Belum Punya Langganan? Ketahui 5 Tips Memilih Tempat Service Laptop Terbaik Agar Nggak Kecewa di Belakang

Ilustrasi service laptop (FOTO: success-comp.com)

Indogamers.com - Sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya, laptop juga akan mengalami masalah teknis atau rusak seiring dengan pemakaiannya. Masalah yang terjadi pada laptop ini tentunya tidak memandang merek, jenis, ataupun harga.

Sebab, semua laptop bisa mengalami masalah teknis atau rusak, baik itu karena adanya permasalahan sistem operasi atau perangkat lunaknya saja ataupun kerusakan pada perangkat kerasnya, seperti HDD atau SSD, RAM, baterai dan masih banyak lagi.

Saat mengalami masalah, maka kinerja laptop akan terpengaruh, malah bukan hal yang mustahil jika laptop akhirnya sama sekali tidak bisa digunakan lagi.

Jika masalah pada laptop ini terjadi hanya pada software atau perangkat lunaknya saja, mungkin kamu sendiri masih bisa mengatasinya dengan melihat panduan-panduan dari internet. Namun, jika masalahnya berasal dari perangkat kerasnya, sebaiknya kamu menyerahkan laptop pada ahlinya yaitu teknisi atau tempat service laptop terbaik.

Tempat service laptop terbaik ini sudah pasti memiliki teknisi yang terlatih sehingga meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen lainnya. Selain memiliki teknisi yang terlatih, tempat service terbaik juga biasanya menyediakan suku cadang pengganti dengan kualitas original.

Namun, untuk mencari tempat service laptop terbaik ini tidaklah semudah yang dipikirkan. Karena itu, pada artikel kali ini Indogamers.com akan memberikan tips untuk memilih tempat service laptop terbaik agar tidak salah dalam memilihnya.

Apa saja tips memilih tempat service laptop terbaik? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Minta rekomendasi orang terdekat

Tips pertama untuk memilih tempat service laptop terbaik adalah meminta rekomendasi tempat service laptop dari orang terdekat, seperti teman ataupun saudara. Jika orang tersebut pernah service laptop di tempat yang direkomendasikan dan mendapatkan pelayanan yang baik, maka kemungkinan kamu juga akan mendapatkannya.

Selain bisa mendapatkan informasi tentang pelayanannya, kamu juga bisa mendapatkan informasi terkait harga service laptop di tempat yang direkomendasikan tadi.

2. Pastikan ada perjanjian di awal

Sebelum memutuskan untuk melakukan service laptop di tempat yang kamu pilih, kamu juga harus memastikan adanya perjanjian di awal.

Dengan demikian, kamu bisa menuntut jika pengerjaannya melebihi estimasi waktu, biaya ataupun penggantian komponen di luar pengerjaan utama. Jika ditemukan adanya kerusakan lain, tempat service tersebut wajib menginformasikan terlebih dahulu kepada kamu sebagai konsumennya.

3. Transparansi biaya service

Umumnya, biaya service hanya bisa diketahui setelah laptop di cek kerusakannya. Jika kerusakan sudah diketahui maka perkiraan biaya menjadi lebih akurat.

Pastikan untuk memilih teknisi atau tempat service dengan transparansi biaya, maksudnya mereka menjelaskan secara lengkap berapa biaya perbaikan serta membuatkan rinciannya jika memang diperlukan. Ini sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman.

4. Biaya service yang masuk akal

Selain memilih tempat service yang transparan soal biaya, kamu juga harus memilih tempat service yang memberikan biaya masuk akal. Dalam hal ini artinya, tempat service memberikan biaya service pada customer sesuai dengan kerusakan dan tingkat kesulitan pengerjaannya.

5. Memberikan garansi service

Tips terakhir untuk memilih tempat service yang terpercaya adalah tempat service memberikan garansi pada customer sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Umumnya, tempat service yang berkualitas akan memberikan garansi service atau pengerjaan selama satu hingga tiga bulan.

Jika tempat service hanya memberikan garansi personal selama delapan hari saja, maka sebaiknya tidak memilih tempat service tersebut. Sebab, jika kerusakan yang sama terjadi dalam delapan hari kedepan maka kamu tidak bisa melakukan apa-apa untuk komplain.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang Indogamers.com berikan untuk memilih tempat service laptop terbaik.

Jika tempat service tidak memenuhi beberapa hal pada tips tersebut, maka sebaiknya pilih tempat lain saja.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI