Efek Bahaya Radiasi HP, Penyakit, dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi penggunaan HP dalam kehidupan sehari-hari (FOTO: Freepik.com)

Indogamers.com - Radiasi dari HP diduga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi manusia, seperti menurunkan kesuburan pria, menghambat tumbuh kembang anak, hingga meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Tapi, untuk meminimalkan atau mencegah dampak dari radiasi HP pada manusia ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Sebagai informasi, HP sendiri merupakan sebuah perangkat elektronik yang bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Nah, radiasi dari HP ini dihasilkan oleh gelombang tersebut dan bisa menyebar ke segala arah, termasuk tubuh para pengguna HP.

Meskipun saat ini banyak pabrikan yang mengklaim jika HP buatan mereka kini tidak memiliki tingkat radiasi terlalu tinggi, namun tetap saja HP masih memiliki tingkat radiasi yang berbahaya jika diterima dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Cara Atur Google Play Agar Aman Diakses Anak-anak

Karena itu, sebagai pengguna HP yang bijak, kamu harus tahu apa saja bahaya dari radiasi HP, penyakit yang dihasilkan oleh radiasi HP dan cara mencegahnya.

Bahaya dan penyakit yang dihasilkan oleh radiasi HP

1. Gangguan Elektromagnetik

Bahaya radiasi HP yang pertama berkaitan dengan gangguan elektromagnetik. Karena, sejumlah kinerja alat medis, seperti alat pacu jantung, alat bantu dengar, dan implan defibrillator dapat dipengaruhi oleh penggunaan HP, terlebih jika jaraknya terlalu dekat.

Namun, teknologi HP yang makin maju disebut-sebut bisa meminimalkan gangguan elektromagnetik.

Hal ini mungkin didapatkan dari komponen HP yang dibuat lebih efisien dan menggunakan bahan tertentu.

2. Risiko Kanker

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait dengan bahaya radiasi HP terhadap peningkatan risiko penyakit kanker.

Gelombang radiasi RF yang digunakan oleh ponsel dapat terpapar langsung ke tubuh dan meningkatkan suhu tubuh, sehingga diduga bisa merusak jaringan di dalam tubuh.

Namun, sebenarnya radiasi HP tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk merusak jaringan DNA di dalam tubuh. Jadi, belum bisa dipastikan bahwa radiasi HP dapat menyebabkan kanker.

Tapi, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan karena radiasi HP, kamu harus menjadi pengguna HP yang bijak.

3. Masalah kesuburan pria

Dikutip dari laman Alodokter, radiasi HP bisa menyebabkan masalah kesuburan bagi pria. Hal ini terjadi karena banyak pria yang sering kali meletakkan handphone di saku celana.

Padahal, kebiasaan tersebut bisa berdampak pada menurunnya tingkat kesuburan pria. Hal ini bisa terjadi karena radiasi handphone dapat mempengaruhi kualitas sperma.

Namun, pengaruh radiasi handphone terhadap tingkat kesuburan pria masih berupa dugaan dan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! Bahaya Game Sakura Shcool Simulator Bagi Anak-anak

4. Pengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan janin

Ada dugaan bahwa ibu hamil yang terpapar radiasi HP rentan mengalami kelahiran prematur.

Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, karena bayi yang terlahir prematur bisa saja dipengaruhi oleh faktor lain selama kehamilan, seperti dikutip dari Alodokter.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa radiasi  HP tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan janin.

Namun, sebagai langkah pencegahan, ibu hamil dianjurkan untuk menggunakan handsfree ketika menerima telepon dan jangan meletakkan handphone di atas perut.

5. Masalah Kesehatan Lainnya

Bahaya radiasi HP juga sering dikaitkan dengan aktivitas otak, waktu reaksi, serta pola dan kualitas tidur penggunanya.

Namun, efek ini cukup ringan, pun dengan pengaruhnya tidak begitu signifikan.

Cara mencegah dampak dari radiasi HP

Untuk menurunkan atau bahkan mencegah dampak dari radiasi yang dihasilkan HP ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Apa saja cara tersebut?

Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Gunakan HP hanya saat diperlukan

  • Gunakan handsfree atau pengeras suara saat menerima panggilan.

  • Jauhkan HP dari tubuh ketika tidak digunakan.

  • Gunakan HP hanya saat sinyal kuat. Karena, sinyal yang lemah membuat HP menggunakan lebih banyak energi untuk berkomunikasi, sehingga radiasi yang dikeluarkan lebih banyak.

  • Usahakan untuk berkomunikasi melalui pesan singkat daripada telepon untuk mengurangi paparan radiasi yang dihasilkan HP

  • Jangan biarkan anak terlalu lama bermain HP.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI