Tips Memilih Motherboard untuk Merakit PC Gaming Windows yang Gahar

Ilustrasi motherboard gamimg terbaik yang mampu menghasilkan performa gahar. (FOTO: Asus Indonesia)

Indogamers.com - Pada saat merakit PC Gaming dengan performa yang gahar, pemilihan komponen dengan kualitas tinggi tentu saja menjadi salah satu hal yang sangat penting, terutama untuk motherboardnya.

Sebab, motherboard ini bisa dikatakan sebagai tulang punggu dari sebuah PC jenis apapun. Pemilihan motherboard nantinya akan sangat menentukan komponen lain yang bisa digunakan pada PC gaming yang kamu rakit.

Baca Juga: Daftar Motherboard ASUS Terbaru, Fitur Canggih untuk Gamer dan Kreator

Karena itu, agar PC gaming yang kamu rakit bisa memiliki performa yang  gahar, kamu harus tahu bagaimana cara untuk memilih motherboard yang tepat.

Berikut beberapa tips untuk memilih motherboard yang tepat untuk PC gaming agar performanya gahar.

Tips memilih motherboard untuk PC gaming

Untuk memilih motherboard PC gaming agar performanya gahar, pertama kamu harus tahu lebih dulu beberapa ukuran dari motherboard, yaitu mini ITX, micro ATX, ATX dan Extended ATX.

Dari ukuran motherboard tersebut, maka bisa dikatakan semakin besar ukuran motherboard, maka semakin banyak dukungan untuk ekspansi seperti slot RAM yang semakin banyak dan slot PCI yang semakin melimpah.

Di setiap motherboard terdapat jenis chipset yang menentukan soket motherboard tersebut. Semakin tinggi seri chipset maka fitur yang di dapat akan semakin banyak.

Contohnya X370 pada AM4 dan Z270 pada Intel. Fitur tersebut memiliki berbagai dukungan antara lain: Dukungan speed ram lebih tinggi, PCIE lanes lebih banyak, jumlah header USB dan SATA lebih banyak, dukungan fitur - fitur yang lebih spesifik (RGB, Overclocking Utility, dll).

Tak hanya itu saja, semakin mahal harga dari motherboard, maka kualitas dari motherboard akan semakin baik, salah satu yang dapat terlihat dengan kasat mata adalah kualitas kapasitor dan mosfet processor.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Motherboard Gaming AMD Terbaik 2024 Lengkap dengan Spesifikasi dan Harganya

Komponen ini memiliki tugas krusial dalam menyuplai daya ke processor. Di motherboard mahal, umumnya komponen ini akan terdapat lebih banyak susunan mosfet dan diberi heatsink (pendingin) untuk mendukung kestabilan performa processor dan menjaga suhu mosfet itu sendiri.

Fitur ini juga akan sangat terasa bagi kamu yang merakit PC dengan kebutuhan overclocking atau bagi kamu para Profesional Overclocker.

Nah, untuk memilih sebuah motherboard yang cocok untuk PC gaming agar performanya gahar, maka kamu perlu mempertimbangkan berbagai hal seperti berikut:

  • Kompatibilitas soket dengan model CPU yang ingin digunakan

  • Ukuran motherboard agar sesuai dengan bentuk PC yang akan kamu rakit

  • Dukungan dan kompatibilitas memori yang tersedia

  • Pertimbangkan jumlah dan jenis slot ekspansi

  • Pastikan motherboard kompatibel dengan fitur-fitur yang dimiliki chipset yang akan kamu gunakan

  • Perhatikan opsi konektivitas dan ketersediaan port

  • Kualitas audio on-board dan antarmuka BIOS yang ramah pengguna.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI