Kamu Belum Paham? Begini Cara Mudah Aktifkan NFC di iPhone Beserta Langkah Isi E-Money atau E-Toll

Ilustrasi penggunan fitur NFC di iPhone (FOTO: Tapkey)

Indogamers.com - Saat ini, hampir semua aktivitas bisa dilakukan secara digital. Bahkan untuk mengisi e-money dan e-toll untuk perjalanan mudik pun kini bisa dilakukan melalui smartphone dengan fitur NFC.

Mengisi e-money dan e-toll melalui NFC ini bisa dilakukan oleh semua smartphone yang memiliki NFC, baik itu Android, maupun iPhone. Bahkan, untuk iPhone kamu juga bisa menggunakannya di iPhone jadul, seperti iPhone 7 series.

NFC atau Near Field Communication sendiri, merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi, bertukar konten digital, dan menghubungkan perangkat elektronik dengan satu sentuhan saja. Namun, untuk saat ini NFC di smartphone paling populer digunakan untuk pembayaran, termasuk mengisi e-toll.

Nah, agar NFC di iPhone ini bisa digunakan, tentunya NFC harus diaktifkan lebih dulu. Cara untuk mengaktifkannya juga tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu masuk ke pengaturan dan mencari untuk mengaturnya.

Seperti apa cara untuk mengaktifkan NFC di iPhone ini? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Aktifkan NFC di iPhone

Untuk mengaktifkan NFC di iPhone sebenarnya cukup mudah dilakukan. Bahkan, bisa dikatakan caranya mirip dengan mengaktifkan NFC di smartphone dengan sistem operasi lainnya.

Untuk mengaktifkan NFC di iPhone, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini yang akan Indogamers.com berikan.

  • Buka “Pengaturan” di iPhone yang kamu gunakan.

  • Setelah itu, kamu bisa cari dan masuk ke “Control Center”, jika dalam bahasa Indonesia kamu bisa masuk ke “Pusat Kontrol”.

  • Kemudian, scroll ke bawah hingga menemukan menu “NFC Tag Reader” atau “Pembaca Tag NFC”.

  • Ketuk ikon plus (+) di bagian samping menu untuk mengaktifkan NFC Tag Reader.

Setelah NFC diaktifkan, berarti NFC sudah bisa digunakan. Cara tersebut berlaku untuk iPhone dengan seri 7 dan seri 8 saja. iPhone dengan seri X ke atas, seperti, XR, XS, 11, 12 dan seterusnya, fitur ini akan otomatis menyala saat perangkat diaktifkan.

Cara menggunakan NFC untuk isi e-money dan e-toll di iPhone

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk mengaktifkan NFC di iPhone, selanjutnya kamu juga harus tahu bagaimana cara untuk menggunakan NFC di iPhone untuk mengisi e-money dan e-toll.

Untuk langkah-langkah menggunakan NFC di iPhone untuk mengisi e-money dan e-toll ini bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Buka aplikasi m-banking ataupun layanan keuangan lainnya yang serupa di iPhone yang kamu gunakan.

  • Tempelkan kartu e-money di bagian belakang atau depan atas iPhone.

  • Lakukan tahapan pengisian sesuai aplikasi yang kamu gunakan. Umumnya, untuk akses isi ulang, kamu bisa klik e-money, kemudian klik isi besaran saldo yang akan di-top up dan klik konfirmasi.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI