5 Cara Mengisi Daya Baterai iPhone Lebih Cepat, Terbukti Ampuh!

Ilustrasi pengisian daya ada iPhone.(FOTO: pinterest.com)

Indogamers.com - Pengguna iPhone baru ada baiknya untuk mengetahui panduan dasar dalam mengoperasikannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga iPhone agar tetap awet.

Salah satu hal wajib diketahui pengguna iPhone adalah cara melakukan pengisian daya baterai yang benar.

Pengguna juga harus tahu jika iPhone hanya mendukung pengisian daya cepat hingga 20 Watt. Berbeda dengan smartphone Android yang beberapa di antaranya telah mendukung pengisian daya cepat hingga 144 Watt.

Selain pengisian daya baterai maksimal hanya 20W, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan pengisian daya iPhone tidak terlalu cepat.

Tidak semua generasi iPhone sudah mendukung pengisian daya 20W, pengisian daya cepat 20W ini hanya berlaku pada iPhone generasi ‘X’ keatas.

Lalu bagaimana cara pengisian daya baterai iPhone agar berlangsung lebih cepat? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman Businessinsider.

1. Jangan gunakan komputer

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar pengisian daya baterai iPhone lebih cepat, yaitu pastikan tidak melakukan pengisian daya menggunakan komputer.

Pengisian daya yang dilakukan menggunakan komputer tentu saja tidak akan secepat pengisian daya menggunakan adapter charger seperti pada umumnya.

2. Gunakan adapter charger dengan max output yang lebih tinggi

Menggunakan adapter charger dengan max output yang lebih tinggi dari adapter charger bawaan juga menjadi cara ampuh untuk mengisi daya iPhone lebih cepat.

Namun, saat menggunakan adapter charger lain yang max outputnya lebih tinggi, pastikan menggunakan adapter charger original, atau adapter charger yang telah memiliki sertifikasi MFi (Made For iPhone/iPad/iPod).

3. Lepaskan casing

Selain menggunakan dua cara di atas, kamu juga bisa melepaskan casing pada iPhone. Casing pada iPhone akan menghambat pelepasan kalor, sehingga iPhone lebih cepat panas.

Suhu panas ini membuat sensor yang tertanam menjadi eror dan mengirimkan sinyal untuk memperlambat pengisian daya atau malah menghentikan pengisian daya.

4. Pastikan tidak ada kotoran di port charger

Kotoran yang menumpuk di port charger iPhone akan menghambat pengisian daya. Karena kotoran tersebut bisa menghalangi antara UBS lighting dan port iPhone untuk mengalirkan daya listrik.

Jika terdeteksi banyak kotoran yang menumpuk di port charger iPhone, maka kamu bisa membersihkannya secara perlahan menggunakan jarum.

5. Gunakan mode pesawat

Jika dalam keadaan yang mendesak, kamu bisa mengakalinya dengan cara menggunakan mode pesawat. Saat mode pesawat diaktifkan, sistem otomatis akan mematikan radio seperti, data seluler, WiFi, Bluetooth.

Dengan demikian, pengisian daya dengan perangkat yang dinonaktifkan akan menghemat waktu beberapa menit lebih cepat dibandingkan yang seharusnya.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Mudah Kirim Voice Message di iPhone Sabtu 28 September 2024, 19:04 WIB