Masih Banyak Dijual di Marketplace, Segini Harga PS 1 Sekarang

PlayStation 1 atau PS1 (FOTO: Sony)

Indogamers.com-Masih banyak dijual di marketplace, berapa sih harga Playstation 1 (PS1) sekarang?

Pada 1994 PlayStation 1 dirilis dengan harga USD 299, dengan acuan 1 dollar AS kala itu Rp2.000an, maka harganya sekitar Rp598.000 kala itu.

Nah, 30 tahun berselang, ternyata PS1 masih ada peminatnya. Para gamer, yang sekaligus kolektor game jadul ini mencarinya di marketplace.

Tak heran, sejumlah marketplace ternama di Indonesia masih banyak menjual PS1 bekas. Dan, jika melihat harganya pun akan kaget. Rata-rata dijual sekitar Rp500 ribuan. Artinya harganya tetap stabil seperti harga saat pertama dirilis. Meski secara nilai mata uang tentu saja berbeda.

Namun, nilai jual yang bertahan, meski itu barang bekas menunjukkan betapa konsol game PS1 ini memang menjadi salah satu fenomena dalam dunia game.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik di Bawah Rp15 Juta dan Spesifikasinya

Sejarah singkat PS1

PlayStation atau PS, umumnya dikenal sebagai PS1/PS dengan kode PSX adalah konsol permainan video rumahan yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Sony Computer Entertainment.

Konsol ini dirilis di Jepang pada tanggal 3 Desember 1994, menyusul Amerika Utara pada tanggal 9 September 1995, di Eropa pada tanggal 29 September 1995, dan di Australia pada tanggal 15 November 1995.

Sebagai konsol generasi kelima, PlayStation bersaing dengan Nintendo 64 dan Sega Saturn.

PlayStation menandakan kebangkitan Sony dalam industri video game. PlayStation mendapat pujian dan mengalami penjualan luar biasa dalam waktu kurang dari satu dekade.

Baca Juga: Konsol Game vs PC, Bagusan Mana Sih?

PlayStation menjadi platform hiburan komputer pertama yang mengapalkan lebih dari 100 juta unit.

Penggunaan cakram ringkas menandai peralihan industri game dari cartridge. Kesuksesan PlayStation menciptakan generasi penerus, dimulai dengan PlayStation 2 pada tahun 2000. Pada tahun yang sama, Sony merilis model yang lebih kecil dan lebih murah, yaitu PS One.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI