Cara Mengubah Refresh Rate Monitor PC dengan Mudah dan Kegunaannya

Monitor PC Windows (FOTO: Acer)

Indogamers.com - Para pengguna PC dengan sistem operasi Windows semakin dimudahkan dengan fitur yang terdapat pada pengaturan Windows, yaitu pengaturan untuk mengubah refresh rate Monitor sesuai dengan seleranya.

Refresh rate merupakan berapa kali kemampuan layar dalam membuat gambar baru atau kecepatan layar memuat gambar baru dalam hitungan detik. Refresh rate layar ini diukur menggunakan satuan Hertz (Hz).

Baca Juga: Cara Mengatur Refresh Rate Layar Laptop Windows 11

Contohnya, layar sebuah laptop memiliki kemampuan refresh rate 144Hz, artinya layar tersebut mampu menampilkan gambar baru sebanyak 144 kali dalam waktu satu detik.

Contoh lainnya, layar sebuah laptop memiliki kemampuan refresh rate 90Hz, artinya layar tersebut mampu menampilkan 90 kali gambar baru dalam waktu satu detik.

Karena itu, semakin tinggi refresh rate maka semakin mulus juga gerakan gambar yang ditampilkan pada monitor PC. Refresh rate yang tinggi ini sangat cocok digunakan untuk bermain game-game FPS yang memiliki grafik tinggi.

Bagi kamu yang menggunakan PC dengan sistem operasi Windows, kamu bisa mengubah refresh rate pada monitornya dengan cara sebagai berikut yang dikutip dari Instructables.

Baca Juga: Cara Mengubah Warna dan Ukuran Kursor Mouse di Windows

Mengubah kecepatan refresh rate monitor di PC Windows, caranya sama seperti pengaturan Windows biasa lainnya.

Namun, sebelum kamu melakukan perubahan pada sistem, kamu harus menutup semua program yang terbuka terlebih dahulu.

Dengan cara ini, kamu tidak akan kehilangan pekerjaan atau level permainan yang belum disimpan yang sedang kamu jalani.

Untuk melakukannya, kamu bisa ikuti langkah-langkah seperti berikut:

  • Klik Mulai, lalu temukan dan klik Panel Kontrol atau bisa juga dengan klik Mulai, lalu ketik Panel Kontrol dan klik setelah ikon muncul

  • Setelah berada pada jendela Panel Kontrol, temukan dan Klik Sistem, lalu pilih Tampilan

  • Pilih monitor mana yang ingin kamu ubah refresh ratenya jika kamu menggunakan dua monitor atau lebih. Jika hanya menggunakan satu monitor, maka pengaturan akan ditampilkan secara otomatis

  • Klik pada tautan properti adaptor tampilan

  • Setelah berada di tab Monitor, temukan Pengaturan Monitor dan klik menu tarik-turun Kecepatan refresh rate layar. Di sini kamu bisa dengan mudah untuk mengubah kecepatan refresh default 60Hz ke refresh rate pilihan di Windows. Setelah kamu memilih kecepatan refresh yang sesuai, klik terapkan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI