Clara Mongstar, Lulusan Unsoed yang Kini jadi Caster dan Host Esport Ternama

Clara Kartikasari atau Clara Mongstar, lulusan D3 Bahasa Inggris Unsoed yang kini jadi caster dan host esport ternama. (FOTO: Instagram/claraksu)

Indogamers.com-Nama Clara Mongstar populer dikalangan pencinta esport. Lulusan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) tersebut adalah caster ternama.

Perjalanannya menjadi caster ternama, juga belakangan host esport, dilalui dengan penuh perjuangan.

Mulai harus meninggalkan kampung halaman tercinta, Purwokerto, menjadi perantuan di Jakarta, serta tantangan lain sebagai caster perempuan dari industri yang kebanyakan diisi laki-laki.

Baca Juga: 10 Hero Terkuat di Mobile Legends Beserta Kelemahannya

Instagram/claraksu

Lulusan D3 Bahasa Inggris

Mungkin tak banyak yang tahu kalau sosok bernama asli Clara Kartikasari ini adalah lulusan D3 Bahasa Inggris Unsoed, Purwokerto.

Mengambil jurusan bahasa Inggris ternyata bermanfaat juga untuk mendukung profesinya sekarang. Apalagi game-game juga banyak menggunakan istilah Inggris.

Awal mula Clara terjun menjadi caster atau komentator event esport, adalah ketika dirinya menjadi manajer tim Dota RRQ. Saat menjadi manajer, ia banyak mengisi pekerjaan part time sebagai caster.

Baca Juga: Link Download, Harga dan Spesifikasi Minimal PC untuk Main Tekken 8

Untuk menjadi caster, Clara pun mengaku banyak belajar. Baik dari sisi komunikasi maupun pengenalan jenis games. Saat ini game Mobile Legends menjadi event yang paling banyak keterlibatannya menjadi caster.

"Empat hari belajar, pagi, siang, sore, ngapalin skin, hero, mukanya, pusing luar biasa. Tapi aku terus belajar, gak menyerah, dan berani aja," ungkap Clara mengenang kesan pertamanya jadi caster MSC 2017.

Instagram/claraksu

Sejak dari ajang MSC 2017, nama Clara melambung dan masuk kategori caster papan atas Indonesia. Ia menyebut selama menjadi caster event Piala Presiden 2019 menjadi turnamen yang paling berkesan.

"Ya karena itu menjadi event offline gede dan menjadi titik di mana esport diakui pemerintah," katanya dikutip dari EMPETALK Clara Mongstar di channel Youtube Jonathan Liandi.

Baca Juga: 5 Kelebihan Laptop Gaming Lenovo Legion 5 16IRX9 yang Bikin Pengalaman Gaming Lebih Mendalam

Clara kini seolah menjadi salah satu ikon Mobile Legends Indonesia, terutama kompetisi terbesar Indonesia, MPL Indonesia.

Sosok kelahiran 19 Februari 1994 ini tercatat sudah tergabung menjadi caster sejak MPL Indonesia Season 3 hingga Season 13. Dari panggung MPL Arena, Clara Mongstar yang dikenal dengan sapaan Bude ini juga sering digosipin memiliki kedekatan dengan salah satu pro-player dari tim RRQ, Lemon.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI