Bisa Bikin Panik! Ketahui Cara Termudah Keluar dari Recovery Mode di Smartphone Android

Ilustrasi masuk di Recovery Mode smartphone Android (FOTO: coolmuster.com)

Indogamers.com - Smartphone Android memiliki beberapa mode yang bisa bekerja sesuai dengan kondisi perangkat. Salah satunya adalah recovery mode yang berfungsi untuk mengembalikan sistem perangkat ke pengaturan awal.

Saat recovery mode bekerja untuk mengembalikan sistem ke pengaturan awal, berarti seluruh data yang tersimpan dalam penyimpanan smartphone Android akan hilang seluruhnya. Umumnya, recovery mode ini digunakan saat smartphone Android mengalami masalah, seperti bootloop.

Bootloop merupakan kondisi dimana smartphone yang mengalami reboot secara berulang dan memungkinkan risiko kerusakan pada perangkat keras jika dibiarkan terus-menerus.

Nah, jika smartphone Android tiba-tiba masuk dalam recovery mode padahal tidak ada masalah pada sistem, maka pengguna harus segera keluar dari mode tersebut. Namun, tidak semua pengguna tahu bagaimana cara untuk keluar dari recovery mode ini.

Karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara untuk keluar dari recovery mode di smartphone Android dengan mudah.

Penasaran seperti apa caranya? langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Cara keluar dari recovery mode

Jika smartphone Android yang kamu gunakan tiba-tiba masuk ke recovery mode, tidak perlu panik. Selama tidak ada kerusakan pada smartphone Android, kamu masih bisa keluar dari recovery mode ini dengan cukup mudah dan masuk ke mode normal.

Untuk keluar dari recovery mode di smartphone Android ini, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut yang dikutip dari laman Coolmuster.

  • Tekan tombol “volume turun atau naik” dan tekan tombol “daya” secara bersamaan.

  • Setelah itu, kamu bisa masuk ke mode normal dengan memilih opsi “matikan”. Untuk mengarahkan ke opsi “matikan”, kamu bisa menggunakan tombol “volume naik dan turun”.

  • Setelah opsi “matikan’ terpilih, kamu bisa tekan tombol “daya” untuk mengkonfirmasi pilihan dan otomatis smartphone akan mati.

  • Untuk menghidupkan kembali smartphone, kamu bisa tekan kembali tombol “daya”.

Nah, itulah tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari recovery mode di smartphone Android dengan mudah.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI