Begini Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Telah Dibaca Saat Fitur Read Receipt Dinonaktifkan

Ilustrasi WhatsApp. (FOTO: gizchina.com)

Indogamers.com - Artikel ini akan membagikan cara mengetahui pesan WhatsApp telah dibaca saat fitur Read Receipt dinonaktifkan.

WhatsApp (WA) menjadi salah satu aplikasi pesan instan paling populer di Indonesia dengan jumlah penggunanya yang sangat banyak. Bahkan, hampir semua pengguna smartphone kini telah menggunakan WhatsApp sebagai media untuk berkomunikasi mereka.

Nah, karena populernya WhatsApp ini, perusahaan pemilik WhatsApp terus mengembangkannya demi kepuasan para pengguna dengan cara memberikan berbagai fitur yang sangat berguna.

Contohnya adalah fitur yang memberitahukan seorang pengguna sedang online atau membuka WhatsApp dan memberitahukan pengguna sedang mengetik untuk membalas pesan, serta fitur untuk mengetahui pesan telah dibaca orang lain atau belum.

Baca Juga: Cara Bikin Undangan di Grup WhatsApp Lewat Fitur Event dengan Mudah

Fitur ini bernama Read Receipts dan ditunjukkan dalam bentuk tanda centang biru.

Saat fitur Read Receipts ini diaktifkan, maka pesan yang dikirim oleh pengguna dan telah dibaca kontak tujuan akan memiliki tanda centang biru.

Fitur ini cukup berguna karena membuat pengguna dapat mengetahui pesannya telah dibaca atau belum.

Meskipun fitur ini sangat berguna, tapi tak sedikit orang yang menganggap jika fitur ini mengganggu mereka.

Nah, jika kamu juga menjadi salah satu pengguna WhatsApp yang merasa fitur ini terlalu mengganggu, kamu bisa menonaktifkannya.

Saat fitur dinonaktifkan, maka pengguna lain tidak akan bisa mengetahui apakah chat WA yang dikirim telah dibaca atau belum.

Tanda centang pada pesan tetap akan berwarna abu-abu, dan tidak berubah jadi biru, meski penerima telah membacanya.

Jadi, para pengguna akan kesulitan untuk mengetahui pesannya telah dibaca pengguna lain atau belum.

Meskipun demikian, sebenarnya masih ada cara untuk mengetahui pesan telah dibaca atau belum saat fitur Read Receipt ini dinonaktifkan.

Penasaran seperti apa cara untuk mengetahui pesan WhatsApp telah dibaca atau belum saat fitur Read Receipt ini dinonaktifkan?

Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mudah Keluar, Menghapus Beserta Menonaktifkan Komunitas WhatsApp

Mengetahui pesan dibaca atau belum tanpa centang biru

Cara mengetahui WA sudah dibaca tapi tidak centang biru pada dasarnya sangat mudah. Namun, pengguna tak bisa melakukannya dengan melihat status pesan telah dibaca di ruang obrolan pribadi.

Seperti yang sempat disinggung di atas, saat tanda centang biru dimatikan, pengguna tak akan bisa melihat status pesannya telah dibaca oleh pengguna lain atau belum.

Karena itu, untuk mengetahui pesan sudah dibaca atau belum di WhatsApp, pengguna bisa memanfaatkan grup WhatsApp.

Sebab, grup WhatsApp adalah ruang interaksi yang bersifat publik, jadi di dalam grup WhatsApp, status pesan telah dibaca tidak dapat disembunyikan.

Karena hal tersebut, setiap anggota yang membaca pesan pengguna bisa dilihat statusnya, meskipun mereka secara pribadi menonaktifkan fitur Read Receipt.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah pesan telah dibaca oleh pengguna lain melalui grup WhatsApp. Meskip fitur Read Receipt dinonaktifkan.

  • Buka salah satu grup di WhatsApp di HP yang kamu gunakan

  • Kemudian, pastikan pengguna lain yang ingin diketahui status apakah telah membaca pesan atau belum, tergabung juga dalam grup tersebut

  • Kirim pesan di grup tersebut dan tunggu hingga beberapa saat

  • Klik dan tahan pesan yang tadi telah terkirim, lalu klik opsi Info.

  • Pada opsi tersebut, akan ditampilkan daftar seluruh anggota di grup yang telah membaca pesan tersebut.

  • Pada daftar tersebut, pengguna juga bisa melihat apakah pengguna lain yang ingin diketahui status aktivitasnya telah membaca kiriman pesan di grup tadi.

Nah, itulah tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah pesan sudah dibaca oleh pengguna lain atau belum saat mereka menonaktifkan fitur Read Receipt.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI