Bocoran Spesifikasi iPhone 17 Pro Max, Apa Saja yang Menarik?

Bocoran spesifikasi iPhone 17 Pro Max (FOTO: macrumors)

Indogamers.com - Meskipun iPhone 16 Series masih belum resmi dirilis, Apple disinyalir telah menyiapkan iPhone 17 Series yang akan hadir untuk tahun 2025 mendatang.

Pihak Apple sebenarnya masih belum mengumumkan kehadiran dari iPhone 17 Series, namun bocoran mengenai spesifikasi dari iPhone 17 Series kini telah banyak bermunculan di media sosial.

Contohnya adalah bocoran mengenai iPhone 17 Pro Max yang kabarnya akan menggunakan RAM yang kapasitasnya 12GB.

Sementara itu, untuk iPhone 17, 17 Pro, 17 Slim dikabarkan akan dilengkapi RAM 8 GB, sehingga sama seperti iPhone SE generasi keempat, seperti dikutip dari laporan Ming-Chi Kuo via GSMArena.

Peningkatan RAM ini mengindikasikan fokus Apple pada kemampuan AI di perangkat, khususnya pada model Pro Max.

Baca Juga: Ini Dia! Rumor Desain Terbaru Kamera iPhone 16

Selain itu, iPhone 17 Pro Max juga dikabarkan akan dilengkapi dengan sistem pendingin canggih menggabungkan vapor chamber dan lembaran grafit, memastikan performa optimal saat menjalankan tugas berat.

Strategi ini sejalan dengan posisi Pro Max sebagai model terlaris dan penyumbang pendapatan terbesar bagi Apple.

Mengutip analisis Apple Ming-Chi Kuo, via Macrumors, iPhone 17 Pro Max tahun depan akan dilengkapi kamera Tetraprism 48 megapiksel yang ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas foto dan fungsi zoom.

Dalam catatan investor yang dipublikasikan di Medium, Kuo mengatakan perubahan spesifikasi utama akan menjadi sensor CIS 1/2,6" 48MP, naik dari sensor 1/3,1" 12MP yang diharapkan digunakan dalam model iPhone 16 Pro tahun ini.

Baik iPhone 16 Pro maupun iPhone 16 Pro Max diharapkan akan mendapatkan lensa telefoto Tetraprism pada tahun 2024, alih-alih teknologi tersebut terbatas pada Pro Max yang lebih besar, seperti pada seri iPhone 15.

(iPhone 15 Pro memiliki kamera telefoto 12 megapiksel yang menawarkan zoom 3x, tetapi iPhone 15 Pro Max menggunakan sistem telefoto yang ditingkatkan yang memungkinkan zoom 5x.) Itu berarti kedua model iPhone 16 Pro akan memiliki setidaknya zoom optik 5x dan setidaknya zoom digital 25x.

Kuo mengatakan saat ini ia belum yakin apakah hanya iPhone 17 Pro Max yang akan dilengkapi kamera Tetraprism yang ditingkatkan.

Namun jika kamera ini hanya tersedia untuk model tersebut, maka kedua model iPhone 18 Pro akan mendapatkannya pada tahun 2026.

Kamera Tetraprism yang ditingkatkan memerlukan prisma yang didesain ulang, yang harus memiliki bentuk yang lebih pendek untuk mengurangi tinggi kamera, imbuh Kuo.

Bocoran lain mengenai spesifikasi iPhone 17 Pro Max juga dibagikan oleh tipster gadget Ice Universe di forum Weibo.

Ice Universe mengklaim bahwa iPhone 17 Series untuk model iPhone 17 reguler dan Pro akan dibekali dengan layar seluas 6,27 inci, sedangkan model Slim dibekali layar 6,65 inci dan model Pro Max mempunyai panel 6,86 inci.

Setiap model iPhone 17 rumornya bakal mendukung refresh rate 120 Hz ProMotion, teknologi LTPO, dan Dynamic Island. Dengan demikian, model reguler memiliki teknologi layar yang sama seperti model Pro.

Ice Universe mengklaim bahwa kamera iPhone 17 Pro dan Pro Max akan mendapatkan peningkatan.

Model Pro dirumorkan mempunyai tiga kamera 48 MP, yang mencakup kamera utama, telefoto, dan ultra wide, ditemani juga dengan sensor Time of Flight (ToF).

Di sektor dapur pacunya, iPhone 17 dan 17 Slim rumornya akan ditenagai dengan prosesor Apple A19 Bionic, sedangkan model dengan embel-embel "Pro" ditenagai dengan prosesor Apple A19 Pro yang lebih mumpuni. Prosesor Apple A19 Pro ini kabarnya akan menggunakan proses fabrikasi 3 nm oleh TSMC.

Baca Juga: Ini Dia Bocoran Terbaru iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max

Fitur-fitur lainnya yang hadir pada iPhone 17 Series nantinya ini mencakup port USB-C, Face ID, kemudian bingkai aluminium untuk model reguler dan bingkai titanium untuk model Pro.

Sedangkan untuk bocoran harga dari iPhone 17 Series dimulai dari 799 dollar AS atau setara dengan Rp12,9 juta untuk iPhone 17 reguler, sedangkan iPhone 17 Slim lebih mahal di kisaran 1.299 dollar AS atau setara dengan  Rp21 juta.

Sementara itu untuk iPhone 17 Pro diperkirakan dijual seharga 1.099 dollar AS atau setara dengan Rp17,8 juta, sedangkan iPhone 17 Pro Max dibanderol seharga 1.199 dollar AS atau setara dengan Rp19,4 juta.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI