Cara Dapatkan Kompas di Minecraft serta Fungsinya yang Harus Kamu Tahu

Ilustrasi kompas di Minecraft (FOTO: youtube.com/wattles)

Indogamers.com - Kompas merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menunjukan arah. Tak hanya di dunia nyata saja, kompas ternyata juga digunakan di dunia game seperti Minecraft.

Pada game Minecraft, Kompas adalah item yang digunakan untuk menunjukan tempat kemunculan awal dari pemain maupun lokasi dari Lodestone.

Saat Kondisi normal, jarum kompas akan mengarah pada titik Spawn di dunia Minecraft. Arah kompas ini bisa dilihat dengan berbagai cara seperti saat berada ditangan pemain atau berada dalam meja crafting.

Saat pemain berada dalam dimensi The Nether atau The End, jarum kompass akan berputar dan menunjuk ke arah yang acak. Alat penunjuk arah ini juga dapat digunakan pada sebuah Lodestone, dimana kompas akan selalu menunjuk ke arah Lodestone selama mereka berada dalam satu dimensi yang sama.

Baca Juga: Akan Hadir Fitur Ray-Tracing di Game Minecraft

Kompas yang selalu menunjuk kearah Lodestone ini kemudian disebut sebagai Kompas Lodestone oleh para pemain Minecraft. Tapi, jika kompas dibawa ke dimensi yang berbeda, maka jarum kompas akan berputar secara acak sama seperti saat berada di dimensi the Nether dan the End.

Jika Lodestone dihancurkan, jarum kompas juga akan berputar secara acak meskipun nantinya pemain akan menggantinya dengan Lodestone baru. Saat kompas Lodestone diletakkan dalam penyimpanan, Lodestone yang ada bisa dihancurkan dan diganti tanpa harus menghilangkan kemampuan kompas untuk menunjukkan arahnya. Kondisi ini bisa terpenuhi apabila selama Lodestone menghilang atau diganti, kompas selalu berada didalam penyimpanan.

Nah, itulah tadi fungsi dari kompas yang harus kamu ketahui sebagai pemain Minecraft. Setelah paham dengan fungsi dari kompas, selanjutnya kamu bisa mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan kompas di Minecraft.

Untuk mendapatkan kompas di Minecraft sendiri ada beberapa cara yang bisa digunakan, seperti crafting, chest loot, dan melakukan penukaran. Agar lebih jelas tentang bagaimana cara mendapatkan kompas di Minecraft, kamu bisa simak selengkapnya berikut ini.

1. Crafting

Cara pertama untuk mendapatkan kompas adalah dengan membuatnya. Kamu hanya memerlukan dua item saja yaitu Iron Ingot dan Redstone Dust.

Untuk membuat kompas, gunakan menu crafting berukuran 3×3. Selanjutnya, letakkan Redstone Dust di bagian tengah dan 4 buah Iron Ingot pada sisi kiri, kanan, atas, dan bawahnya.

Baca Juga: Event Lanjutan Minecraft : Xbox 360 Edisi Skins unveiled

2. Chest Loot

Cara yang kedua untuk mendapatkan kompas adalah dengan mencari item ini dalam peti-peti yang berada di Ancient City, Shipwreck, Village, dan Stronghold.

  • Ancient City – Kemungkinan muncul 16.1%

  • Shipwreck – Kemungkinan muncul 7.7%

  • Village – Kemungkinan muncul 26.3%

  • Stronghold – Kemungkinan muncul 10.9%

Peluang kemunculan di atas adalah pada versi Java dari game ini. Untuk versi Bedrock sendiri, perbedaannya hanya terletak pada tingkat peluang di Stronghold yang hanya 10.5% saja.

3. Melakukan penukaran

Pada versi Java, kamu bisa menukar kompas dengan 4 buah Emerald kepada pustakawan desa dengan level ahli. Terdapat 50% peluang dimana dia akan menjual kompas.

Pada versi Bedrock, pustakawan desa dengan level ahli memiliki peluang sebesar 1⁄3 untuk menukar sebuah kompas dengan 4 buah Emerald. Selain itu, kamu juga bisa menjual 1 buah kompas kepada pekerja harian dengan level kartografer untuk 1 buah Emerald.

Itulah tadi pengertian tentang kompas yang ada di Minecraft, baik dari segi fungsi kompas dan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kompas.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI