Game Horor Paling Langka di PS2. Originalnya Dijual Hampir Seharga Motor Matic, Kamu Pernah Main?

Game Kuon PS2 (Foto: YouTube/SHN-Survival Horor Network)

Indogamers.com - Dalam game PS2 ternyata ada game langka yang dijual dengan harga sangat mahal untuk sebuah game.

Tingginya harga game PS2 yang langka ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya produksi game-nya yang memang dibatasi oleh developer game tersebut.

Karena jumlahnya yang terbatas, game PS2 berjudul Kuon ini dijual dengan harga sekitar Rp14 juta.

Baca Juga: Spesifikasi Minimal Buat Main Harvest Moon: The Winds of Anthos di PC

Dari kanal YouTube catffee, berikut Indogamers rangkumkan sejarah dan cerita game Kuon yang merupakan game paling langka di PS2 atau PlayStation 2.

Game Legendaris untuk PS2 ini berjudul Kuon. Game horor jadul ini terkenal dengan segala kontroversinya, mulai dari anggapan bahwa game ini terlalu menyeramkan hingga fakta bahwa Kuon termasuk dalam daftar game PS2 terlangka yang pernah ada.

Tapi mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa game ini begitu langka? Apakah karena ada kisah mistis di baliknya, atau ada alasan lain? Dan yang terpenting, seperti apa sebenarnya game ini? Untuk menjawab semua itu, mari kita bahas bersama-sama.

Baca Juga: Pengumuman! Game Gratis Dunk City Dinasty, Permainan Basket Jalanan 3v3 Bakal Hadir di Android dan iOS

Game Kuon

Game Kuon (Foto: YouTube/10min Gameplay)

Kuon adalah game horor PS2 yang dirilis pada bulan April 2004. Game ini dikembangkan oleh FromSoftware, pengembang yang sama di balik game-game soulslike yang telah saya sebutkan tadi.

Berlatar di Jepang pada era Heian, Kuon menceritakan tentang sebuah rumah kerajaan milik Lord Fujiwara yang tiba-tiba mengalami kejadian aneh dan misterius. Hampir semua anggota rumah kerajaan tersebut tewas karena kejadian gaib yang terjadi di tempat itu.

Baca Juga: 8 Karakter Perempuan Cantik dalam Game Resident Evil. Bikin Cowok Betah Main Resident Evil, Ada Karakter Favoritmu?

3 Karakter

Dalam game ini, kita akan memainkan tiga karakter dengan sudut pandang yang berbeda-beda, namun semuanya terjadi pada waktu yang sama.

1. Utsuki

Karakter Utsuki di Game Kuon (Foto: YouTube/D'Flyer)

Utsuki mengunjungi rumah kerajaan Lord Fujiwara untuk mencari ayahnya yang hilang tanpa kabar. Ayahnya, Doman, adalah seorang pendeta yang bekerja di rumah tersebut.

Baca Juga: Ada Tahu Bulat dan Bakso, ini 5 Game Simulator Masakan Indonesia. Bisa Kamu Mainkan di Android

2. Sakuya

Karakter Sakuya di Game Kuon (Foto: YouTube/Rudolph-Revival Horor)

Sakuya adalah seorang pembasmi iblis yang juga pergi ke tempat itu untuk mengatasi masalah gaib yang terjadi. Sakuya adalah murid dari Doman, ayah Utsuki.

3. Abe no Seimei

Karakter Abe no Semai, Kuon (Foto: YouTube/Rudolph-Revival Horor)

Abe adalah seorang pengusir iblis yang sangat kuat, yang datang untuk menangani kejadian gaib di rumah tersebut.

Baca Juga: Bukan Cuma Memancing, 3 Game Ikan ini Memiliki Gameplay Unik dan Menarik. Bisa Kamu Mainkan di Android

Walaupun mereka memiliki tujuan yang berbeda-beda, pada akhirnya semua hal gaib yang terjadi terungkap sebagai hasil dari ritual korban yang dilakukan oleh pendeta rumah tersebut.

Dari segi cerita, Kuon memiliki cerita yang cukup bagus, terutama untuk game horor jadul. Konsep ceritanya terbilang tidak biasa dan sangat menarik untuk dimainkan.

Gameplay Kuon

Gameplay Kuon (Foto: YouTube/xTimlessGaming)

Banyak yang mengatakan bahwa Kuon adalah salah satu game paling menyeramkan di PS2. Saya setuju dengan pendapat tersebut, karena bahkan dari menu utama saja, musiknya sudah terasa sangat mengganggu dan menakutkan.

Gameplay utama Kuon mengusung genre survival horror dengan sudut pandang third-person, namun menggunakan sudut kamera tetap (fixed perspective), mirip dengan game Resident Evil jadul. Sepanjang permainan, kita akan berkeliling di wilayah rumah kerajaan Lord Fujiwara untuk mencari petunjuk dan mengungkap apa yang sebenarnya terjadi.

Baca Juga: Padahal Berguna Banget Tapi 5 Hero Mage Mobile Legends ini Pernah Jarang Dipick di Tier Tinggi

Namun, game ini tidaklah mudah. Peta dalam Kuon adalah peta rumah kerajaan yang sangat luas dengan banyak ruangan dan tempat-tempat rahasia yang tersembunyi. Kita hanya diberikan peta kertas tanpa indikator tujuan, sehingga sering kali kita merasa kebingungan harus ke mana.

Selain itu, Kuon tidak memiliki jump scare yang mengejutkan, tetapi lebih menakutkan secara mental. Sepanjang permainan, kita akan terus dihantui oleh suara-suara mengerikan dan rasa kesendirian yang mencekam.

Hampir setiap tempat yang kita lalui dipenuhi dengan bekas darah, yang membuat kita berpikir bahwa sesuatu yang buruk telah terjadi atau akan terjadi. Hal ini menimbulkan rasa paranoid yang cukup tinggi.

Baca Juga: Pengumuman! Game Gratis Dunk City Dinasty, Permainan Basket Jalanan 3v3 Bakal Hadir di Android dan iOS

Sistem Pertarungan

Game Kuon (Foto: CBN)

Sebagai game survival horror, kita perlu bertahan dari serangan roh-roh jahat yang mendiami rumah kerajaan tersebut. Sistem pertarungan dalam Kuon mengandalkan serangan fisik yang tidak begitu kuat dan berbagai jimat dengan kekuatan untuk mengusir roh jahat.

Namun sayangnya, pergerakan dalam pertarungan terasa kaku, dan sistem targetnya kurang akurat. Hal ini menyulitkan, terutama karena jika kita mati, kita harus mengulang dari tempat terakhir kita menyimpan permainan. Untuk menyimpan permainan, kita memerlukan item bernama Vellum, yang hanya bisa digunakan sekali sebelum hilang, sehingga kita harus berhati-hati dalam mengatur item ini.

Baca Juga: 9 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan di Harvest Moon: The Winds of Anthos

Kuon Game Langka PS2

Game Horor Kuon untuk PS2 (Foto: eBay)

Pertanyaannya sekarang, mengapa game dengan konsep dan gameplay yang unik seperti Kuon justru menjadi sangat langka? Meskipun game ini sangat menyeramkan, faktor utamanya bukan itu.

Penyebab utama kelangkaannya berasal dari keputusan pengembang, FromSoftware, yang merilis game ini dalam jumlah yang sangat terbatas. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan ciri khas game-nya, dengan hanya menyediakan versi dubbing bahasa Jepang pada awal perilisannya.

Karena target awalnya adalah pasar Jepang, versi dubbing Inggris dibuat dalam jumlah yang sangat sedikit, dan pemasaran untuk pasar globalnya sangat minim, sehingga banyak gamer di luar Jepang yang tidak tahu tentang game horor legendaris ini.

Meskipun sayang sekali, karena Kuon sebenarnya adalah game yang cukup unik jika dibandingkan dengan game horor lainnya pada masa itu, game ini layak untuk mendapatkan pasar yang lebih luas.

Jadi, apakah di antara kalian ada yang berani mencoba game ini? Atau mungkin ada yang memiliki versi originalnya? Jika iya, kamu adalah orang yang sangat beruntung, karena mungkin beberapa tahun ke depan, harga game ini akan semakin mahal.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI