logo

Review Sharp Aquos R8S Pro Paling Lengkap: Foto, Video Ciamik dan Gahar Jajal Deretan Game Berat

BMKidal
Kamis 21 Desember 2023, 19:25 WIB
Kami telah menjajalnya beberapa minggu. Simak review lengkap Sharp Aquos R8S Pro dari Indogamers.com di bawah ini (FOTO: INDOGAMERS.COM/Bonny Beribe) (FOTO: INDOGAMERS.COM/Bonny Beribe)

Kami telah menjajalnya beberapa minggu. Simak review lengkap Sharp Aquos R8S Pro dari Indogamers.com di bawah ini (FOTO: INDOGAMERS.COM/Bonny Beribe) (FOTO: INDOGAMERS.COM/Bonny Beribe)

INDOGAMERS.COM - Hari Rabu, 6 Desember 2023 lalu, menjadi hari penting bagi Sharp Indonesia karena mereka berhasil memperkenalkan smartphone terbarunya ke khalayak di Tanah Air. Sharp meluncurkan HP Sharp Aquos R8S dan Sharp Aquos R8S Pro pada momen istimewa itu.

Selain menjadi salah satu media yang menghadiri launching dan melakukan peliputan langsung saat datangnya Sharp Aquos R8S itu, Indogamers.com juga berkesempatan melakukan review Sharp Aquos R8S Pro secara penuh dari sisi pengguna selama beberapa minggu.

Sebelum masuk ke bagian inti dari review ini, kami ingin menyajikan sedikit spesifikasi Sharp Aquos R8S Pro yang mungkin saja kamu sudah tahu. Tapi agar lebih melengkapi review ini, baiknya kita hantarkan sepintas spesifikasi yang melekat pada Sharp Aquos R8S Pro ini.

Aquos R8s Pro dibekali layar Pro IGZO OLED 6,6 inci dengan resolusi 2.730 x 1.260 piksel yang mendukung kecepatan refresh variabel mulai dari 1 Hz hingga 240 Hz yang mengesankan.

Ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2, Aquos R8s pro memiliki memori LPDDR5X 12 GB dan penyimpanan UFS 4.0 256 GB.

Aquos R8s Pro dapat menangkap gradasi warna, cahaya, lebih sedikit distorsi dan gambar yang lebih nyata dari resolusi kamera 47 MP, dengan depth sensor resolusi 1,9 MP, apalagi dibekali sensor kamera 1 inch. Memiliki cincin kamera yang terbuat dari material logam, ini dapat menyerap dan menghantarkan panas sehingga pengguna dapat 3 kali lebih lama bermain game ataupun 2X lebih lama menggunakan kamera untuk menangkap gambar.

Di samping itu, pada Aquos R8s Pro juga terpasang baterai 5.000 mAh dan didukung oleh pengisian daya cepat yang dapat melakukan pengisian sampai 50 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Jika biasanya banyak ponsel akan kikuk dengan limpahan cahaya matahari yang terlalu banyak, Sharp Aquos R8S Pro mampu mereduksi cahaya berlebih yang masuk ke dalam bukaan lensanya dengan presisi (FOTO: INDOGAMERS.COM/Bonny Beribe)

Banyak hal yang diuji Indogamers.com dalam review Sharp Aquos R8S Pro ini, dan dilakukan beberapa kali secara konstan. Karena Sharp Aquos R8S Pro saat perilisan itu dikatakan memiliki kamera luar biasa untuk mendapatkan hasil fotografi dan videografi yang mumpuni, maka kami lebih eksploratif menjajal kehandalan ini.

Review bagian kedua kami lakukan dengan memainkan beberapa game yang masuk kategori berat. Selain menguji ketahanan baterai dan juga level panasnya ponsel Sharp Aquos R8S Pro ini saat mobile dalam waktu yang lama, kami juga menjajal audionya dengan menggunakan headset bawaan dan juga headset dari pabrikan lain untuk memastikan kenyamanan audio dari ponsel ini. Apa hasilnya? Simak review lengkap Sharp Aquos R8S Pro dari Indogamers.com di bawah ini.

bagian yang paling kami sukai dari kamera Sharp Aquos R8S Pro ini adalah kemampuannya merekam warna yang ditangkap dengan sangat presisi (FOTO: INDOGAMERS.COM/Bonny Beribe)

Sharp Aquos R8S Pro Jajal Game Berat

Sharp Aquos R8S Pro memiliki spesifikasi yang oke untuk memainkan game-game dengan grafis yang memanjakan mata. Kami mencoba kemampuan HP ini dengan menjajal sejumlah game-game berat seperti Genshin Impact, Call of Duty, dan Honkai Star Rail. Hasilnya, sangat dan sangat memuaskan.

Berbekal Prosesor Snapdragon 8 Gen 2 serta GPU Adreno 740, kami pun mencoba menjajal game Genshin Impact. Tak ada masalah seperti frame drop yang terjadi saat kami memainkan game open world itu. Bahkan setting yang kami gunakan adalah rata kanan atau kualitas terbaik. Ini tak jadi masalah dan Sharp Aquos R8S Pro mampu memainkannya dengan baik.

Game kedua yang kami coba jajal di HP ini adalah Honkai Star Rail. Game yang tahun ini mendapat banyak sekali penghargaan itu, sudah terbukti cukup berat dimainkan dan tidak sembarang HP bisa menampilkan performa maksimum kala menjajal game ini.

Sama seperti saat mencoba Genshin Impact, Sharp Aquos R8S Pro tidak mengalami kesulitan untuk memainkan game itu dengan kualitas grafik yang ultra.

Meski dua game dengan grafis super itu sukses dilewatinya, kami masih tetap penasaran dan mencoba untuk melakukan challange Sharp Aquos R8S Pro dengan memainkan game first person shooter seperti Call of Duty. Hasilnya, sangat memuaskan.

Performa game dengan grafis rata kanan dapat dieksekusi dengan baik oleh Sharp Aquos R8S Pro. Pergerakan gameplay yang dimainkan dalam game juga nampak smooth dan tanpa sedikit pun terjadi kendala lagging. Sharp Aquos R8S Pro juga memberi dimensi warna yang sangat kaya, sehingga detal-detail kecil pada game ini terlihat sangat jelas dan terang. Soal game, HP ini begitu memuaskan.

Sharp Aquos R8S Pro Raja Foto dan Video

Sharp Aquos R8S Pro memiliki fitur bokeh yang luar biasa (FOTO: INDOGAMERS.COM/Bonny Beribe)

Saat perilisan ponsel ini, pihak Sharp Indonesia mengklaim Sharp Aquos R8S Pro dapat membawa pengalaman fotografi dan videografi setara profesional, dan membuat hasil bidikanmu akan menjadi pro, meski kamu masih pemula soal ini.

Agar mendapat banyak angle, warna dan objek yang ciamik, kami membawa Sharp Aquos R8S Pro ke Supermall Karawaci, Tangerang, untuk mencobanya.

Saat mencoba set dengan limpahan cahaya matahari di pelataran parkir mall mewah tersebut, ponsel ini menjepret hasil yang menakjubkan. Jika biasanya banyak ponsel akan kikuk dengan limpahan cahaya matahari yang terlalu banyak, Sharp Aquos R8S Pro mampu mereduksi cahaya berlebih yang masuk ke dalam bukaan lensanya dengan presisi.

Itu berarti, cahaya yang dapat ditangkap dengan mata telanjang dapat diartikan dengan baik oleh kamera 47 MP, dengan depth sensor resolusi 1,9 MP miliknya. Apalagi dengan bekal sensor kamera 1 inch yang tergambar pada layar 6,6 inci itu begitu nyata dan presisi menciptakan gambar dan warna yang sama persis dengan warna asli yang dilihat mata.

Fitur videonya, lebih hebat lagi!

Kemampuan zoom yang dimiliki Sharp Aquos R8S Pro begitu lembut dan sangat detail menangkap bagian kecil objek dengan jarak yang lumayan jauh. Saat mata kamera dibidik ke arah menara yang tinggi pada sudut kemiringan yang curam nyaris ke arah langit yang terang benderang, kameranya dengan cepat menyesuaikan kebutuhan cahaya yang masuk. Bahkan, ruang-ruang kecil dari jendela menara sangat terlihat jelas dengan kamera ponsel dengan hanya settingan standar bawaan.

Hasil gambar video ini sama persis saat kami membawanya ke lantai paling atas di dalam mall dan mencoba mengambil gambar jarak jauh ke lantai paling bawah. Hasilnya, sama. Dengan bagian terjauh yang lebih gelap, ponsel ini lagi-lagi bisa mengatur bukaan lensanya dengan tepat untuk menyeimbangkan cahaya. Hasilnya, sangat terang dan jelas dengan warna yang persis dilihat mata.

Mencoba kamera Sharp Aquos R8S Pro tanpa bantuan gimbal membawa kekaguman lain lagi. HP ini seolah tak perlu lagi piranti tambahan sebagai peredam getar. Kami mencoba berlari dengan ponsel ini, hasilnya sangat tenang dan serasa dibantu gimbal. Ini gokil sih!

Mau coba efek bokeh dengan kamera Sharp Aquos R8S Pro? Jangan kaget dengan hasilnya. Ponsel ini memiliki kemampuan pemburaman objek yang sangat luar biasa. Kamu bahkan bisa dengan cepat melakukan adjust untuk kadar bokehnya dengan mudah dari layarnya untuk menentukan selebar dan setebal apa efek bokeh yang dihasilkan.

Saat kamu memilih menu foto bokeh, pada layarnya otomatis langsung memperlihatkan grafik bagian mana yang ingin kamu buramkan, dan silahkan kamu bisa memilihnya. Dengan cukup satu sentuhan fokus pada bagian yang menjadi sorot utamanya, bagian lain akan bokeh secara otomatis. Begitu pula bisa dipilih sebaliknya. Maka buat kamu yang suka dengan gambar-gambar estetik, Sharp Aquos R8S Pro bisa melebihi ekspektasi.

Lagi-lagi, bagian yang paling kami sukai dari kamera Sharp Aquos R8S Pro ini adalah kemampuannya merekam warna yang ditangkap dengan sangat presisi. Jika sebagai konten kreator kamu kerap jengkel saat proses colour grading yang bikin mumet itu, maka HP ini sudah menjawabnya dengan benar-benar sesuai.

Kamu juga bisa langsung menciptakan gambar slow motion yang ciamik dengan cukup sekali take menggunakan ponsel ini. Sharp Aquos R8S Pro sudah menyediakan panel adjust sesuai kebutuhan kamu merekam gambar dalam gerak lambat sesuai yang kamu mau, tanpa perlu mengeditnya lagi. Yang suka nyenja dengan gambar slomo, HP ini sangat mengerti itu. Huhu!

Ponsel ini lagi-lagi bisa mengatur bukaan lensanya dengan tepat untuk menyeimbangkan cahaya (INDOGAMERS.COM/Bonny Beribe)

Kekurangan Sharp Aquos R8S Pro

Dari kehebatan performa Sharp Aquos R8S Pro yang kami sajikan di atas, kami juga tentu menemukan kekurangan yang paling mencolok dari ponsel Sharp Aquos R8S Pro ini yang menjadi catatan Indogamers. Apa saja kekurangan Sharp Aquos R8S Pro?

1. Cepat panas

Sharp telah menyematkan New Heat Radiation Design pada ponsel ini yang dilengkapi dengan cincin kamera terbuat dari material logam yang dapat menyerap dan menghantarkan panas lebih minimal dalam pemakaian berkinerja tinggi. Sayangnya, kami merasa bahwa itu masih belum cukup.

Meski performa HP ini bisa mengatasi game-game dengan kualitas grafis yang brutal, tapi ada kelemahan yang ditemukan dari Sharp Aquos R8S Pro, yaitu kondisi HP yang panas.

Kami memainkan game berat selama kurang lebih 1 jam dan kondisi smartphone sudah mulai hangat. Panasnya merata di bagian belakang dan pada titik tertentu. Ini agak membuat kurang nyaman.

HP yang panas ini juga dirasakan saat menjajal kamera video saat merekam dalam durasi yang lama. Kondisi ini terindikasi karena Sharp Aquos R8S Pro menggendong spesifikasi besar yang sangat gahar pada ruang mesinnya.

Apalagi saat memakai kamera ketika mengubah mode foto ke video atau sebaliknya, ada terdengar getaran mekanikal yang mengeluarkan bunyi halus. Aktivitas mekanikal ini jugalah yang menyumbang panas pada ponsel ini.

Meski begitu, kadar panas Sharp Aquos R8S Pro ini berada dalam kategori wajar dan aman sehingga kamu tak perlu terlalu khawatir. Panas ini juga dapat dihilangkan secara alami dalam beberapa menit saja, dan akan dingin seperti semula tanpa mengganggu kinerjanya sama sekali.

2. Kualitas audio kurang

Selain soal panas di atas, hal lainnya yang menjadi kekurangan Sharp Aquos R8S Pro adalah kualitas audio dari sound bawaan yang tidak cukup mengesankan, malah cenderung biasa saja. Sehingga, tidak terlalu kuat menambah pengalaman bermain game dengan loadspeaker bawaan.

Dugaan kami bahwa untuk mengatasi kekurangan ini, Sharp kemudian menyertakan ponsel ini dengan earphone jack 3.5mm yang pada kebanyakan HP flagship, perlengkapan ini sudah mulai ditinggalkan dan mulai mengandalkan kemampuan TWS yang makin oke.

Sayangnya lagi adalah, inisiatif Sharp membawa earphone 3.5 mm jack ini tak banyak mengangkat audionya yang terdengar terlalu kecil. Memang, sound Dolby Atmos yang tersemat di dalamnya sudah cukup terdengar, tapi volume ponsel ini masih terlalu kecil untuk mendengar musik dengan frekuensi besar dan lebar.

Suara low atau bass tak begitu kuat dan suara midle dan high juga terkesan terlalu tipis dan cempreng. Apalagi, kemampuan noise cancelling headshet bawaannya juga tak begitu kedap, sehingga suara dari luar tetap bisa terdengar saat mendengar musik dari ponsel ini dalam volume maksimal.

Kami juga mencoba mendengar musik dengan percobaan 4 headphone merk lain sekaligus secara bergantian, tapi hasilnya juga tetap sama, kurang lebih tak jauh berbeda dengan suara yang dihasilkan headset bawaan Sharp Aquos R8S Pro.

Meski kami menerima bahwa memang Sharp tak menaruh konsentarasi yang besar pada audio ponsel ini, tapi untuk kelas HP flagship seharga Rp16 juta, audionya sudah selayaknya harus megah dan mengagumkan.

Gaes, itulah review lengkap tim Indogamers.com untuk Sharp Aquos R8S Pro, dengan segala keunggulan dan kekurangan yang dimilikinya, HP ini tetaplah sangat hebat diandalkan dalam berbagai kebutuhan hingga level paling berat sekalipun. Untuk review video, pantengin Youtube Indogemars yah!
Sekian dan Terima Kasih. Salam Indogamers!

Indogamers Mobile Legends Championship. Segera dihelat. Buruan Daftar! (Sumber: Indogamers.com)
Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Berita Terkait
Gadget

Sharp Aquos R8s Series Bakal Babat Segala Jenis Game, Cek Spesifikasinya

Rabu 06 Desember 2023, 21:52 WIB
undefined
Gadget

Menanti Wujud Sharp Aquos R8 Series yang Rilis Besok

Selasa 05 Desember 2023, 07:40 WIB
undefined
Gadget

Sharp Aquos R8s Series Meluncur, Simak Spesifikasi dan Kelebihannya yang Bikin Kamu Jadi Fotografer dan Videografer

Rabu 06 Desember 2023, 20:17 WIB
undefined
Gadget

Sharp Luncurkan Aquos R8s Pro, Cuma Dijual di Jepang dan Indonesia

Rabu 06 Desember 2023, 16:58 WIB
undefined
Gadget

Sharp Resmi Luncurkan Aquos R8s Pro & Aquos R8s, Intip Promo Menariknya

Kamis 07 Desember 2023, 16:12 WIB
undefined
Gadget

Baru Rilis, Sekeren Apa Kamera Sharp Aquos R8s dan R8s Pro?

Rabu 06 Desember 2023, 19:05 WIB
undefined
News Update
News16 Juli 2024, 03:38 WIB

9 Tokoh yang Wajib Diketahui Penggemar Game Super Mario Bros

Berikut ini adalah tokoh atau karakter kunci yang perlu kamu kenali pada film The Super Mario Bros
The Super Mario Bros Movie (FOTO: The Super Mario Bros Movie)
Console16 Juli 2024, 03:12 WIB

30 Game Baru PlayStatiom 5 yang Wajib Dimainkan 2024

Berikut ini adalah list dari beberapa game baru yang ada di PlayStation 5 yang patut kamu coba mainkan
Box PS5. (Sumber: Flatpanels)
Guides16 Juli 2024, 01:37 WIB

Rahasia Agar Foto Profil WhatsApp Hanya Bisa Dilihat Orang Terdekat Saja

Berikut rahasia agar foto profil WhatsApp hanya bisa dilihat oleh orang terdekat saja
WhatsApp. (Sumber: Lemcrm)
Guides16 Juli 2024, 01:11 WIB

Tips Mudah Mengubah Teks di WhatsApp Tanpa Perlu Kode Khusus

Cara Mengubah Huruf di WhatsApp Tanpa Kode
Ilustrasi. (FOTO: Indogamers)
Guides15 Juli 2024, 23:36 WIB

Rahasia Formatting Teks di WhatsApp: Tebal, Miring, Coret, dan Monospace dengan Kode

Berikut ini adalah cara dan kode untuk mengubah format huruf di WhatsApp:
Ilustrasi (FOTO: youtube.com/rayyan tutorial)
Gadget15 Juli 2024, 23:10 WIB

5 Tablet Terbaik Harga Terjangkau Tahun 2024, Cocok untuk Anak Sekolah

Berikut 5 rekomendasi tablet terbaik dan terjangkau tahun 2024
itel Pad 1 (FOTO: itel Pad 1)
Guides15 Juli 2024, 21:35 WIB

4 Penyebab Laptop Mati Total yang Perlu Diketahui, Simak Cara Atasinya!

Berikut 4 penyebab laptop mati total yang perlu diketahui
Laptop Mati (FOTO: Laptop Mati/stockking)
Gadget15 Juli 2024, 21:09 WIB

3 Rekomendasi Laptop Rp 2 Jutaan untuk Kebutuhan Sekolah

Berikut 3 rekomendasi laptop terjangkau 2-3 jutaan untuk kebutuhan sekolah
Axioo Hype 1 (FOTO: Axioo Hype 1)
Guides15 Juli 2024, 21:01 WIB

Cara Mudah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memasang Verifikasi WhatsApp dengan Email

Memasang verifikasi WhatsApp dengan Email bisa kamu lakukan untuk meningkatakan keamanan WhatsApp yang kamu gunakan.
Ilustrasi cara pasang Email verifikasi WhatsApp (FOTO: youtube.com/WhatsApp)
Guides15 Juli 2024, 20:02 WIB

5 Panduan Main Destiny 2 untuk Pemula

Bagi para pemula, game Destiny 2 bisa terasa sedikit menakutkan dengan berbagai macam mekanik, misi, dan tawaran kontennya.
Game Destiny 2. (Sumber: Steam)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.