logo

Kebijakan Hak Cipta Kontroversial Moonton Tuai Kecaman Dari Komunitas

AgamtheRev
Selasa 02 Juli 2019, 12:20 WIB

IDGS, Selasa, 2 Juli 2019 - Moonton kembali jadi perbincangan. Kali ini terkait kebijakan copyright perusahaan di balik game Mobile Legends: Bang Bang itu yang baru-baru ini menuai kontroversi. 

Lewat Instagram story Noppy Angreani selaku Community Manager Moonton Indonesia, menyampaikan bahwa postingan di sosial media yang menggunakan logo dan hero Mobile Legends tanpa izin untuk kegiatan berjualan dan menyangkut hak cipta akan mendapat "surat cinta" dari Moonton. 

Mengingat Moonton sendiri sudah beberapa kali berurusan dengan hukum lantaran dituduh melanggar hak cipta game lain, pengumuman itu cukup menggelitik untuk didengar. 

Moonton sendiri pernah tersandung masalah pelanggaran hak cipta. (Vulcan Post)

Namun yang membuat Moonton menuai kecaman adalah bahwa beberapa turnamen online amatir, bahkan diselenggarakan oleh pemerintah untuk SEA Games 2019 juga terkena razia ini sehingga postingan terkait turnamen-turnamen tersebut dihapus. 

Dari laporan akun lambe_moba di Instagram, hingga saat ini sudah ada 10 turnamen yang foto postingannya dihapus oleh Instagram lantaran menggunakan logo dan hero Mobile Legends tanpa izin Moonton. 

Langsung saja kejadian itu membuat gempar komunitas Mobile Legends Indonesia. Tidak hanya pemain biasa maupun pemain profesional, bahkan owner salah satu tim eSports juga turut menyampaikan kekesalannya atas sikap Moonton tersebut. 

Melansir esports.id, Erick Herlangga, owner dari Louvre Esports, mempertanyakan bagaimana bisa event IENC yang diselenggarakan KOI juga terkena razia dari Moonton. Dalam komentarnya di postingan lambe_moba itu, Erick Herlangga menyinggung bagaimana Moonton terkesan terlalu agresif dalam perlindungan aset namun sendirinya belum mendaftarkan hak ciptanya ke PDKI Indonesia. 

Daylen dari tim Saints Indo juga turut buka suara. Menurutnya para joki, pemain yang melakukan top up diamond dan para streamer juga turut berperan dalam membesarkan nama Mobile Legends, namun kini seolah tak lagi membutuhkan mereka, Moonton main tendang begitu saja.

Padahal mereka merupakan orang-orang yang setia saat banyak pemain memutuskan pensiun atau pindah karena merasa Mobile Legends tidak fair, terlalu pay to win, hero-heronya tidak balance, serta banyaknya bug pada setiap update. 

Mungkin saja kasus-kasus razia di atas merupakan ketidaksengajaan oleh Moonton Indonesia. Sayangnya mereka belum memberi klarifikasi apa pun terkait kontroversi tersebut meski telah didesak oleh fans. 

Jika ditelaah lebih jauh, Moonton mengeluarkan larangan tersebut demi menyasar pihak-pihak yang menggunakan properti Moonton untuk memperkaya diri tanpa seizin Moonton. Maka dari itu razia itu pada awalnya disebut menyasar akun-akun serta postingan sosial media terkait jualan diamond, skin, case ponsel, jasa joki, jual akun, dan info leak. Sayangnya entah bagaimana postingan turnamen juga turut terazia. 

Namun seharusnya Moonton terlebih dahulu mendaftarkan aset intelektualnya tersebut ke PDKI Indonesia, sesuai dengan komentar Erick Herlangga. Baru mereka sah-sah saja untuk melarang keras penggunaan aset intelektual Moonton tanpa izin oleh pihak lain. 

Pada dasarnya, keinginan Moonton bukanlah hal buruk, namun eksekusi yang terlalu mendadak dan serampangan serta informasi yang terlalu minim membuatnya menuai kontroversi dari para fans Mobile Legends. 

Moonton memang telah menyediakan program Esports for Everyone untuk mendukung turnamen-turnamen eSports lokal dengan memberikan bantuan hadiah serta promosi, namun tidak semua komunitas kecil mengerti cara membuat proposal, dan mayoritas dari mereka hanya ingin berbagai kegembiraan bermain Mobile Legends bersama-sama. 

Bahkan game MOBA sekelas Dota 2 dengan harga aset (skin dan lain-lain) serta nilai hadiah turnamen paling tinggi di dunia eSports saja tidak menerapkan aturan pelarangan penggunaan hak cipta berlebihan seperti Moonton. 

Maka dari itu, Moonton seharusnya memberi klarifikasi secepat mungkin agar profesionalitas serta niat mereka membangun komunitas yang sehat dan maju tidak dipertanyakan. 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
News18 Mei 2024, 16:56 WIB

5 Alasan Mengapa Kage Bunshin no Jutsu Jadi Teknik Favorit Naruto, Ternyata Ada Kaitannya dengan Pribadi Naruto!

Teknik Kage Bunshin no Jutsu sudah menjadi salah satu ciri khas Naruto dan memainkan peran penting dalam perkembangan karakternya serta jalannya cerita. Seperti ini alasan mengapa teknik itu memang cocok untuk Naruto
5 Alasan Mengapa Kage Bunshin no Jutsu Jadi Teknik Favorit Naruto, Ternyata Ada Kaitannya dengan Pribadi Naruto! (FOTO: Narutopedia)
Gadget18 Mei 2024, 16:01 WIB

ASUS Luncurkan Kipas TUF Gaming TR120, Miliki Level Kesenyapan Terbaik

Biasanya kipas untuk gaming itu berisik. Tapi tidak dengan kipas dari ASUS, kipas TUF Gaming TR120.
Kipas TUF Gaming TR120 (FOTO: Dok.Asus)
News18 Mei 2024, 16:01 WIB

Valve Dikabarkan Lagi Bikin Game Baru Bernama Deadlock

Ada kabar bagus dari Valve yang dirumorkan sedang mempersiapkan game terbarunya yang diberi judul Deadlock.
Deadlock. (Sumber: Twitter.com/@gabefollower)
Community18 Mei 2024, 15:01 WIB

3 Acara Seru Pokemon GO, Ada Pokemon Go Fest 2024

Memasuki pertengahan tahun, Niantic, Inc. sebagai developer Pokemon GO, kembali menggelar berbagai event offline dan online.
Setelah Bali dan Surabaya, Pikachu akan melanjutkan petualangannya di Nusantara dengan mengunjungi Yogyakarta dan Jakarta (FOTO: Dok,Pokemon)
News18 Mei 2024, 14:40 WIB

Game Lokal DreadOut Remastered Siap Meluncur ke PlayStation 5 dan Switch

DreadOut Remastered menjadi salah satu game karya anak bangsa yang mampu berbicara banyak di kancah global. Game horor yang satu ini, baru saja mengumumkan kabar yang membanggakan lho guys.
DreadOut. (Sumber: Soft Source Publishing)
News18 Mei 2024, 14:02 WIB

10 Alasan Dragon Age: Inquisition Begitu Istimewa, Kini Gratis di Epic Games Store

Ya, Dragon Age: Inquisition yang sudah dirilis satu dekade yang lalu memang bisa dimainkan di berbagai platform mulai dari PC, PlayStation 4, dan Xbox One.
Dragon Age: Inquisition GOTY Edition. (Sumber: Electronic Arts)
News18 Mei 2024, 13:55 WIB

5 Alasan Mengapa Tim Ninja yang Ada di Naruto Selalu Memiliki Tiga Anggota, Ternyata Ada Kaitannya Dengan Budaya Jepang!

Dalam seri anime dan manga Naruto karya Masashi Kishimoto, tim ninja yang terdiri dari tiga orang adalah format yang umum dan mendasar. Berikut alasan mengapa hal itu terjadi.
5 Alasan Mengapa Tim Ninja yang Ada di Naruto Selalu Memiliki Tiga Anggota, Ternyata Ada Kaitannya Dengan Budaya Jepang! (FOTO: Naruto Fan)
Console18 Mei 2024, 13:25 WIB

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Rumor Remake Resident Evil, Ternyata Masih Ada Beda Pendapat di Kalangan Penggemar!

Rumor terbaru menyebutkan bahwa Capcom mungkin sedang mengembangkan remake baru untuk Resident Evil 1.
5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Rumor Remake Resident Evil, Ternyata Masih Ada Beda Pendapat di Kalangan Penggemar! (FOTO: Capcom)
Console18 Mei 2024, 13:02 WIB

50 Game Nostalgia PS2 Terbaik, dari Petualangan, Tembak-tembakan, sampai Olahraga

PS2 bisa dikatakan sebagai konsol video game terlaris sepanjang masa, terjual lebih dari 155 juta unit di seluruh dunia.
Game nostalgia PS 2 terbaik. (FOTO: Tokopedia)
News18 Mei 2024, 12:02 WIB

5 Kisah Hidup Pendiri Minecraft Markus Persson, Tak Lulus SMA dan sempat Jatuh Miskin

Pada bulan September 2014, setelah menjual 15 juta kopi Minecraft di seluruh konsol game, Persson menjualnya ke Microsoft dengan kesepakatan tunai USD 2,5 miliar.
Markus Persson dan kolega. (FOTO: Instagram.com/notchite)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.