Kehujanan atau Jatuh di Genangan Air? Tenang, Ini 5 Cara Mudah Mengeluarkan Air di HP Android

Ilustrasi HP Android yang masuk ke dalam air (FOTO: Shopee)

Indogamers.com - Para pengguna HP bakal panik saat HP miliknya tiba-tiba jatuh ke genangan air atau kehujanan. Jika kamu salah satu pemilik HP yang mengalami kondisi apes tersebut, sebaiknya tidak perlu panik.

Selagi HP yang kamu gunakan masih hidup, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah HP kemasukan air. Cara ini bisa dilakukan untuk semua jenis HP, terutama Android.

Nah, untuk mengatasi HP yang kemasukan air ini, kamu bisa melakukannya dengan mengeluarkan air tersebut. Seperti apa caranya? Langsung saja simak langkah-langkahnya versi Indogamers.com ini.

1. Putar suara khusus

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan air dari HP Android adalah memutar suara khusus. Suara khusus tersebut adalah suara frekuensi rendah hingga frekuensi tinggi seperti suara 30 hz hingga 3000 hz yang bisa kamu putar dari YouTube.

Pemutaran suara khusus ini akan mengeluarkan air dari speaker HP Android yang kamu gunakan.

2. Bersihkan speaker menggunakan tusuk gigi

Selain memutar suara khusus, cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan air dari HP Android adalah tusuk gigi atau benda lainnya yang memiliki ujung lancip.

Tusuk gigi atau benda lain yang ujungnya lancip ini bisa digunakan untuk membersihkan atau mengeluarkan air yang terdapat pada speaker HP Android yang kamu gunakan.

3. Bersihkan HP menggunakan lap microfiber atau tisu

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan air dari HP Android adalah mengelapnya menggunakan lap microfiber atau tisu. Sebab, lap tersebut mampu menyerap air dengan baik.

Mengelap air ini berguna untuk mencegah terjadinya korsleting listrik pada HP.

4. Gunakan hair dryer untuk mengeringkan HP

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengeringkan air di HP Android adalah menggunakan hair dryer. Kamu bisa panaskan seluruh bagian HP menggunakan hair dryer hingga dirasa air di dalam HP mengering.

5. Bongkar HP yang kemasukan air

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan air dari HP Android adalah membongkar bodinya. Cara terakhir ini adalah cara paling efektif, karena semua komponen HP bisa terlihat sehingga lebih mudah membersihkan airnya.

Sayangnya, cara ini cukup sulit dilakukan. Kamu harus memiliki kemampuan dan peralatan yang mumpuni.

Nah, itulah tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan air di HP Android dengan mudah.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI