Harga PS5 di Jepang Naik, PS5 Pro Bakal Dijual Mahal?

Ilustrasi PS5 Pro dan PS5. (Sumber: Leaker billbil-kun)

Indogamers.com - Kenaikan harga PS5 di Jepang menambah daftar tren kenaikan harga barang elektronik dan layanan digital yang kian sering terjadi.

Setelah sebelumnya terjadi kenaikan harga PS5 di berbagai negara pada 2022, pekan lalu giliran Jepang yang merasakan lonjakan harga konsol tersebut.

Situasinya kian menarik dengan munculnya rumor peluncuran PS5 Pro, versi baru yang tentu lebih canggih.

Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah kenaikan harga PS5 akan mempengaruhi harga PS5 Pro? Apakah konsol terbaru dari Sony akan dijual jauh lebih mahal?

Berikut pandangan para pakar terkait situasi tersebut, merujuk laporan IGN SEA, Jumat (6/9/2024).

Baca Juga: Daftar 10 Game Terlangka PS5, Harganya Ada yang Capai Rp17 Jutaan

Alasan Kenaikan Harga PS5 di Jepang

Box kemasan PS5. (Sumber: Sony)

Menurut para analis, kenaikan harga PS5 di Jepang tidak berarti akan terjadi kenaikan di pasar global.

Salah satu faktor utama kenaikan tersebut yakni kondisi ekonomi Jepang yang baru saja keluar dari periode deflasi panjang.

Dr. Serkan Toto dari Kantan Games berujar, “Harga barang konsumsi di Jepang sedang naik, dan Sony hanya ikut tren tersebut.”

Daniel Ahmad, analis dari Niko Partners, menambahkan bahwa sejak dirilis pada 2020, harga PS5 dengan drive disk di Jepang sudah naik 60%, sementara edisi digitalnya melonjak hingga 82,5%.

Sony mengaitkan kenaikan ini dengan faktor eksternal seperti fluktuasi ekonomi global dan melemahnya Yen terhadap Dolar AS.

Sebagai contoh, saat pertama diluncurkan, harga PS5 versi disc di Jepang setara dengan $480 (Rp7,2 juta).

Saat ini, nilainya meningkat jadi $550 atau sekitar Rp8,2 juta akibat pelemahan Yen dan penyesuaian harga.

Ahmad juga mencatat bahwa kebijakan pembatasan ekspor konsol Jepang ke negara lain, terutama China, berkontribusi terhadap lonjakan harga PS5 ini.

Baca Juga: Sejarah Kemegahan Sega, dari Penguasa Game Konsol hingga Ditumbangkan PlayStation

Dampak Kenaikan Harga PS5 Terhadap PS5 Pro

Perbedaan desain PS5 Pro dan PS5. (Sumber: Leaker billbil-kun)

Dengan rumor kuat tentang peluncuran PS5 Pro, banyak yang bertanya apakah harga PS5 Pro juga akan melonjak tinggi dibanding PS5 standar.

Menurut Dr. Serkan Toto, PS5 Pro mungkin akan dijual di kisaran $600 hingga $650 atau Rp9 juta - 9,7 juta di Amerika Serikat.

Namun, di Jepang, di mana harga PS5 saat ini mencapai 79.980 Yen (Rp9 juta), Toto ragu apakah Sony berani menetapkan harga PS5 Pro di atas 100.000 yen (Rp12 juta).

Michael Wagner dari Newzoo memprediksi bahwa Sony mungkin akan menurunkan harga PS5 standar saat PS5 Pro diluncurkan, sebagaimana yang mereka lakukan saat PS4 Pro dirilis.

Baca Juga: 5 Game Mayor yang Gagal Saat Rilis, dari Concord sampai Fortnite

Selain pengaruhnya terhadap PS5 dan PS5 Pro, para analis juga memprediksi rilis PS5 Pro dapat memengaruhi harga penerus konsol Nintendo Switch.

Daniel Ahmad menyoroti bahwa Nintendo mungkin tidak bisa menawarkan penerus Switch dengan harga serendah Switch gen pertama di pasar Jepang.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI