Sering Disepelekan, Kenali 4 Tanda HP Akan Meledak yang Bisa Dideteksi dengan Panca Indera

Ilustrasi HP setelah meledak (FOTO: pcmag.com)

Indogamers.com - Saat ini tak jarang terjadi HP meledak karena disebabkan berbagai hal. Penyebab yang paling umum adalah pengguna HP yang kurang hati-hati dan meremehkan tanda-tanda yang muncul.

Karena itu, sebagai pengguna HP yang baik, kamu perlu mengetahui apa saja tanda-tanda yang biasanya muncul saat HP akan meledak. Hal ini tentu saja sangat berguna untuk mencegah agar HP tidak sampai meledak.

Apa saja tanda-tanda yang biasanya muncul saat HP akan meledak ini? Langsung saja simak penjelasan selengkapnya dari Indogamers.com berikut ini.

1. Baterai HP membengkak

Salah satu tanda-tanda yang biasanya muncul saat HP akan meledak adalah baterai HP yang mulai membengkak. Jika baterai yang ada di HP yang kamu gunakan mulai membengkak, segera ganti baterai HP tersebut.

Baterai HP membengkak umumnya terjadi karena sel-sel di dalam baterai mulai memburuk, atau terjadi kebocoran pada pembungkus sel baterainya.

2. Suhu HP terlalu panas

Tanda-tanda HP akan meledak selanjutnya yang umum terjadi adalah suhu HP terlalu panas. Maksudnya, HP menjadi terlalu sering overheat saat digunakan beraktivitas sehari-hari. Baik itu, untuk menonton, bermain game dan masih banyak lagi.

Karena itu, saat HP sudah terlalu panas pastikan untuk berhenti menggunakannya, dan segera bawa HP ke tempat servis untuk memeriksa kondisi HP tersebut.

3. Tercium bau aneh

Bau aneh juga menjadi salah satu tanda-tanda yang sering muncul saat HP mau meledak. Munculnya bau aneh ini bisa disebabkan oleh komponen HP yang mulai terbakar atau korsleting dan harus segera diperiksa.

4. Muncul asap

Umumnya sebelum meledak akan ada asap yang muncul lebih dulu dari HP yang kamu gunakan. Karena itu, perhatikan tanda jika asap muncul secara tiba-tiba. Bisa jadi ada yang terbakar di dalam HP yang kamu gunakan dan HP bisa meledak kapan pun.

Nah, itulah tadi beberapa tanda yang paling umum muncul saat HP akan meledak. Jika tanda-tanda tersebut muncul, maka segera jauhkan HP dari tempat berbahaya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI