Dijual Mulai 7 November 2024, Ini Harga PS5 Pro Konsol Game Terbaru dari Sony

Sonys PS5 Pro (FOTO: youtube.com/PlayStation)

Indogamers.com - Melalui acara "Technical Presentation" yang ditayangkan secara langsung di kanal YouTube PlayStation pada Selasa 10 September 2024, pukul 22.00 WIB, Sony akhirnya mengumumkan konsol game terbarunya PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) akan segera dirilis.

Konsol game terbaru Sony PS5 Pro ini dikabarkan akan hadir pada 7 November mendatang di sejumlah mitra Sony di beberapa negara.

Namun, di sejumlah wilayah, Sony PS5 Pro ini sudah bisa dipesan mulai tanggal 26 September.

Kehadiran Sony PS5 Pro ini tentu saja melengkapi model dari Sony PS5 Series yang sebelumnya sudah memiliki dua model, yaitu PS5 model biasa dan PS5 Slim.

Baca Juga: Sony Diam-diam Naikkan Harga Kontroler DualSense PS5

Spesifikasi Sony PS5 Pro

Dari segi desainnya, Sony PS5 Pro memiliki casing bermotif rongga dengan tiga garis hitam, yang seakan memotong pada bagian tengah PS5 model biasa. Gari hitam tersebut terbentang dari casing bagian depan hingga casing bagian belakang PS5 Pro.

Untuk segi dimensinya, Sony PS5 Pro ini masih mirip dengan PS5 mode biasa, casing PS5 Pro juga bisa dilepas pasang dan digonta-ganti seperti PS5 biasa.

Lead Architect PS5, Mark Cerny mengatakan, Sony PS5 Pro ini memiliki komponen hardware yang telah diperbaharui dengan tiga aspek utama, yaitu GPU, Advanced Ray Tracing, dan teknik upscaling gambar yang menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

"PS5 Pro memiliki pengolah grafis (GPU) yang lebih besar, pemrosesan efek cahaya mumpuni alias ray tracing yang diperbarui, serta kemampuan AI yang ditingkatkan untuk menggenjot performa upscaling," ucap Mark dalam acara virtual yang digelar Sony PlayStation.

Mark juga mengklaim jika GPU PS5 Pro lebih besar dari PS5 model biasa dengan jumlah compute units (CUs) mencapai 67 unit, meningkat dari 36 CUs di PS5 reguler.

Peningkatan jumlah CUs ini membuat RAM di PS5 Pro 28 persen lebih cepat, dan konsol ini juga diklaim dapat mengolah visual 45 persen lebih ngebut dibanding PS5 biasa.

Baca Juga: Teka-teki Desain PS5 Pro di Gambar Ulang Tahun ke-30 PlayStation

Selain tiga peningkatan di atas, PS5 Pro juga dibekali dengan sejumlah fitur pendukung lainnya untuk menciptakan pengalaman game yang lebih baik dari PS5 model biasa.

Beberapa diantaranya mencakup dukungan peningkatan kualitas gambar untuk game PS4, WiFi 7, VRR, gaming dengan resolusi 8K, storage 2 TB, serta berbagai dukungan aksesori PS5 yang sudah ada macam DualSense Edge, PlayStation Portal, Pulse Elite, dan masih banyak lagi.

Harga Sony PS5 Pro

PS5 Pro dibanderol dengan harga 700 dolar AS atau sekitar Rp10,8 jutaan saat peluncuran global.

Setiap pembelian PS5 Pro, konsumen akan mendapatkan controller DualSense reguler dan game Astro Playroom yang sudah terpasang di konsol.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Console

8 Game Konami Terbaik Sepanjang Masa Jumat 13 September 2024, 17:57 WIB