Bukan Rental PS, CEO IFeL Ungkap Tim eFootball Indonesia Berawal dari Tempat Ini

Potret Tim eFootball Indonesia. (Sumber: Instagram.com/@putrasutopo)

Indogamers.com - Pasca Indonesia memastikan diri sebagai juara eFootball AFC eAsian Cup 2023 Qatar edisi pertama, berjibun pujian datang kepada para pemainnya.

Elga Cahya Putra, Rizky Faidan serta Akbar Paudie mampu membuktikan kelasnya sebagai pemain efootball yang sangat berbakat.

Tak ayal, banyak netizen yang berseloroh bahwa keberhasilan tim esports eFootball Indonesia berawal dari rental PS yang ada di mana-mana. Akan tetapi, CEO Indonesian Football e-League (IFeL) Wiramahesa Putra Sutopo justru berkata lain.

Baca Juga: Apa Force Close Aplikasi di HP Android? Ketahui Pengertian, Cara Melakukan, Fungsi dan Risikonya

Potret Rizky Faidan. (Sumber: Instagram.com/@putrasutopo)

Melalui akun instagram pribadinya @putrasutopo, ia mengungkap bahwa lahirnya atlet berbakat yang meraih juara AFC eAsian Cup 2023 justru bukan berasal dari rental PS.

"Kompetisi di rental PS (salah). Kompetisi di garasi rumah (benar)," tulis Putra Sutopo dikutip Indogamers.com pada Rabu, 7 Februari 2024.

Baca Juga: Ingin Berbagi Koneksi Internet? Terapkan 2 Cara Mudah Melihat Barcode Wi-Fi yang Terhubung di Perangkat

Memang, pada dasarnya para pemain di atas lebih dulu kenyang dengan pengalaman di rental PS yang banyak dijumpai di pelosok negeri. Namun sejak 8 tahun lalu, game yang awalnya sering bikin emak-emak marah mulai diperhitungkan.

"Mulai dari iseng-iseng buat turnamen di garasi rumah, rental-rental, dan event-event anak SMA malahan jadi kecemplung sampe sekarang. Tapi alhamdulillah, ternyata keisengan ini bisa membawa prestasi buat Indonesia dan bisa membesarkan komunitas eFootball," tambahnya.

Melalui akun tersebut, Putra membagikan potret perjalanan karier seorang Rizky Faidan yang akhirnya menjadi professional player efootball hingga memenangkan pertandingan AFC eAsian Cup 2023. Beberapa prestasi yang pernah diraih Rizky antara lain:

Baca Juga: Indonesia Juara AFC eAsian Cup 2023, Netizen: Terima Kasih Rental PS

  1. 2016: Juara Kompetisi di Garasi Rumah

  2. 2019: Juara Nasional , Juara South East Asia, Juara Asia , dan Peringkat 2 dunia

  3. 2020 - 2021: Dikontrak sama salah satu klub terbesar di Thailand dan menjuarai liga tersebut back to back

  4. 2020-2023: bermain di Liga Professional yang diadakan oleh @ifel.id dan memenangkan piala hampir tiap tahunnya.

Putra menambahkan, meski komunitas efootball di Indonesia masih belum maksimal dikembangkan, tetapi mampu membuktikan diri akan kehebatannya.

Baca Juga: 5 Fakta di Balik Kemenangan Indonesia di eFootball AFC eAsian Cup 2023

"Apabila kualitas kompetisi nya jelas dari amatir sampai ke pro, InshaAllah dijamin bakalan menciptakan banyak prestasi. Dengan kualitas liga dan program komunitas yang baik, kayaknya kita bisa terus konsisten mendominasi di semua kompetisi," ujar Putra.

Putra Sutopo berharap banyak atlet-atlet eFootball yang mampu menyusul prestasi seperti juara AFC eAsian Cup 203 meski bermula dari kompetisi amatir.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI