Video Viral Invasi Rusia ke Ukraina Ternyata Hoaks, Aslinya Gim Arma 3

Video viral menampilkan aksi-aksi militer yang diklaim terjadi dalam invasi Rusia atas Ukraina beredar di media sosial, terutama Facebook Gaming. Namun ternyata video itu palsu karena sebenarnya adalah rekaman dari gim Arma 3. 

IDGS, Jumat, 25 Februari 2022 - Video yang mencuat pada 24 Februari 2022 hari dimulainya invasi Rusia ke Ukraina menjadi video yang paling banyak dilihat di Facebook Gaming. Melansir laporan Bloomberg, video hoaks tersebut telah dilihat lebih dari 110 ribu kali dan dibagikan lebih dari 25 ribu kali sebelum dihapus oleh Facebook.

Namun video itu telah terlebih dahulu tersebar ke berbadai media sosial lain seperti Twitter, TikTok, hingga aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram.

https://twitter.com/RT1i3/status/1496807666433368064

Beberapa versi dari video viral yang menampilkan sebuah pesawat terbang yang tengah melintas ditembaki dari darat dengan senjata berat anti-udara itu bahkan dilengkapi dengan embel-embel "Breaking News" dan diklaim sebagai "laporan langsung dari Ukraina".

Pada kenyataannya, video itu, menurut konfirmasi Bloomberg, bukanlah rekaman langsung dari invasi Rusia ke Ukraina, melainkan mod dari video gim bertema militer, Arma 3.

Bagi orang-orang yang pernah membagikan atau mengunggah ulang video tersebut, diharap untuk menghapusnya karena itu adalah video hoaks yang tidak benar.

 

(stefanus/IDGS)


Sumber: Bloomberg

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI