Google Bikin Keyboard dengan Konsep Mobius Strip Terunik di Dunia, Begini Penampakannya

Gboard Dua Sisi, keyboard terunik di duna dari Google dengan konsep mobius strip (FOTO: Google)

Indogamers.com - Di tahun 2022 lalu, Google memperkenalkan keyboard terunik di dunia yang memiliki konsep seperti penggaris.

Nah, mengulang dua tahun lalu, kini Google juga memperkenalkan keyboard terbarunya dengan konsep mobius strip terunik di dunia.

Seperti dikutip dari Tomshardware, keyboard baru Google dengan konsep mobius strip ini desainnya diumumkan oleh Google Jepang yang bertujuan untuk mengatasi "masalah besar" keyboard yang hanya memiliki tombol di satu sisi.

Tetapi, Google tidak berencana untuk memproduksi perangkat input paradoks ini secara komersial. Namun, Google telah membuka sumber rencana pembuatan perangkatnya termasuk file STL cetak 3D, firmware, dan lainnya, termasuk rencana tersebut kini tersedia di GitHub.

Baca Juga: Asus ROG Luncurkan Keyboard Gaming FalchionAce HFX, Masa Pakai 100 Juta Keypress

Keyboard yang bernama Gboard Dua Sisi ini pertama kali diperkenalkan melalui kanal YouTube Google Japan di awal Oktober 2024 ini.

Raksasa teknologi tersebut mengunggah sebuah video terbaru dimana raksasa teknologi tersebut memperkenalkan “Gboard Dua Sisi”, sebuah keyboard di mana bagian depan dan belakangnya saling terhubung tanpa batasan.

Google menjelaskan jika keyboard mereka Gboard Dua Sisi ini dibuat dengan menghubungkan setidaknya 26 modul, di mana tiap modul membawa 8 switch yang kemudian dipelintir untuk membuat desain dua sisi tanpa batas antara bagian dan bagian belakang keyboard.

Desain papan ketik Gboard Dua Sisi memiliki 208 tombol yang disusun dengan tata letak orto-linear 26 x 8 pada strip Möbius. Meskipun menggunakan tombol mekanis, saklar MX tidak dapat ditukar saat dinyalakan, seperti desainnya.

Gboard Dua Sisi ini juga dilengkapi dengan pencahayaan RGB per tombol, dan dan dirancang dengan tata letak ortholinear untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Sayangnya, keyboard terunik di dunia dari Google ini hanya bisa terhubung dengan kabel saja.

Gboard dua sisi belum dibekali dengan konektivitas wireless, sehingga pengguna harus menggunakan koneksi wired melalui USB Type-C saat mengoperasikannya.

Jika melihat dari beberapa tahun kebelakang, nampaknya Google akan terus menghadirkan keyboard-keyboard terunik di dunia untuk tiap tahunnya, khususnya untuk Google Jepang.

Namun, keyboard terunik dunia dari Google ini tidak akan diperjualbelikan. Keyboard tersebut hanya untuk memfasilitasi mereka yang tertarik merakitnya dengan memberikan tata cara membuat dan merakitnya di GitHub.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI