Sejarah PlayStation dari Generasi ke Generasi. Perjalanan PS1 hingga PS5 Lebih dari 1 Dekade

PlayStation 1 atau PS1 (FOTO: Sony)

Indogamers.com - PlayStation dapat dinobatkan sebagai salah satu console game yang paling populer dan terlaris dikalangan para gamers.

Bagaimana tidak, console game ini telah memiliki banyak penggemar dengan angka penjualan yang juga fantastis.

Hal ini sudah cukup untuk membuktikan sebagian kecil kepopulerannya. Gamers era 2000-an tentu kenal baik dengan console game rilisan Sony ini.

Baca Juga: EA Sports FC 25 Dijadwalkan Hadir pada Bulan September Tahun Ini

Selama lebih dari 25 tahun PlayStation telah mewarnai dunia gaming dengan berbagai game dan juga produknya yang dinantikan para gamers.

Untuk lebih mengenal console ini, berikut ini adalah “riwayat hidup” PlayStation dari awal perilisan hingga saat ini (Dunia Games):

1. PlayStation (1994)

Ini adalah console Sony generasi pertama yang sebelumnya diperkenalkan pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 1991 dengan nama PlayStastion atau Super Disc. Hasil penjualan pertamanya ini sukses dan terus mengalami peningkatan.

Baca Juga: Daftar Roster 4 Tim Free Fire Indonesia di Esports World Cup (EWC) 2024

2. PlayStation One (2000)

PlayStation ini memiliki spesifikasi yang sama dengan generasi sebelumnya. Yang membedakannya hanyanya warna.

3. PlayStation 2 (2000)

PlayStation 2 mengusung konsep bumi dan luar angka serta berhasil menjual lebih dari 1,5 miliar unit di seluruh dunia. Console game ini menjadi salah satu produk terlaris PlayStation yang masih dimainkan dan diminati oleh penggemar.

4. PlayStation 2 Slim (2004)

Ini merupakan versi ramping, tipis, dan tenang dari PS2 Fat tanpa perbedaan spesifikasi yang berarti. PlayStation 2 sendiri telah dibekali dengan port Ethernal yang mendukung fitur multikap.

Baca Juga: Pengembang Game Like A Dragon Sebut Fans akan Terkejut dengan Rencana Besar Selanjutnya

5. PlayStation Portable (2004)

Perilisan PlayStation Portable tidak jauh berbeda dengan handheld Nintendo DS. Kemunculan PSP membuktikan jika Sony mampu membuat perangkat handheld yang ditandai dengan keberhasilannya menjual lebih dari 70 juta unit.

6. PlayStation 3 Fat (2006)

Console ini membawa perubahan yang cukup signifikan dari generasi sebelumnya. PS3 Fat telah memiliki grafis yang lebih baik dan juga memiliki kontroler DualShock yang juga sudah nirkabel.

7. PlayStation 3 Slim (2009)

Console ini hadir dalam versi yang lebih kecil dari generasi sebelumnya. PS3 Slim memiliki konfigurasi har drive 120 GB, 160 GB, 250 GB, atau 320 GB. PS3 Slim menjadi favorit karena desainnya yang lebih baik dari PS model Fat atau Super Slim.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Free Fire di Esports World Cup (EWC) 2024, 4 Tim Indonesia Siap Berlaga

8. PSP Go (2009)

Handheld ini rilis dengan bentuk yang lebih ramping dan console slide untuk meningkatkan pengalaman bermain penggunanya. Namun, penjualan console ini tidak sukses dipasaran lantaran pemain harus membeli gamenya secara online dengan harga penuh.

9. PlayStation 3 Super Slim (2012)

Spesifikasi PS3 Super Slim masih sama seperti PS3 dan hanya mengubah bentuknya saja agar lebih ramping. Console ini hadir dengan ukuran 50% lebih kecil dari PS3 original dan 25% lebih kecil dari PS3 Slim.

10. PS Vita (2011)

PS Vita rilis di Jepang dan memiliki grafis yang lebih tajam daripada generasi sebelumnya. PS Vita juga memiliki fitur tambahan yaitu dua analog stick yang terpasang dengan didukung fitur format kartu PS Vita. Vita juga hadir dengan fitur Remote Play yang memungkinkan pengguna PS3 dan PS4 memainkan game pada handheld ini.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Udil, Dijuluki Si Mulut Pedas dan Mengawali Karier di Fnatic Onic

11. PlayStation 4 (2013)

PS4 telah telang menggunakan prosesor AMD Jaguar x86-64 eight core. Console ini juga dilengkapi dengan chip prosesor kedua yang memperlancar multitasking agar pengguna bisa memainkan game sambil mengupdate atau mendownload game baru.

12. PlayStation 4 Slim (2016)

Varian ini merupakan yang paling kecil dan ramping dengan desain yang lebih sederhana. Desainnya juga dibuat lebih sederhana dengan menghilangkan panel glossy serta power button yang telah diganti menjadi phsycal power button.

13. PlayStation Pro (2016)

Sony menciptakan console ini pada era grafis 4K dan HDR yang menjadikannya varian tertinggi pada masanya. PS Pro telah memiliki performa yang jauh lebih baik yang didukung dengan spesifikasi hardware yang kuat.

Baca Juga: Penggemar Resident Evil 9 Disarankan Awasi Perkembangan Game Zombie Dead Season

14. PlayStation Classic (2018)

Untuk pertama kalinya Sony merilis versi mini console PS lawas (PS1) dengan nama yang baru. Dibandingkan dengan PS1, console ini memiliki ukuran 45% lebih kecil.

15. PlayStation 5 (2020)

PS5 dilengkapi dengan prosesor dan GPU custom dari AMS yang menggunakan arsitektur Zen 2 serta RDNA 2. CPU-nya yaitu core 8, dan GPU-nya memiliki kemampuan komputasi hinga 10.28 TFLOPS. PS5 juga telah dilengkapi RAM 16 GB serta SSD 825 GB.

16. PlayStation 5 Slim (2023)

PS 5 Slim adalah generasi yang lahir dengan desain yang lebih ramping dan performa powerful. Console ini hadir dengan grafis yang semakin realistis dan pangalaman bermain game yang mendalam.

Baca Juga: Rumor: Final Fantasy XIV akan Mendarat di Mobile Melalui Tencent Games

PS5 Slim telah dilengkapi dengan CPU Ryzen dan GPU Amadeon serta SSD mencapai 1 TB. Berbagai fitur menarik juga hadir sebagai pemenuhan kebutuhan gaming saat ini.

Lebih dari 1 Dekade

Sejarah dan perjalanan panjang PlayStation dari generasi ke generasi selama lebih dari 1 dekade membuktikan komitmen SOny untuk terus mengembangkan console yang mengikuti perkembangan zaman.

Perkembangan teknologi dan industri game menjadi beberapa faktor yang mengharuskan Sony untuk terus mengembangkan PlayStation hingga hari ini.

Inovasi yang dilakukan Sony pada produk PlayStation yang mereka miliki menjadi catatan tersendiri pada perjalanan industri game dunia.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI