3 Fungsi SIM Card Ejector yang Belum Banyak Diketahui

Ilustrasi SIM Card ejector pada smartphone (FOTO: shopee)

Indogamers.com - SIM Card Ejector menjadi salah satu aksesori yang biasanya ada pada kotak jika kamu membeli HP baru.

SIM Card ejector terbuat dari bahan aluminium yang didesain khusus untuk membantu pengguna saat mengakses slot kartu SIM pada perangkat smartphone. 

Meskipun terbilang sederhana, namun banyak yang belum menyadari bahwa SIM Card ejector ini memiliki beberapa fungsi yang sangat penting bahkan dalam kondisi yang genting.

Apa saja fungsi dari SIM Card Ejector ini? Langsung saja simak selengkapnya dibawah ini.

Baca Juga: 8 Cara Memperbaiki Kartu SIM di Smartphone Android Tidak Terbaca

1. Memasang atau melepas kartu SIM dengan mudah

Salah satu fungsi dari SIM Card ejector adalah memasang atau melepas kartu SIM dengan mudah dari slot SIM card yang ada pada berbagai jenis smartphone, baik itu Android maupun iPhone.

Dengan SIM Card ejector para pengguna smartphone tidak perlu sisi bodi smartphone hanya untuk mengganti kartu SIM saat berganti operator atau memasukkan kartu SIM baru.

2. Membantu menyalakan smartphone saat tombol power rusak

Fungsi selanjutnya dari SIM Card ejector adalah membantu untuk menyalakan smartphone saat tombol powernya mengalami kerusakan. Cara ini dilakukan dengan menekan tombol reset kecil yang terletak di slot kartu SIM.

3. Membantu dalam mereparasi smartphone.

Fungsi terakhir dari SIM Card ejector adalah sebagai alat bantu untuk melakukan perbaikan pada berbagai komponen penting di dalam smartphone. Contohnya, SIM Card ejector ini digunakan untuk membersihkan lubang mikrofon atau speaker yang dipenuhi dengan kotoran. Atau bisa juga digunakan untuk membersihkan lubang pengisian daya.

Dengan ujungnya yang kecil dan presisi, pengguna dapat membersihkan lubang-lubang kecil tersebut dengan hati-hati tanpa risiko merusak atau menyebabkan kerusakan pada komponen audio yang sensitif.

Nah, itulah tadi beberapa fungsi dari SIM Card ejector yang jarang diketahui oleh sebagian besar pengguna smartphone.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI