5 Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP

Ilustrasi Google Chrome mobile.

Indogamers.com - Situs yang diblokir menjadi salah satu hal yang tidak jarang terjadi di dunia internet.

Mungkin kamu juga menjadi salah satu orang yang pernah mengalaminya saat membuka sebuah situs di Google Chrome melalui HP.

Situs yang diblokir di Google Chrome juga bisa terjadi karena pemblokiran dari kemkominfo.

Karena itu, kamu juga harus tahu cara cara untuk membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP.

Untuk membuka situs yang di blokir di Google Chrome HP ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Apa saja cara tersebut? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Kode Error 400 pada Website dan Cara Mengatasinya

1. Gunakan VPN

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP adalah menggunakan VPN (Virtual Private Network).

VPN ini bisa digunakan untuk mengakses situs yang terblokir karena VPN memungkinkan pengguna untuk memalsukan alamat IP sehingga lokasi pengguna yang sebenarnya tidak dapat diketahui.

Sebagian besar penyedia VPN memiliki aplikasi yang sesuai dengan platform pengguna. Misalnya, NordVPN memiliki aplikasi asli untuk Windows, Linux, Android, Mac, iOS, dan lainnya.

2. Gunakan situs proxy

Selain menggunakan VPN, kamu juga bisa menggunakan situs proxy untuk membuka situs yang terblokir di Google Chrome HP.

Penggunaan proxy ini gratis dan tidak memerlukan instalasi, biasanya situs ini digunakan untuk membuka situs yang terblokir karena pembatasan berdasarkan lokasi geografis.

Baca Juga: Ketahui Arti Error 500 di Browser dan Cara Termudah Mengatasinya

Salah satu situs proxy yang bisa dicoba adalah CroxyProxy. Lalu, masukkan link situs yang diblokir pada kolom yang tersedia dan tekan Go untuk memprosesnya.

3.Buka dengan short URL

Jika dua cara di atas belum bisa membuka situs yang diblokir Google Chrome di HP, kamu bisa membukanya melalui short URL atau tautan pendek.

Caranya adalah dengan menyalin tautan situs yang diblokir ke situs layanan pembuat URL pendek dan membuat salinan tautan tersebut dalam versi lebih pendek.

Salah satu situs layanan untuk memperpendek tautan adalah https://tinyurl.com. 

Kamu bisa kunjungi situs tersebut dan menyalin tautan situs yang sebelumnya diblokir untuk diperpendek. Setelah itu, coba akses situs tersebut melalui short URL yang telah dibuat.

4. Gunakan IP Address

Menggunakan IP Address juga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka situs yang diblokir Google Chrome HP.

Setiap URL tertentu pasti memiliki IP address atau alamat IP. Bedanya, URL merupakan alamat situs web yang ditampilkan di browser, sedangkan IP address merupakan rangkaian nomor unik untuk server hosting situs web.

Jadi jika kamu menggunakan URL namun tidak bisa membuka situs karena terblokir, maka kamu bisa mencoba untuk menggunakan IP address untuk masuk ke situs tersebut.

5. Ganti DNS

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk membuka situs yang terblokir di Google Chrome HP adalah mengganti DNS (Domain Name System) pada HP yang kamu gunakan.

Cara ini bisa diandalkan untuk membuka situs terblokir yang kamu tuju. Sebab, mengganti DNS mengelabui browser terkait lokasimu mengakses situs.

Untuk mengganti DNS, bisa jadi berbeda pada setiap jenis HP.

  • Bagi pengguna iPhone, kamu dapat menggantinya melalui menu pengaturan jaringan WiFi > pengaturan jaringan > konfigurasi DNS setelah itu tambahkan server DNS lain seperti 1.1.1.1, 8.8.4.4, atau 8.8.8.8.

  • Bagi pengguna HP Android, kamu dapat mengaturnya melalui menu Pengaturan > Pengaturan Jaringan > Pengaturan Jaringan lainnya > DNS. Selanjutnya, kamu bisa menuliskan DNS provider yang kamu inginkan.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI