logo

Review Keyboard Rexus Legionare MX9 Setelah Sebulan Pemakaian

INDOGAMERS
Senin 11 Januari 2021, 17:38 WIB
Kelengkapan Rexus Legionare MX9

Kelengkapan Rexus Legionare MX9

INDOGAMERS.ID - Desember lalu Rexus merilis keyboard TKL mekanikal terbaru mereka, Rexus Legionare MX9. Dijual dalam 4 varian warna; Cloud White, Asphalt Black, Steel Blue, dan Rose Pink tampaknya varian Steel Blue dan Rose Pink memiliki daya tarik sendiri. Tim Review IDGS berkesempatan mencoba varian warna Steel Blue dengan switch Outemu Red.

Pada awal perilisan Rexus Legionare MX9, ada permasalahan pada tombol multimedia. Legend tertera pada keycaps tidak sesuai dengan fungsi tombol. Kini Rexus sudah memperbaikinya melalui pembaruan firmware yang bisa diunduh di laman Rexus. Kami akhirnya merilis review keyboard ini setelah sebulan pemakaian.

Spesifikasi Tertera dan Isi Kemasan

Jumlah Tombol: 87
Durabilitas Tombol: 50 juta klik
Kecepatan Respon: 1ms
Keycaps: ABS molding 2 warna
LED: 13 mode
Kabel: Braided nylon 1,8m
Berat: 750 ± 10 gram
Dimensi: 361 x 22,5 x 133,5 mm
Kompatibilitas: Windows & MAC

Kelengkapan Rexus Legionare MX9

Paket pembelian berisi:

  • Unit Rexus Legionare MX9
  • 4x switch cadangan
  • 1x switch puller
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Desain dan Build Quality

Urusan pilihan warna, itu sudah menjadi preferensi masing-masing. Kami memilih varian Steel Blue. Alasannya cukup sederhana, kami sudah terbiasa dengan warna hitam dan putih. Varian warna Rose Pink memang menarik, tapi karena hanya bisa menerima satu unit, kami memilih varian Steel Blue. Warna biru terlihat kalem sehingga enak dilihat mata (kami).

Mengusung desain ukuran TKL/ TenKeyLess dengan total 87 tombol, Rexus Legionare MX9 berukuran 361 x 22,5 x 133,5 mm. Memiliki berat tertera 750 ± 10 gram, saat kami coba timbang mendapatkan berat 648,5 gram.

Keycaps keyboard ini bermaterial plastik ABS yang umum digunakan pada keyboard mekanikal. Dengan desain double shot, legend/ petunjuk tombol tertera tidak akan hilang (kecuali tambahan printing) dan bisa memperlihatkan cahaya RGB LED dengan oke. Semua legend tembus LED kecuali legend tambahan di tombol F1 hingga F12. Feel tombol tidak terlalu licin dan meskipun tipis rasanya, masih ada rasa sentuhan tekstur agak kasar. Profil keycaps Rexus Legionare MX9 adalah OEM Profile.

Body keyboard bermaterial plastik. Bagian muka masih terasa solid, namun bagian belakang terasa kopong. Desain kotak dengan lekukan di setiap pingir sisi, bisa dikatakan simple namun memang tidak berkesan gaming keyboard. Keyboard feet terbagi dalam 2 material berbeda. Bagian depan memakai plastik bertekstur dengan tambahan stand bermaterial plastik pula yang mampu menambah ketinggian sekitar 1 cm. Sedangkan bagian belakang memakai material plastik bertekstur.

Switch Rexus Legionare MX9 memakai Outemu dustproof. Disediakan varian Outemu Blue dan Outemu Red. Unit kami gunakan memakai Outemu Red. Keyboard ini memiliki fitur removeable switch. Pengguna bisa mengganti switch tanpa melakukan proses solder. Perlu diingat bahwa hanya switch Outemu tiga kaki yang bisa masuk ke PCB. Dari beberapa switch tiga kaki selain Outemu yang kami coba, Kailh BOX bisa masuk dan berfungsi normal. Hanya saja tidak bisa terkunci dengan baik, sehingga mudah lepas. Rexus memberikan empat switch cadangan dalam paket pembelian. Switch mudah dilepas karena keyboard memakai desain floating keys.

Kabel keyboard memakai kabel braided nylon non-detachable dengan USB yang belum gold-plated. Berada di posisi tengah, peletakan keyboard bisa fleksibel. Hanya saja memang menurut kami lebih prefer pada posisi yang dekat dengan PC. Mengenai warna kabel, hanya varian warna putih dan hitam yang memiliki warna sama dengan keyboard. Varian biru dan pink memakai kabel warna putih.

Pengalaman Sebulan Pemakaian

Baiklah. Waktunya berbagi pengalaman pemakaian keyboard Rexus Legionare MX9 selama sebulan. Memakai switch Outemu Red, keyboard nyaman digunakan untuk mengetik maupun bermain video gim. Switch ini memiliki actuation force sekitar 40-50 gram. Sederhananya, actuation force adalah kekuatan sentuhan yang dibutuhkan untuk tombol berfungsi. Bisa dikatakan, kami nyaman menggunakan keyboard dengan santai untuk berfungsi dengan baik dan responsif. Jika kamu prefer ingin merasakan sentuhan tactile, kami sarankan memilih switch blue. Ya, ini kembali ke preferesi masing-masing.

Suara Rexus Legionare MX9 bisa kalian cek pada video di bawah ini:

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=-J2mQKbqgBU[/embedyt]

Keycaps nyaman digunakan dalam kondisi jari tidak berkeringat. Hanya saja memang ketika berkeringat, akan terasa sedikit licin. Memungkinkan terpeleset memencet keyboard namun minor, tergolong jarang. Posisi kerapatan antar keycaps juga terbilang sudah cukup pas menurut kami. Ada hal yang sebenarnya tidak mengganggu performa namun dirasa kurang enak ketika dilihat. Hal itu adalah legend di beberapa tombol. Bagi yang suka dengan desain legend ala gaming, mungkin suka. Hanya saja kami tidak bisa berbohong bahwa kami tidak suka legend 6, 8, 9, 0, Q, R, O, P, A, D, C, B, Caps Lock, Enter, dan Arrow pada keyboard ini.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=VMbDiA2n8sQ[/embedyt]

Fitur RGB bisa diatur langsung melalui tombol keyboard maupun software. Tidak ada legend untuk pengaturan RGB di keyboard. Bagi yang sebelumnya pernah menggunakan keyboard dengan fungsi tombol serupa, mungkin tidak ada masalah. Namun kami rasa, akan ada waktu tersendiri bagi pengguna baru untuk menghafalnya jika tidak ingin menggunakan software. Pengaturan RGB via keyboard langsung ada di buku manual. Bagi kami sendiri, ini bukan masalah berarti. Terlebih, bukan RGB enthusiast. Kami gunakan fitur LED satu warna yang menyala saat tombol ditekan saja.

Software Rexus Legionare MX9

Selama satu bulan pemakaian, kami tidak menemukan masalah berarti. Pada awal perilisannya, Rexus Legionare MX9 memang ada permasalahan pada ketidaksesuaian fungsi tombol multimedia dengan legend tertera. Permasalahan tersebut sudah diatasi Rexus melalui pembaruan firmware yang bisa diunduh di laman dukungan Rexus. Caranya cukup mudah. Tinggal unduh dan jalankan executable file diberikan. Tunggu prosesnya hingga selesai. Jika keyboard menjadi tidak berfungsi setelah pembaruan firmware, tidak perlu panik. Cabut lalu pasang kembali keyboard dari PC, keyboard akan kembali bekerja dengan baik.

Komentar final

Secara performa, Rexus Legionare MX9 memberikan kenyamanan pemakaian. Satu-satunya hal membuat tidak nyaman bagi kami adalah beberapa legend yang tidak enak kami pandang, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya. Posisi kabel di tengah dan tidak bisa dilepas, kami kembalikan ke preferensi pengguna. Jika mencari posisi kabel tidak di tengah dan bisa dilepas, ya ada, dan lebih murah dari keyboard ini. Namun jika berbicara kualitas performa, removeable switch, dan varian warna biru maupun pink, sepertinya tidak usah berpikir lagi untuk langsung memilih Rexus Legionare MX9. Jika warna kabel untuk varian warna keyboard pink dan biru senada, sebenarnya akan lebih baik lagi.

Jika kalian bukan penggemar warna biru atau pink, kami masih bisa merekomendasikan Rexus Legionare MX9. Hanya saja memang, ada pilihan lain yang lebih menarik maupun lebih murah, terutama varian warna hitam. Balik ke preferensi masing-masing. Dengan performa dari pemakaian selama satu bulan yang oke, jika kalian mencari warna pink atau biru dengan fitur removeable switch, kami merekomendasikan keyboard ini untuk kalian pinang.

Dibanderol di harga resmi Rp 399.000 untuk varian warna hitam dan Rp 409.000 untuk varian lain, Rexus Legionare MX9 bisa kalian beli di Rexus Official Store Tokopedia. Kamu bisa ikuti info terbaru dan produk lain dari Rexus di Instagram, Facebook, Rexus.id, dan Youtube mereka ya, guys.

 

(IDGS/ deJeer)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
Gadget05 Oktober 2024, 13:00 WIB

4 Laptop Terbaik untuk Programmer: Pilihan Cerdas untuk Koding

Berikut adalah 4 rekomendasi laptop terbaik untuk programmer:
MacBook Pro 16 Inci M3 Max (FOTO: MacBook Pro 16 Inci M3 Max)
News05 Oktober 2024, 12:57 WIB

Dragon Age: The Veilguard Telah Mencapai Tahap Emas, Begini Penjelasannya

BioWare dan Electronic Arts (EA) mengumumkan bahwa Dragon Age: The Veilguard telah mencapai tahap emas.
Dragon Age: The Veil Guard. (Sumber: Twitter.com/@dragonage)
Gadget05 Oktober 2024, 11:51 WIB

6 Laptop Buatan Indonesia dengan Kualitas Unggul, Layak Diperhitungkan

Berikut adalah 6 pilihan laptop buatan Indonesia dengan kualitas unggul yang tak kalah dengan brand luar yang sudah beredar di Indonesia
Laptop Advan 360 Stylus (Foto:  YouTube/Mike Kanvas)
Gadget05 Oktober 2024, 11:30 WIB

Membedah Apple MacBook Pro M3: Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Diketahui

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple MacBook Pro M3:
MacBook Pro M3 (FOTO: MacBook Pro M3)
Gadget05 Oktober 2024, 11:00 WIB

4 Rekomendasi Netbook Murah Berkualitas untuk Produktivitas Sehari-Hari

Berikut adalah 4 rekomendasi netbook murah berkualitas:
Acer TravelMate Spin B3 (FOTO: Acer TravelMate Spin B3)
News05 Oktober 2024, 09:12 WIB

5 Rekomendasi Game Simulasi Kendaraan untuk Penggemar Truk dan Bus

Game simulasi kendaraan memberikan pengalaman mengemudi yang realistis dan menantang.
Game simulasi kendaraan.
News05 Oktober 2024, 08:49 WIB

Waspada dan Jangan Salah Pilih! 5 Game Ini Berbahaya bagi Anak-anak

Dengan semakin banyaknya pilihan video game, tidak semua permainan yang tersedia di pasaran aman untuk anak-anak.
GTA VI, salah satu dari lima game terbaik sepanjang masa. (Sumber: Rockstar)
News05 Oktober 2024, 08:39 WIB

Rekomendasi 5 Game Edukasi untuk Anak yang Menghibur dan Mendidik

Video game untuk anak tidak selalu identik dengan hiburan semata saja guys.
Game untuk anak. (Sumber: Endless Alphabet)
News05 Oktober 2024, 08:26 WIB

Rekomendasi 7 Game Ramah Anak untuk Hiburan Edukatif dan Aman

Mencari game untuk anak yang aman dan ramah seringkali menjadi tantangan bagi orang tua.
Rumah di game Minecraft. (Sumber: The Gamer)
Gadget05 Oktober 2024, 05:05 WIB

10 Daftar HP Terlaris Dunia, 2024, Ada Samsung Galaxy A15 4G

Samsung Galaxy A15 4G ini menjadi HP terlaris di urutan ke-3 dengan total pengiriman mencapai 17,3 unit pada semester I – 2024 berdasarkan riset dari Omdia.
Ilustrasi Samsung Galaxy A15 4G, HP Android terlaris di dunia.(FOTO: Samsung Indonesia)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+62851 8306 6952

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.