Masahiro Sakurai: Saya Tidak Bisa Bayangkan Smash Bros. Tanpa Saya

INDOGAMERS.ID Pencipta seri gim Super Smash Bros., Masahiro Sakurai unggah video mengenai belakang layar Super Smash Bros. Brawl (28/7). Ia juga membagikan pemikirannya mengenai judul baru Smash Bros. setelah Super Smash Bros. Ultimate.

Video tersebut ia unggah di kanal YouTube Masahiro Sakurai on Creating Games. Masahiro Sakurai bercerita bahwa judul baru Super Smash Bros. diumumkan Nintendo sehari sebelum E3 2005. Ia pada saat itu tidak mengetahui apapun tentang judul baru tersebut.

Pada saat E3 2005 berlangsung, Masahiro Sakurai dipanggil untuk menemui Presiden Nintendo kala itu, Satoru Iwata, di hotel tempat ia menginap. Mendiang Satoru Iwata menginginkan Sakurai untuk terlibat dalam judul baru Smash Bros., dengan posisi tak jauh dari Game Director.

Diungkap bahwa penguman judul baru Smash Bros. didasari oleh layanan Nintendo Wi-Fi Connection (WFC) yang saat itu akan diluncurkan. Pada saat itu, Super Smash Bros. adalah salah satu judul paling diinginkan untuk bisa dimainkan dengan layanan tersebut di Jepang dan Amerika Serikat.

Nintendo sebenarnya belum melakukan proses pengembangan apapun terhadap judul baru Smash Bros.. Mereka sengaja mengumumkannya terlebih dahulu. Masahiro Sakurai merasa galau karena saat itu dia telah keluar dari HAL Laboratory untuk menjadi freelance. Selain padat dengan proyeknya sendiri, ia juga belum memahami hardware next-gen saat itu.

https://www.youtube.com/watch?v=MammcQ3XkpY

Masahiro Sakurai bertanya, apa yang akan Satoru Iwata lakukan jika Sakurai menolak proyek tersebut. Iwata menjawab bahwa ia akan mencari orang lain dengan rencana menambahkan saja dukungan konektivitas dan tetap pertahankan 26 karakter dari gim Smash Bros. Melee.

Merasa ide Iwata bukanlah judul Smash Bros. yang baru, ia akhirnya setuju menjadi Game Director Super Smash Bros. yang baru (Brawl). Singkat cerita, ia membatalkan semua proyeknya dan hanya menyisakan Sodatete! Kouchuu Ouja Mushiking karena telah berjalan.

Pengembangan Super Smash Bros. Brawl tidak ditangani oleh HAL Laboratory seperti yang sudah-sudah. Tim baru dibuat, dengan tim inti dari Game Arts. Hingga jadilah gim baru bernama Super Smash Bros. Brawl yang dirilis tahun 2008.

Mengenai bagaimana dengan judul baru Smash Bros. setelah Super Smash Bros. Ultimate, ia memiliki pandangannya. Ia berpendapat jika judul baru nantinya mungkin bisa dibuat tanpa pencipta aslinya dirinya sendiri. Namun saat ini, ia merasa bahwa ia tidak bisa membayangkan (judul baru) Smash Bros. tanpa dirinya.

Smash Bros. adalah judul penting untuk Nintendo. Karena itu, Sakurai merasa bahwa wajar berasumsi jika akan ada lagi judul baru Smash Bros. Baginya, ia ingin tetap bekerja dengan Nintendo kapanpun ia bisa melakukannya.


(IDGS/deJeer)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI