan mendapatkan Accidental Damage Protection, dan Onsite Warranty.

Desain dan Build Quality

Pertama, Lenovo IdeaPad Gaming 3i secara build quality sudah memilki sertfikasi Military Grade Testing  MIL-STD-810G. Dengan sertifikasi ini berarti mampu; bertahan 4 jam di suhu dingin dan panas antara -25 hingga 63 °C, tahan banting dari ketinggian 122cm, dan akan getaran 4 hingga 33Hz selama 2 jam. Masih kurang? Lenovo juga memberikan Accidental Damage Protection selama satu tahun dan Onsite Warranty selama dua tahun. Garansi dapat digunakan untuk berbagai kerusakan dari tumpahan kopi, terjatuh dari meja, malfungsi keyboard, hingga LCD retak. Jadi untuk mobilitas, laptop ini dirasa aman.

Unit Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Dikemas dalam dimensi ukuran 359mm x 249.6mm x 24.9mm dan berat 2,2kg, bisa dikatakan laptop ini bukan tipe laptop ramping dan ringan. Meski bukan tipe laptop ringan dan sedikit memakan tempat, hal ini bisa dimaklumi untuk laptop dengan label gaming. Toh Lenovo IdeaPad 3i ini terbilang masih cukup oke untuk mobilitas mengacu pada performa yang diberikan.

Unit review kami terima adalah varian warna Chameleon Blue. Menurut kami, warna ini elegan dan enak untuk dilihat. Warna Chameleon akan berubah-ubah intensitas warnanya tergantung sudut kamu melihatnya. Sebuah keindahan tersendiri di sisi desain Lenovo IdeaPad Gaming 3i. Apakah mudah meninggalkan jejak tangan atau sidik jari? Jawaban singkatnya adalah iya, namun akan mengilang sendiri maupun mudah dibersihkan kembali.

Tampilan luar Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Desain bentuk laptop ini sederhana namun terlihat elegan bagi kami. Sisi luar polos dengan hanya menambahkan plat warna silver 3,6cm x 1,3cm dengan lettering logo Lenovo di sisi kiri, dirasa pilihan tepat. Ukuran kemiringan lekukan di setiap sisinya menambahkan kesan stylish. Ada yang berpendapat desain bentuk laptop ini kurang gaming. Namun menurut Tim Review IDGS, ini adalah desain yang elegan.

Beralih ke sisi desain keyboard dan trackpad. Lenovo IdeaPad Gaming 3i menggunakan keyboard full-size dengan number pad dan backlit berwarna biru. Memakai Advanced Gaming Keyboard, sentuhan dan pencetan tombol digunakan dengan nyaman. Kesan pertama sebelum memakai, akan ada kendala salah pencet tombol karena bisa dikatakan compact. Namun setelah digunakan, kami mudah beradaptasi dan merasa nyaman. Posisi trackpad disesuaikan di bawah tombol space. Secara desain dan kinerja, ini oke. Hanya saja untuk pengguna yang telapak tangannya mudah berkeringat, akan sedikit terganggu dengan efek licin di trackpad.

Tampilan Keyboard dan Trackpad Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Warna backlit yang dihasilkan sudah oke menurut kami karena tidak menyilaukan mata. Warna biru pada backlit adalah keputusan tepat dan menambah elegan desain sisi ini. Hanya bagian tombol power di sebelah atas keyboard yang terkadang memberikan sedikit distraksi namun tidak signifikan.

Dua buah speaker stereo diletakkan di bagian bawah sisi kiri dan kanan (yang dekat dengan tangan). Dengan desain kemiringan sisi bawah untuk posisi speaker, terbilang bisa diterima. Hanya saja pendapat pribadi kami, kami tidak terlalu menyukai penempatan speaker Lenovo IdeaPad Gaming 3i ini. Sebagai tambahan, fitur TrueBlock Privacy Shutter cukup berguna bagi pengguna yang memiliki preferensi tersendiri mengenai privasi. Cukup dengan menggeser tombol yang ada, buka tutup webcam dapat dilakukan dengan mudah.

Performa

Pengaturan performa IdeaPad Gaming 3i bisa dilakukan dengan software Lenovo Vantage. Kamu bisa mengatur Thermal Mode yang terdiri dari; Quiet Mode, Balance Mode, dan Performance Mode. Balance Mode kami rasa adalah safe spot untuk menjaga suhu dan kebisingan. Laptop ini tergolong tenang dan tak panas untuk penggunaan kasual. Namun untuk bekerja berat seperti gaming berat maupun render, pastinya akan ada perbedaan suhu dan tingkat kebisingan. Kamu bisa mengubah Thermal Mode dengan shortcut Fn+Q. Mudah bukan? Di Lenovo Vantage, kamu bisa juga mengaktifkan Rapid Charge dan Dolby.

Lenovo Vantage

Pertama, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai layar Lenovo IdeaPad Gaming 3i. Layar IPS berdimensi 15.6 FHD dengan refresh rate 120Hz mampu memberikan pengalaman kenyamanan tersendiri saat menatap layar.  Hanya saja untuk pengguna dengan kebutuhan akan akurasi warna, layar ini mencakup 45% NTSC dan kecerahan 250 nits. Dengan skema multimedia, bisa dibantu dengan pengaturan media player pilihan kamu. Namun, ya, untuk kebutuhan kreasi konten atau editing grafis yang memerlukan akurasi warna, akan menjadi PR tersendiri.

Mengenai kualitas speaker/ audio yang dihasilkan. Kualitas audio yang dihasilkan cukup baik. Saat bermain video gim pun memberikan pengalaman bermain yang cukup baik. Dua hal menjadi sorotan kami akan kekurangannya adalah kurangnya kualitas bass dan separasi suara saat mendengarkan musik penuh instrumen. Alih-alih mendengar setiap detail instrumen, kami mendapatkan suara yang terdengar saling bertabrakan satu sama lain. Bagaimana pendapat untuk selera audio kamu, mungkin akan berbeda.

Pengetesan performa dilakukan dengan skema colok daya charger dan max performance. Berikut beberapa pengetesan yang Tim Review IDGS lakukan pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i;

Percobaan membuka 50 tab Youtube di Google Chrome, memakan RAM sebesar 5,7GB dan 20% daya kinerja CPU. Disimpulkan bahwa laptop ini lancar digunakan browsing multi-tab.

Performa penyimpanan data diuji memakai CrystalDiskMark 7.0.0 menunjukkan hasil berikut;

Benchmark CyrstalDiskMark Storange Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Diuji menggunakan Cinebench R15 untuk semua core dan single core mendapatkan skor CB;

Skor Cinebench Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Skema HandBrake menggunakan HandBrake versi 1.3.3. File sumber berformat TS dengan dimensi 4K 60fps, berdurasi 94 detik/ 2 menit 24 detik, berukuran 957MB. Encode dilakukan ke format MP4 dengan skema dimensi dan fps tertera di gambar.

Performa HandBrake Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Pengujian pada render Blender menggunakan Blender versi 2.83.3 dengan demo BMW dari Mike Pan. Dua file terdiri dari skema render CPU dan GPU Experimental.

Performa Blender Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Photoshop digunakan adalah Photoshop 2020 (21.2.1). File sumber berdimensi 4500x3000px, 240dpi, 24bit, berukuran 4,68MB. Pengetesan menggunakan action terdiri dari filter; Radial Blur, Shake Reduction, Reduce Noise, Mosaic, Wind, Dust & Scratches, Gaussian Blur, Lens Blur, Liquify (Twirl Clockwise), dan Liquify (Pucker). Kami mengambil sampel dari konsistensi 5 kali pengetesan.

Performa Photoshop Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Export dari Premiere Pro 2020 (14.3.1 Build 45) melalui Adobe Media Encoder 2020 (14.3.1 Build 39). Sequence berdurasi 94 detik. Skema export menggunakan format HEVC.

Performa Premiere Pro Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Ada 2 tipe pengujian untuk After Effects 2020 (17.1.2 Build 37) yaitu parsial dan full. Parsial maksudnya adalah bagian yang dibutuhkan untuk kreasi, kami menggunakan template Motion Text Animation dari Avnish Parker. Sedangkan untuk full, kami menggunakan template Nightcore dari Shino Musics. Template full ini adalah skema membuat video musik dengan EQ FX dan motion effects secara penuh.

Performa After Effects Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Bagaimana dengan performa bermain video gim?

Kami terlebih dahulu melakukan pengetesan dengan software benchmark 3DMARK. Berikut skor yang mampu dihasilkan untuk Fire Strike dan Time Spy;

Performa Fire Strike Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Performa Time Spy Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Tim Review IDGS memakai 3 judul yang kami rasa cukup mewakili untuk pengetesan kelas laptop ini. Semuanya menggunakan resolusi 1920x1080. Pada Dota2, pengetesan rata kiri (performance) dan rata kanan (quality) pada skema pertarungan intensif penuh efek skill yang dikeluarkan. Salah satu alasan melakukan benchmark pada Dota2 adalah IDGS Mania banyak yang berasal komunitas pemain Dota dari zaman Warcraft III.

Benchmark Dota2 Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Shadow of the Tomb Raider. Pengetesan menggunakan benchmark internal gim mendapatkan rata-rata FPS di angka 55fps di setting High dan 58fps di Medium. Setting maksimal untuk gim ini adalah Highest, jadi High adalah 1 tingkat di bawah rata kanan. Skema benchmark riil diambil dari permainan melibatkan pertarungan, meloncat/ mendaki, dan berenang.

Benchmark SotTR Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Assassins Creed Odyssey. Menggunakan benchmark internal gim, mendapatkan skor 64fps pada kualitas Medium dan 53fps di kualitas High. Setting maksimal untuk gim ini adalah Ultra High, jadi High adalah 1 tingkat di bawah Very High dan 2 tingkat di bawah Ultra High. Skema benchmark riil berasal dari permainan bertarung, berkuda, berenang, mengemudikan kapal, dan synchronization.

Benchmark AC Odyssey Pada Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Melihat angka yang janggal pada benchmark? Ya, thermal throttling. Meskipun begitu, masih dikatakan bisa diterima mengacu pada performa rata-rata yang dihasilkan. Meskipun ada kekurangan di poin tersebut, laptop ini bisa dikatakan cukup oke, tidak ada protes berarti untuk performa keseluruhan.

Daya baterai

Hal terakhir yang penting adalah mengenai daya tahan baterai. Berisikan daya 45Wh, Lenovo IdeaPad Gaming 3i dirasa sudah memenuhi kebutuhan multimedia dan kasual. Untuk menonton film dan mendengarkan musik, laptop ini bisa bertahan 7 jam. Untuk kebutuhan multitasking seperti skema mendengarkan musik sambil bekerja memakai MS Office, editing ringan Photoshop, dan browsing, laptop ini bertahan 4 jam sebelum muncul notifikasi daya tinggal 10%. Sedangkan untuk bermain video gim, maksimal 1,5 2 jam. Sebagai tambahan, volume dalam pengetesan memakai 40 50% volume. Pengetesan adalah dalam skema penggunaan kami. Hasil akan bervariasi di skema penggunaan yang berbeda. Di keadaan daya baterai lemah dan butuh waktu pengisian daya cepat, kamu bisa memanfaatkan fitur Rapid Charge.

Pendapat Tim Review IDGS

Untuk kebutuhan berat seperti bermain video gim atau rendering, encoding, memang membutuhkan bantuan daya charger untuk mendapatkan performa terbaiknya. Dari segi mobilitas, meskipun berbobot 2,2kg, laptop ini cukup oke dibawa kemana mana mengacu pada performa yang dihasilkan, build quality military standart, dan garansi yang diberikan Lenovo Indonesia. Fitur Rapid Charge bisa membantu mengisi daya lebih cepat bagi kamu yang suka nongkrong di satu tempat ke tempat lain dalam bekerja. Untuk kebutuhan bermain video gim, Lenovo IdeaPad Gaming 3i memberikan performa cukup baik - namun bukan untuk opsi rata kanan gim AAA. Performa prosesor kencang yang oke, bisa dilihat dari sampel hasil pengetesan. Hanya saja, andai saja diberikan layar dengan akurasi warna lebih baik, kinerja gaming laptop ini dirasa akan memberikan pengalaman pemakaian lebih baik.

 

(IDGS/ deJeer)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
Gadget30 Juni 2024, 12:55 WIB

5 Kelebihan Oppo A3 Pro 5G yang Miliki Sertifikasi Ketahanan Militer

Oppo A3 Pro 5G Indonesia ini akan dibanderol dengan harga sekitar Rp4 jutaan.
Oppo A3 Pro Indonesia, smartphone baru Oppo yang memiliki sertifikasi uji militer (FOTO: Oppo)
Guides30 Juni 2024, 12:24 WIB

Link Game Cek Khodam Online dan Cara Mainnya untuk Pemula

Bagi kamu yang penasaran dan ingin mencoba, berikut panduan lengkap cara cek khodam online beserta linknya.
Cek Khodam. (Sumber: Khodam Vercel)
Gadget30 Juni 2024, 10:43 WIB

Spesifikasi dan Harga HP Tahan Banting Oppo A3 Pro 5G

Oppo A3 Pro 5G yang hadir untuk pasar Indonesia ini memiliki perbedaan dengan Oppo A3 Pro 5G versi China.
Oppo A3 Pro 5G Indonesia (FOTO: Oppo)
News30 Juni 2024, 10:12 WIB

6 Fakta Penyebab Game Cek Khodam Online Bisa Cepat Viral

Banyak orang penasaran dengan khodam yang mereka miliki, sehingga layanan cek khodam online jadi sangat populer. Berikut beberapa fakta yang menyebabkan cek khodam online cepat viral.
Ilustrasi cek khodam. (Sumber: Google Play)
Guides29 Juni 2024, 23:10 WIB

4 Skill Wraith King Dota 2, Hero Fighter yang Menakutkan!

Berikut 4 skill milik Wraith King di game dota 2 yang harus kamu ketahui.
Wraith King (FOTO: dota2.fandom.com)
Guides29 Juni 2024, 21:35 WIB

Urutan Rank pada Honor of Kings, Begini Penjelasannya!

Honor of Kings ramai diperbincangkan dan dinilai sebagai pesaing game Mobile Legends, game ini diterbitkan oleh Tencent Games.
Honor of Kings Rank (FOTO: Tencent)
Gadget29 Juni 2024, 20:05 WIB

OPPO A3 Pro 5G Hadirkan Karakter Hero Zhuxin Resmi Rilis di Indonesia, Kuat dan Tahan Banting

Brand OPPO merilis OPPO A3 Pro 5G dengan karakter hero Zhuxin di Indonesia dengan berbagai kelebihannya.
OPPO A3 Pro 5G Hadirkan Hero Zhuxin (FOTO: OPPO)
PC29 Juni 2024, 19:34 WIB

The International 2024 akan Diselenggarakan di Copenhagen, Segini Harga Tiketnya

Anda dapat membeli dan memiliki tiket untuk menghadiri turnamen The International melalui laman Ticketmaster.
The International 2024 akan Diselenggarakan di Copenhagen, Segini Harga Tiketnya(FOTO: dotesports.com)
PC29 Juni 2024, 19:08 WIB

Perkembangan Game Dota 2: Dari Mod hingga Mendunia

Game Dota 2 pada mulanya merupakan mod yang kemudian mengalami perkembangan dari tahun ke tahun.
Perkembangan Game Dota 2: Dari Mod hingga Mendunia  (FOTO: Valve)
PC29 Juni 2024, 17:53 WIB

5 Game Jadul PC yang Seru Dimainkan Cocok untuk Nostalgia

Game jadul PC menjadi kenangan bagi para gamer di era 90 dan 2000-an. Meskipun grafiknya sederhana, tetapi masih memiliki daya tarik hingga saat ini.
Ilustrasi Game PC (FOTO: Pexels/Julia M Cameron)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.