Cara Atur Izin Aplikasi di iPhone dan Fungsi Pentingnya

Ilustrasi izin aplikasi di iPhone (FOTO: Indogamers)

Indogamers.com - Setiap mengunduh aplikasi dari AppStore dan akan menggunakannya, para pengguna iPhone biasanya diminta umemberikan akses aplikasi ke fitur lain di iPhone yang kamu gunakan, seperti kamera, mikrofon, maupun kontak.

Dengan mengklik "Izinkan", secara tidak sadar kamu memberikan akses aplikasi ke informasi pribadimu dan orang-orang terdekat.

Nah, aplikasi-aplikasi yang meminta izin tersebut, bisa membagikan data pribadimu ke pemasaran digital dan perusahaan teknologi iklan tanpa sepengetahuanmu.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatur Durasi Layar dan Aplikasi di iPhone, Bikin Ingat Batasan Waktu Main Gadget

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan audit rutin terhadap izin tersebut untuk berjaga-jaga jika sebelumnya kamu telah memberikan izin yang kini ingin kamu cabut atau sebaliknya.

Mengubah pengaturan ini tidaklah sulit, dan ini memberikan lapisan privasi dan keamanan tambahan.

Atur izin aplikasi di iPhone

Untuk mengatur izin aplikasi di iPhone, kamu bisa melakukannya di pengaturan Privasi dan tambahan, kamu bisa memilih fungsi kontak, foto, dan kamera untuk melihat aplikasi pihak ketiga yang meminta izin mengakses informasi ini.

Misalnya pada kontak, dapat menunjukkan bahwa aplikasi notes memiliki akses ke daftar kontak kamu. Kamu dapat menonaktifkannya untuk menghentikan akses.

Selain mencabut izin aplikasi, kamu juga bisa menyesuaikan aplikasi mana yang dapat mengakses data lokasi. Jika mengklik layanan lokasi di dekat bagian atas menu, kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan layanan ini untuk semua atau beberapa aplikasi yang ada.

Kamu juga dapat mengklik menu Bagikan Lokasi Saya untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Temukan iPhone Saya, serta dengan kontak mana kamu berbagi lokasi

Kamu juga dapat mengaktifkan Laporan Privasi Aplikasi dari menu Privasi & Keamanan. Laporan ini menunjukkan seberapa sering aplikasi mengakses data kita dan menunjukkan aktivitas jaringan setiap aplikasi serta domain web mana yang dihubungi aplikasi.

Fungsi izin aplikasi di iPhone

Setelah mengetahui cara untuk mengatur izin aplikasi, kamu juga harus tahu apa fungsi penting dari izin aplikasi.

Izin aplikasi di iPhone ini memungkinkan para penggunanya untuk memberikan izin dari semua fitur yang ada pada iPhone yang digunakan.

Baca Juga: 2 Cara Termudah Clear Cache untuk iPhone, Bikin Performanya Ngebut

Setelah pengguna memberikan izin aplikasi, maka aplikasi yang mendapatkan izin tersebut bisa dengan leluasa mengakses apa yang telah diizinkan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

Guides

Cara Mudah Kirim Voice Message di iPhone Sabtu 28 September 2024, 19:04 WIB