Benarkah Segahar Itu? Bongkar Kinerja Dapur Pacu, Kualitas Kamera dan Daya Tahan Baterai Sony Xperia 1 VI

Sony Xperia 1 VI dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 (FOTO: Sony)

Indogamers.com - Pabrikan teknologi raksasa, Sony resmi menghadirkan smartphone terbarunya. Smartphone tersebut adalah Sony Xperia 1 VI yang dipasarkan secara global sebagai smartphone kelas atas (flagship), Rabu, 15 Mei 2024.

Smartphone terbaru tersebut juga merupakan suksesor dari Sony Xperia 1 V yang telah dirilis sejak 2023 lalu. Sebagai suksesor, tentu saja Sony Xperia 1 VI ini menghadirkan sejumlah perbedaan dibandingkan dengan pendahulunya.

Baca Juga: Bongkar Lebih Dalam Kinerja Dapur Pacu, Kualitas Kamera dan Daya Tahan Baterai Google Pixel 8a

Dapur pacunya, kini ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, kamera utama 48 MP, baterai 5000 mAh yang tahan lama. Untuk kinerja dapur pacu, kualitas kamera dan daya tahan baterainya bisa kamu simak selengkapnya di bawah ini.

Kinerja dapur pacu Sony Xperia 1 VI

Sony Xperia 1 VI hadir dengan dapur pacu yang kinerjanya tidak perlu diragukan lagi. Dapur pacu tersebut ditenagai dengan prosesor yang memiliki performa tertinggi saat ini untuk kelas smartphone, yaitu Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3.

Prosesor tersebut dibangun diatas fabrikasi 4nm, CPU Octa-core yang mencakup 1 inti Cortex-X4 (clockspeed maksimum 3,3 GHz), 3 inti Cortex-A720 (clockspeed 3,2 GHz), 2 inti Cortex-A720 (clockspeed 3 GHz), 2 inti Cortex-A520 (clockspeed 2,3 GHz), dan unit pengolah grafis (GPU) Adreno 750.

Berdasarkan data dari Nanoreview, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 ini memiliki skor kinerja CPU, GPU, RAM, dan I/O dalam berbagai skenario yang diukur menggunakan AnTuTu 10 ada di 2087840.

Kemudian, untuk kinerja CPU single-thread dan multithread mentah yang diukur dengan GeekBench 6, Single-Core Score ada di 2193 dan Multi-Core Score ada di 7304.

Kualitas kamera Sony Xperia 1 VI

Untuk urusan kualitas kamera dari Sony Xperia 1 VI tentu saja sudah tidak perlu diragukan lagi. Antara Sony Xperia 1 VI dan Sony Xperia 1 V hanya ada sedikit perbedaan saja pada kamera sektor kameranya.

Kamera belakangnya masih menggunakan kamera utama dengan resolusi 48 MP 1/1.35 inci (f/1.9, penstabil gambar OIS, 24mm).

Namun, kamera ini kini mendukung mode resolusi penuh 48 MP. Kemudian, untuk kamera pendukungnya ada lensa yang memiliki resolusi 12 MP f/2.2, PDAF, focal length 16mm) yang berguna sebagai kamera ultra wide.

Baca Juga: HP Gaming Nggak Kaleng-kaleng! Tengok Kinerja Dapur Pacu, Kualitas Kamera dan Daya Tahan Baterai Infinix GT 20 Pro

Nah, untuk kamera selanjutnya yang hadir pada Sony Xperia 1 VI adalah kamera zoom yang mendapatkan peningkatan. Ukuran sensornya sama yakni 1/3,5 inci, tetapi Sony Xperia 1 V1 menghadirkan modul zoom optik 85 mm hingga 170 mm (meningkat dari 85 mm-110 mm) dengan jarak yang lebih panjang (zoom dari 3,5x hingga 7,1x).

Kamera ini juga menghadirkan mode tele-macro 120mm dan fokus jarak dekat yang tetap (fixed) 4 cm (perbesaran 2x).

Sementara itu, untuk kamera selfienya sendiri, Sony Xperia 1 VI memiliki resolusi 12 MP (f/2.0, bidang pandang 84 derajat). Kamera selfie tersebut ditempatkan pada bingkai (bezel) atas smartphone terbaru dari Sony ini.

Baik itu kamera depan ataupun kamera belakang pada Sony Xperia 1 VI, kamera tersebut memiliki kemampuan merekam video hingga resolusi 4K di 120 fps.

Daya tahan baterai Sony Xperia 1 VI

Soal daya tahan baterai yang digunakan Sony Xperia 1 VI ini sudah sangat mumpuni untuk menemani aktivitas para pengguna sehari-hari.

Baterai tersebut memiliki kapasitas 5000 mAh dengan dukungan teknologi pengisian daya cepat (fast charging) yang memiliki daya 30Watt yang disalurkan melalui kabel.

Sony mengklaim baterai tersebut mampu bertahan hingga dua hari penggunaan.

Jika habis, baterai bisa diisi 50 persen dalam waktu 30 menit. Baterai ini dapat mempertahankan sekitar 80 persen dari kapasitasnya setelah penggunaan empat tahun, berkat fitur Battery Care dan Xperia Adaptive Charging.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI